Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk mendukung kelompok UMKM perempuan BATARI (Bandeng Tanpa Duri) di Kabupaten Pangkajene Kepulauan. Sebanyak 12 peserta mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Tim Dosen Pengabdi dari Kalla Institute. Materi pelatihan terdiri dari tiga topik utama yaitu infrastruktur dan akses ke platform digital, pemasaran digital, serta literasi dan inklusi keuangan digital. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman peserta tentang penggunaan teknologi digital dalam usaha mereka, penggunaan bantuan internet untuk meningkatkan keahlian pemasaran digital, dan memperkuat literasi keuangan digital. Pelatihan ini memberikan teori dan praktik langsung kepada seluruh peserta untuk dapat terkoneksi dengan modem yang telah disediakan oleh tim pengabdi, pengabdian ini juga menyediakan praktik penggunaan studio box untuk pembuatan konten. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman peserta tentang penggunaan teknologi digital agar dapat terkoneksi dengan internet untuk menyusun strategi pemasaran secara digital dengan bantuan konten, dalam mencapai keberlanjutan dan kesuksesan kelompok UMKM.

Keywords

UMKM Digital Marketing Literasi Inklusi Keuangan

Article Details

How to Cite
Syahnur, K. N. F., Mardiatul Jannah, Kiki Resky Ramdhani Sucipto, Bahtiar Herman, & Keisyah Rifqah Arizahni. (2024). Transformasi Digital Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Perempuan di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Celebes Journal of Community Services, 3(2), 108–177. https://doi.org/10.37531/celeb.v3i2.1730

References

  1. Alić, A., Činjarević, M., & Agić, E. (2020). The role of brand image in consumer-brand relationships: Similarities and differences between national and private label brands. Management and Marketing, 15(1), 1–16. https://doi.org/10.2478/mmcks-2020-0001
  2. Andriamahery, A., & Qamruzzaman, M. (2022). Do Access to Finance, Technical Know-How, and Financial Literacy Offer Women Empowerment Through Women’s Entrepreneurial Development? Frontiers in Psychology, 12(January), 1–16. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.776844
  3. Basalamah, J., Syahnur, M. H., Ashoer, M., & Bahari, A. F. (2023). Pelatihan Pembuatan Akun Sosial Media Serta Penjualan Berbasis Elektronik Dalam Meningkatkan Hasil Jual Olahan Produk. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(9), 1769-1776.
  4. Fauzi, F., Antoni, D., & Suwarni, E. (2020). Women entrepreneurship in the developing country: The effects of financial and digital literacy on SMEs’ growth. Journal of Governance and Regulation, 9(4), 106–115. https://doi.org/10.22495/JGRV9I4ART9
  5. Hasan, R., Ashfaq, M., Parveen, T., & Gunardi, A. (2022). Financial inclusion – does digital financial literacy matter for women entrepreneurs? International Journal of Social Economics. https://doi.org/10.1108/IJSE-04-2022-0277
  6. Indra, D., Syahnur, M. H., & Lilis Nur Hayati. (2024). Digitalization, Business Potential, and Financial Inclusion: Youth Training in Parangloe Subdistrict, Gowa Regency. Celebes Journal of Community Services, 3(2), 68–76. https://doi.org/10.37531/celeb.v3i2.1679
  7. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. (2023). Potensi UMKM Menjadi Modal Dalam Ekosistem Pengembangan Ekonomi.
  8. Kominfo. (2022). Pemerintah Dorong UMKM Perempuan Maksimalkan Potensi Lewat Digitalisasi dan Sertifikasi Halal. Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia.
  9. Oggero, N., Rossi, M. C., & Ughetto, E. (2020). Entrepreneurial spirits in women and men. The role of financial literacy and digital skills. Small Business Economics, 55(2), 313–327. https://doi.org/10.1007/s11187-019-00299-7
  10. Syahnur, K. N. F., & Syarif, R. (2024). The Effect of Digital Financial Literacy and Digital Financial Inclusion on Women’s Entrepreneurship Empowerment. Jurnal Manajemen Bisnis, 11(1), 175–187. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/JMB/article/view/662%0Ahttps://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/JMB/article/download/662/476
  11. Yahya, S. D., Afrizal, Y. H., & Zakiyabarsi, F. (2024). KOLABORASI SOSIAL MELALUI INOVASI TEKNOLOGI DIGITAL DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN EKONOMI PADA DESA WISATA MATTAMPAWALIE KABUPATEN BONE. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, 8(1), 45-49.
  12. Zhang, H., & Zhou, X. (2021). Gender Roles in Developing Countries and Women Entrepreneurs’ Intention/Entry/ Business Engagement and Performance. The Emerald Handbook of Women and Entrepreneurship in Developing Economies, 35–48. https://doi.org/10.1108/978-1-80071-326-020211003