Main Article Content

Abstract

Industri Restoran dan Cafe adalah salah satu sector bisnis yang terus berkembang dan bertransformasi dengan cepat, dengan persaingan yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi, promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian pada D’SAS Cafe & Resto Kalianda dan menganalisis faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian pada D’SAS Cafe & Resto Kalianda. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen D’SAS Cafe & Resto Kalianda. Sampel yang diambil sebanyak 96 responden dengan pendekatan Accidental sampling. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian uji t, nilai signifikan variabel Promosi (X1) terhadap Keputusan pembelian (Y) 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 4.032 > t tabel 1.986. Variabel Lokasi (X2) terhadap Keputusan pembelian (Y) 0,037 < 0,05 dan nilai t hitung 2.113 > t tabel 1.986. Variabel Kualitas Pelayanan (X3) terhadap Keputusan pembelian (Y) 0,032 < 0,05 dan nilai t hitung 2.174 > t tabel 1.986. pada pengujian uji F Variabel Promosi, Lokasi, Keputusan Pembelian terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 13.059 > 3,10.  Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa Promosi, Lokasi dan Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Promosi, Lokasi dan Kualitas pelayanan secara Bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian konsumen D’SAS Cafe & Resto Kalianda.

Keywords

Promosi Lokasi Lokasi, Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian

Article Details

How to Cite
Prasetyo, T. ., & Saodin, S. (2025). Pengaruh Promosi, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen D’sas Cafe &amp; Resto Kalianda. Economics and Digital Business Review, 6(2), 01–12. https://doi.org/10.37531/ecotal.v6i2.2225

References

  1. Aisyah, S. (2022). Analisis Peranan Auditor Internal Terhadap Fungsi Pemasaran(Promosi) Pada Hotel Transit Syariah Medan. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 3(2), 198. https://doi.org/10.22303/accumulated.3.2.2021.198-206
  2. Amelisa, L., Yonaldi, S., & Mayasari, H. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Gula Tebu (Studi Kasus Kaoperasi Serba Usaha Kabupaten Solok). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(September), 1–13. https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/215
  3. Fachri Fajar Ramadhan dkk. (2023). Jurnal Agristan. Jurnal Agristan, 5(2), 345–367.
  4. Ferdiana Fasha, A., Rezqi Robi, M., & Windasari, S. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 30–42. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.840
  5. Herawati, H., & Mulyani, D. (2016). Pengaruh Kualitas Bahan Baku Dan Proses Produksi Terhadap Kualitas Produk Pada Ud. Tahu Rosydi Puspan Maron Probolinggo. UNEJ E-Proceeding, 463–482.
  6. Huda, A. S. (2014). PENGARUH PELAYANAN, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TOKO JOKO ELEKTRONIK DI PATI Ahmad. Dokumen Tugas Akhir, 1–12.
  7. Kartikasari, D., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2013). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 3(2), 74110.
  8. Krisdayanto, I., Haryono, A. T., PT, E. G., Analisis, H., Pelayanan, A. K., Fasilitas, L., & Putra, net B. (2018). Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di i cafe lina putra net bandungan. Journal of Management, 4(4).
  9. Lathiifa, S., & Ali, H. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Diferensisasi Produk & Perilaku Konsumen: Produk, Harga, Promosi, Distribusi. Magister Management UMB, 1(1), 1–18.
  10. Latief, A. (2018). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 90–99. https://doi.org/10.33059/jmk.v7i1.75. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 90–99.
  11. Listyawati, I. H. (2016). Peran Penting Promosi dan Desain Produk Dalam Membangun Minat Beli Konsumen. Jbma, 3(1), 62–70.
  12. MARDIATMOKO, G.-. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342
  13. Mari Ci, A., & Raymond. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di Golden City Residence Kota Batam. JURNAL ILMU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(3), 3.
  14. Megawati, C., & Marlina, M. A. E. (2020). Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Podo Jodo. Performa, 5(2), 89–94. https://doi.org/10.37715/jp.v5i1.1535
  15. Normaladewi, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Suasana Toko Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Bangunan UD. Barokah, Buring, Kota Malang. E – Jurnal Riset Manajemen, 12(02), 1618.
  16. Permatasari, I., Nurfarida, I. N., & Suroso, A. (2020). Pengaruh Keragaman Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Joyshop Malang. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 6(2), 1–5.
  17. Prasetyo, A. I., & Santoso, B. H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Cafe Kala Seduh. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 1–17.
  18. Priyono, B. H., Qomariah, N., & Winahyu, P. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Guru Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Guru Sman 1 Tanggul Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 144. https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i2.1758
  19. Putri, S. E. (2014). Persepsi Konsumen Terhadap Bauran Promosi (Promotional mix) pada Matahari Department Store Bengkulu. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(1), 45–54. https://doi.org/10.33369/insight.9.1.45-54
  20. Sitorus, O. F., & Utami, N. (2017). Strategi promosi pemasaran. Fkip Uhamka, 1–309.
  21. Sobandi, A., & Somantri, B. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Winter Journal: Imwi Student Research Journal, 1(1), 41–52. https://doi.org/10.52851/wt.v1i1.5
  22. Sudarsono, D. S. dan D. K. (2013). Elemen Ekuitas Merek Dalam Keputusan Pembelian Laptop. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 01(01), 18–27.
  23. Suhari, Y. (2010). E-Commerce : Model Perilaku Konsumen.
  24. Suhendra, A., & Prastyanto, D. (2016). K. T. K. P. T. M. B. K. 2 M. P. I.-P. A. J. T. S. (2014). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Toyota Avanza Tipe G Di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1–8.
  25. Supangkat & Supriyatin. (2017). Pengaruh citra merek, kualitas produk, harga terhadap keputusan pembelian tas di intako. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(9), 1–19.
  26. Umami, R. (2020). Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran, Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Manajerial. Jurnal Akuntansi Kajian Ilmiah Akuntansi (JAK), 7(1), 96. https://doi.org/10.30656/jak.v7i1.1413
  27. Winata, A., Fiqri, I. A., Manajemen, J., Ekonomi, -Fakultas, & Bisnis, D. (2017). Pengaruh Harga Dan Kualitas Jasa Terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel Emersia Di Bandar Lampung. Isnawan Ahlul F Jurnal Manajemen Magister, 03(02), 133.
  28. Yanuar, M. M., Qomariah, N., & Santoso, B. (2017). Dampak kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanYanuar, M. M., Qomariah, N., & Santoso, B. (2017). Dampak kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Optik Marlin cabang Jember. J. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(1), 61–80.