Main Article Content

Abstract

Penurunan daya beli masyarakat akibat pandemi covid-19 berdampak ke penjualan UMKM. Untuk meningkatkan daya beli masyarakat agar mengefektifkan berbagai fungsi dalam manajemen keuangan dan manajemen pemasaran yang diharapkan agar UMKM dapat bertahan. Permasalahan yang muncul yaitu banyak UMKM khususnya di desa Tamangapa Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep yang belum memahami akan pentingnya manajemen keuangan dan manajemen pemasaran. Banyak UMKM yang belum melakukan adminstrasi dengan baik dan melakukan pemasaran secara tradisional. Padahal saat ini pemasaran digital merupakan hal yang sangat penting bagi para pelaku UMKM untuk kelangsungan usahanya. metode yang akan dilakukan atas dasar permasalahan yang muncul yaitu dengan cara memberikan pelatihan serta pendampingan kepada para pelaku UMKM terkait manajemen keuangan dan manajemen pemasaran. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini yaitu agar pelaku UMKM lebih memahami dampak yang terjadi saat ini dan kedepannya, sehingga pelaku UMKM diharapkan mampu memanfaatkan peluang baik ini. Hasil wawancara dengan masyarakat Desa Tamangapa Kecamatan Ma’rang  Kabupaten Pangkep bahwa pada umumnya beberapa masyarakat  masih minim pengetahuan sehingga belum memahami tentang manajemen keuangan dan manajemen pemasaran. Metode pendekatan yang ditawarkan untuk mendukung kegiatan program pengabdian bagi masyarakat ini adalah metode partisipatif dimana mitra yang terlibat langsung dalam pelaksanaan kegiatan mulai dari persiapan sampai terlaksananya kegiatan tersebut. Adapun bentuk kegiatannya adalah mengadakan pertemuan melalui diskusi tanya jawab, musyawarah, pelatihan.

Keywords

Manajemen Keuangan Manajemen Pemasaran Ekonomi Kreatif Peningkatan Pendapatan

Article Details

References

  1. Bank Indonesia.(2020). Laporan perekonomian Indonesia 2020. In Bank Indonesia (Ed), IV (1sted,pp. 110-125). Bank Indonesia
  2. Golrida, K. 2008. Akuntansi Usaha Kecil untuk Berkembang. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.
  3. Hermon, P, Adhi dan Elisabet K. Penti, 2012. Penyusunan Laporan Keuangan untuk Usaha Kecil dan Menengah (Studi Kasus UKM di Salatiga). Universitas Kristen Satya Wacana. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Salatiga.
  4. Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia dan Bank Indonesia, 2015. Profil Bisnis usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jakarta
  5. Niko Ramadhani (2020). Konsep Manajemen Pemasaran untuk UMKM. www.akseleran.co.id
  6. Risna Maulina (2019). Strategi Manajemen Keuangan Praktis bagi UMKM. www.jurnal.id
  7. www.istanaumkm.pom.go.id. Manajemen Pemasaran. Di akses 27 Mei 2022