Main Article Content
Abstract
UMKM di Desa Tritiro memproduksi produk olahan makanan dan produk kerajinan tangan. Olahan makanan yang diproduksi dan dihasilkan 5 (Lima) UMKM ini adalah Kacang Tumbuk roll, Kacang Disko, Tenteng, Kacang Kentucky, Abon Telur dan Ikan Asap serta produk anyaman yang berbahan baku daun lontar. Permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM adalah kurangnya pengetahuan mengenai teknologi pemasaran digital. Metode yang digunakan dalam mengidentifikasi permasalahan adalah (1) survey para pelaku UMKM, (2) penyampaian materi dan diskusi, (3) pendampingan yang diisi dengan praktik pembuatan akun istagram dan facebook dan cara beriklan di akun media sosial dengan memanfaatkan feeds, story, maupun reels. Hasil dari identifikasi menunjukkan bahwa banyak UMKM di Desa Tritiro masih menggunakan metode pemasaran konvensional dari mulut ke mulut, pelaku UMKM belum tahu cara memanfaatkan media sosial untuk pemasaran produknya. Hasil dari kegiatan pendampingan pemasaran digital mendapatkan tanggapan yang positif dari pelaku UMKM dan masyarakat Desa Tritiro, Kecamatan Bontotiro, Kabupaten Bulukumba karna dinilai dapat memberikan pengalaman dan ilmu serta memberikan inspirasi kepada para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya dan mengembangkan usahanya.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan
- Digital Marketing Studi Kasus Usaha Kremes Desa Cibunar Kecamatan Rancakalong. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, XII(1), 17–22.
- Hasnidar., dkk (2021). Pemasaran Terpadu. Media Sains Indonesia.
- Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. 2023. Dorong UMKM Naik Kelas dan Go Export, Pemerintah Siapkan Ekosistem Pembiayaan yang Terintegrasi. Siaran Pers 2023.
- Lisnawati. (2023). TANTANGAN UMKM DI TAHUN 2024. Pusat Analisis Keparlemenan Badan Keahlian Setjen DPR RI
- Meidiyustiani, R., Lestari, I. R., & ... (2021). Pemanfaatan Google Ads Sebagai Penunjang Bisnis Umkm Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal PKM, 04(04), 376–383.
- Goodstats. 2024. https://goodstats.id/article/inilah-media-sosial-paling-sering-dipakai-di-indonesia-Pdyt0
References
Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan
Digital Marketing Studi Kasus Usaha Kremes Desa Cibunar Kecamatan Rancakalong. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, XII(1), 17–22.
Hasnidar., dkk (2021). Pemasaran Terpadu. Media Sains Indonesia.
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. 2023. Dorong UMKM Naik Kelas dan Go Export, Pemerintah Siapkan Ekosistem Pembiayaan yang Terintegrasi. Siaran Pers 2023.
Lisnawati. (2023). TANTANGAN UMKM DI TAHUN 2024. Pusat Analisis Keparlemenan Badan Keahlian Setjen DPR RI
Meidiyustiani, R., Lestari, I. R., & ... (2021). Pemanfaatan Google Ads Sebagai Penunjang Bisnis Umkm Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal PKM, 04(04), 376–383.
Goodstats. 2024. https://goodstats.id/article/inilah-media-sosial-paling-sering-dipakai-di-indonesia-Pdyt0