Main Article Content
Abstract
Tujuan dilaksanakannya program pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu peningkatan kapasitas produksi melalui penguatan branding dan pemasaran melalui media digital. UMKM merupakan salah satu sektor ekonomi yang mempunyai peranan penting dalam pemerataan tingkat ekonomi rakyat kecil. Bagi UMKM, branding sangat penting karena dapat membantu membangun reputasi dan kredibilitas, menarik dan mempertahankan konsumen, dan akhirnya, meningkatkan penjualan. Dengan branding yang kuat, UMKM dapat bersaing dengan perusahaan besar, membangun loyalitas konsumen, dan mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.
UMKM abon ikan Tuna ini dikelola sejak tahun 2016 di Desa Lappa Kec. Sinjai Utara Kabupaten Sinjai, Namun belum memenuhi target pasar yang diharapkan, padahal prospek pengembangan usaha abon ikan sangat besar karena Kabupaten Sinjai merupakan salah satu kabupaten penghasil ikan terbesar di Sulawesi Selatan. Sumber daya ikan yang melimpah merupakan faktor pendukung bagi perkembangan usaha pengolahan ikan. Salah satunya adalah usaha abon ikan tuna. Pelatihan branding dan digital marketing abon ikan tuna yang dilaksanakan selama 2 hari yakni tanggal 12-13 Maret 2022 sangat membantu Mitra dalam pengembangan usahanya.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Kotler & Keller. (2019). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi 13. Erlangga
- Marty Neumeier, (2014). Branding dalam pemasaran. Diakses pada 1 April 2023. https://distribusipemasaran.com/. Nadia, W. 2021
- Heidrick and Struggles. (2009). The Adoption of Digital Marketing in Financial. Services Under Crisis.
- Ulfah Intan Fauzi. (2021). Pengaruh Branding Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pemilihan Wedding Organizer Syariah. Youth & Islamic Economik Journal
References
Kotler & Keller. (2019). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi 13. Erlangga
Marty Neumeier, (2014). Branding dalam pemasaran. Diakses pada 1 April 2023. https://distribusipemasaran.com/. Nadia, W. 2021
Heidrick and Struggles. (2009). The Adoption of Digital Marketing in Financial. Services Under Crisis.
Ulfah Intan Fauzi. (2021). Pengaruh Branding Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pemilihan Wedding Organizer Syariah. Youth & Islamic Economik Journal