Main Article Content

Abstract

Dalam menghadapi bisnis saat ini internet mendominasi kehidupan sehari-hari, promosi digital menjadi kunci bagi perusahaan dan individu untuk mencapai konsumen secara efektif. Pelaku UMKM bisa menjangkau konsumen dimanapun berada menggunakan berbagai sarana yang ada.  Pelaku UMKM di Kelurahan Sudirejo I Kecamatan Medan Kota sangat terbuka dengan adanya pelatihan menyangkut tentang digital marketing karena manfaatnya dapat digunakan untuk meluaskan pemasaran, meningkatkan kemampuan bisnis, mengendalikan biaya produksi, dan meningkatkan penjualan tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.  Secara garis besar penggunaan digital marketing yang dilakukan oleh Pelaku UMKM di Kelurahan Sudirejo I Kecamatan Medan Kota dapat menjadikan strategi kompetitif yang memaksimalkan kemampuan bersaing UMKM. Keadaan ini dilihat dengan cakupan promosi penjualan UMKM diwilayah di luar kota Medan sudah dilakukan. Serta promosi melalui digital marketing menjadikan UMKM berkembang dan mempunyai jangkauan pasar yang sangat luas

Keywords

media digital, UMKM.

Article Details

How to Cite
Aditi, B. ., Suyar, A. S. ., Pentana, S. ., Pitono, P., Tamba, M. ., & Putri, T. A. . (2024). Pelatihan Teknis Media Digital Untuk Mempromosikan Produk Unggul Pada Pelaku Umkm Di Kelurahan Sudirejo I Kecamatan Medan Kota. Celebes Journal of Community Services, 3(1), 56–68. https://doi.org/10.37531/celeb.v3i1.1219

References

  1. Abdi Laksana J. Pengabdi. Kpd. Masy., Vol. 3, No. 1, Pp. 178–182. [Online]. Available: Http://Openjournal.Unpam.Ac.Id/Index.Php/Jal/Article/View /17076.
  2. Ade Resalawati, 2021. Pengaruh perkembangan usaha kecil menengah terhadap pertumbuhan ekonomi pada sektor UKM Indonesia, (Jurnal: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).
  3. Aini. 2022. Pelatihan Perhitungan Harga Produksi Pokok Produksi Untuk Para Pelaku Umkm Di Kecamatan Baturaja Timur Oku. Junal Pengabdi. Kpd. Masy. Baturaja, Vol. 2, No. 2, Pp. 5–7.
  4. Fadli And Rizka Ramayanti. 2020. Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Berdasarkan Metode Full Costing (Studi Kasus Pada Ukm Digital Printing Prabu ). J. Akunt. Kaji. Ilm. Akunt., Vol. 7, No. 2, Pp. 148–161 Doi: 10.30656/Jak.V7i2.2211.
  5. Fatma, 2021.Rumus Menentukan Harga Pokok Produksi Dan Contoh Perhitungannya. Https://Mamikos.Com/Info/Rumus-Menentukan-Harga-Pokok-Produksi-Dan-Contoh-Perhitungannya-Pljr/.
  6. Gede Bevi Libraeni Et Al. 2022. Pelatihan Penentuan Harga Pokok Penjualan Pada Toko Kue Dapur Friska,” Jurpikat (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), Vol. 3, No. 2, Pp. 255–265. Doi: 10.37339/ Jurpikat. V3i2.973.
  7. Homan, D. Hamdani, And S. Willy. 2021. Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Produksi, Harga Jual Dan Strategi Pemasaran Bagi Perajin Tas Ransel Di Desa Sangkan Hurip Kabupaten Bandung. Dharma Bhakti Ekuitas, Vol. 5, No. 2, Pp. 529–534.Doi: 10.52250/P3m.V5i2.356.
  8. Iswati, N. A. Brabo, R. Meidiyustiani, And E. Retnoningrum. 2021. Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Produksi Pada Umkm Di Kelurahan Majalengka Bandung,” J. Pengapdian Masy., Vol. 4, No. 4, Pp. 86–90. [Online]. Available: Http://Dx.Doi.Org/10.36257/Apts. Vxixpp86-90.
  9. Kramas And K. Tembalang. 2023. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Received : 09-12-2022 Revised : 15-12-2022 Accepted : 24-01-. J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Permasalahan Mitra Identifikasi Masalah Penyuluhan Pelaku Umkm Mengerti Dan Memahami Pelaku Umkm Bisa Menggunak,” Vol. 2, No. 9, Pp. 6485–6488.
  10. Meliza, Nurhayati, Rahmadani, And A. Akbar. 2022. “Pendampingan Digitalisasi Keuangan Untuk Penyusunan Harga Pokok Produksi Pelaku Usaha (Mitra) Pengrajin Tapai Singkong Dan Tapai Ketan Di Medan Tuntungan,” J. Pengabdi. Masy. Akad., Vol. 1, No. 1, Pp. 42–50 [Online]. Available: Https://Journal.Adpebi.Com/Index.Php/ Jpma/ Article/View/87.
  11. Mulyani, B. Gunawan, And M. Nurkhamid. 2021. Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Produksi Bagi Umkm Kabupaten Pati. J. Dharma Bhakti Ekuitas, Vol. 05, No. 02, Pp. 529–534,.
  12. Nelfiyanti, W. Sudawrwati, M. Prasetywati, R. Mujiastuti, B. M. Putri, And M. Ridhwan. 2021. Pelatihan Dan Pendampingan Perhitungan Harga Pokok Penjualan Umkm Kuliner Di Daerah Penggilingan | Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Lppm Umj. Semin. Nas. Pengabdi. Masy. Lppm Umj, Pp. 1–6 [Online]. Available:Https://Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Semnaskat/Article/View/10680.
  13. Purwanto. 2020. Analisis Harga Pokok Produksi Menggunakan Metode Full Costing Dalam Penetapan Harga Jual. J. Appl. Manag. Account., Vol. 4, No. 2, Pp. 248–253, , Doi: 10.30871/Jama.V4i2.2402.
  14. Purwana ES, Dedi, Rahmi, Aditya, S. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro , Kecil , Dan Menengah ( Umkm ). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.
  15. Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588
  16. Thionita. 2021. Pengertian Harga Pokok Penjualan (Hpp) Dan Cara Hitungnya. Https://Www.Finansialku.Com/Harga-Pokok-Penjualan/
  17. Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, April 2015, 327–337.