Main Article Content

Abstract

Pelatihan pemasaran digital dan pembuatan laporan keuangan sederhana menjadi kebutuhan yang semakin mendesak bagi para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal. Permasalahan yang dihadapi oleh khalayak sasaran adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam pemasaran digital, minimnya pemahaman tentang pengelolaan keuangan, terbatasnya akses terhadap pelatihan dan sumber daya. Hasil yang di peroleh dalam pelatihan ini adalah Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pendampingan dan bimbingan kepada pelaku UMKM Batik Desa Margosari Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal merupakan pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi. Respon positif dan dan tanggapan serta penerimaan yang luar biasa dari pihak pemerintah desa. Tim pengabdian kepada masyarakat telah selesai melaksanakan kegiatan pendampingan dan bimbingan pelaku UMKM Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada hambatan yang berarti.

Keywords

Pemasaran Digital, Laporan Keuangan, UMKM.

Article Details

How to Cite
Riyono, R., Seputro, A. ., Ristianto, H. ., Rahmawati, F. M. ., Ningtyas, D. R. ., & Andini, R. . (2024). Pelatihan Pemasaran Digital Dan Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana Pada Umkm Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal. Celebes Journal of Community Services, 3(1), 79–86. https://doi.org/10.37531/celeb.v3i1.1406

References

  1. Fitriana, Aning, R. Satria Setyanugraha, and Reza Rahmadi Hasibuan. "Pengelolaan Keuangan Keluarga dalam Upaya Meningkatkan Produktivitas Masyarakat yang Mandiri Kelurahan Teluk Kabupaten Banyumas." Perwira Journal of Community Development 1.1 (2021): 37-41.
  2. Ghemawat, P. (1990). Commitment: the dynamic of strategy. New York: Free Press
  3. Hasibuan, R. R., Setyanugraha, R. S., Amelia, S. R., Arofah, A. A., & Pratiwi, A. R. (2021). Penyuluhan Pemanfaatan Air Nira Pohon Kelapa Menjadi Gula Semut untuk Meningkatkan Perkonomian Desa Kuripan Kabupaten Cilacap. ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 9(1), 107-111.
  4. Hasibuan, R. R. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Tenaga Penjual terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Import Oriflame di Spo 1507. Jurnal Ekonomi, 11(2), 1-12.
  5. Jones, Gareth R. dan Jennifer M George. (2010). Contemporary Management. New York: McGraw Hill.
  6. Koontz, Harold, Cyrril O’Donnel, dan Heinz Weihrich. (2004). Management. Singapore: McGraw Hill.
  7. Kotler, P & Amstrong, G. (2012). Priciple of Marketing. 14Edition, New Jersey : Prentice Hall International, Inc.
  8. Njotoprajitno, R., S. (2011). Peran Kepemimpinan, Kompetensi Sdm, Dan Pengelolaan Manajemen Dalam Peningkatan Daya Saing Koperasi Di Indonesia. Proceeding Seminar Nasional & Call For Papers. Vol 1 (1). ISBN: 978-979-9204-49-3
  9. Porter, M. (1980). Competitive strategies. New York:The Free Press
  10. Simkin,L. (1996), People and Process in Marketing Planning: The benefit of controling implementation. Journal of Marketing Management 12 : 375390.
  11. Srivastava, R. K., T. A. Shervani, et al. (1999), Marketing Business Processes and Shareholder Value: An Organizationally Embedded View of Marketing Activities and the Discipline of Marketing. Journal of Marketing 63 (Special Issue): 168 - 179.
  12. Stoner, James A.F., Edward Freeman, dan Daniel R Gilbert. (1995). Management. New Jersey: Prentice Hall.
  13. Varey,R.,J. (1995), A Model of internal marketing for building and sustaining a competitive service advantage. Journal of Marketing Management 11: 4154.