Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemudahan penggunaan aplikasi, promo, poin loyalitas dan pengaruh ketiga hal tersebut secara simultan terhadap repurchasing produk minuman Fore Coffee di Kota Makassar. Sampel penelitian sebanyak 100 responden yang merupakan customer produk minuman Fore Coffee Di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dan menggunakan kuisioner dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan, persepsi promo, persepsi poin dan persepsi ketiganya secara simultan memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap repurchasing produk minuman Fore Coffee di Kota Makassar.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Brown, A. G., Vallenari, A., Prusti, T., De Bruijne, J. H. J., Babusiaux, C., Biermann, M., & Bauchet, N. (2021). Gaia Early Data Release 3- Summary Of The Contents And Survey Properties. Astronomy & Astrophysics, 649, A1.
- Bris, Arturo Et Al. 2021. “Knights, Raiders, And Targets - The Impact Of The Hostile Takeover - Coffee, Jc, Lowenstein, L, Roseackerman, S.” Journal Of Banking & Finance. 37(1).
- Cermati.Com. (2019, December 18). Bisnis. Retrieved From Cermati.Com: Https://Www.Cermati.Com/Artikel/Kisah-And-Rahasia-Fore-Coffee-Menjadi- Start-Up-Sukses-Dalam-Waktu-Sekejap.
- Charisma, L., & Suprapti, N. W. S. (2020). Pengaruh Nilai Utilitarian Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Kepuasan Untuk Meningkatkan Niat Beli Ulang (Studi Pada Pengguna Aplikasi E-Money Merek OVO Di Kota Denpasar Dan Kabupaten Badung) (Doctoral Dissertation, Udayana University).
- Drumwright, Minette E., Dan Patrick E. Murphy. 2015. “Corporate Societal Marketing.” Dalam Handbook Of Marketing And Society, 162–83.
- Fauziah, D. N., & Wulandari, D. A. N. (2018). Pengukuran Kualitas Layanan Bukalapak. Com Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Metode Webqual 4.0. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 3(2), 173-180.
- Fore Coffee.2020. About Fore Coffee. Jakarta Pusat Https://Fore.Coffee/Id/Tentang-Kami/
- Fore Coffee.2022. Filosofi Di Balik Logo Fore Coffee, Apa Maknanya?. Jakarta Pusat Https://Fore.Coffee/Filosofi-Di-Balik-Logo-Fore-Coffee-Apa- Maknanya/
- Ghozali, Imam. 2016. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM 23 SPSS.” Semarang: BPFE Universitas Diponogoro.
- Hartiwi, Tina. 2019. “Analisis Pengaruh Kepercayaan Awal Dan Persepsi Manfaat Terhadap Niat Perilaku Adopsi Mobile Payment.” : 1–120.
- Haryanto, Agus Tri. 2018. “130 Juta Orang Indonesia Tercatat Aktif Di Medsos.” 130 Juta Orang Indonesia Tercatat Aktif Di Medsos: 1–7.
- Huang, L., Lu, X., & Ba, S. (2017). An Empirical Study Of The Cross-Channel Effects Between Web And Mobile Shopping Channels. Information & Management, 53(2), 265-278.
- Istantia, S., Kumadji, S., & Hidayat, K. (2016). Pengaruh Green Marketing Terhadap Citra Merek Dan Keputusan Pembelian (Survei Pada Pengguna Produk Ramah Lingkungan Lampu Philips Led Di Perum Kepanjen Permai 1, RW 4, Desa Talangagung, Kec. Kepanjen, Malang, Jawa Timur) (Doctoral Dissertation, Brawijaya University).
- Jumaidi, A., & Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Minuman Branded Di Makassar.
- Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson.
- Kurniawan, A., Hak, M. B. U., Hidayat, A. A., Fadlli, M. D., & Wafik, A. Z. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Dan Minuman Di Ntb Mall. MUSLIMPRENEUR: Jurnal Ekonomi Dan Kajian Keislaman, 3(1), 66- 82.
- Liao, C., Lin, H. N., Luo, M. M., & Chea, S. (2017). Factors Influencing Online Shoppers’ Repurchase Intentions: The Roles Of Satisfaction And Regret. Information & Management, 54(5), 651-668.
- Lin, Y. H., & Wang, Y. S. (2012). The Effects Of Website Quality On Customer Behavioral Intentions: Moderating Effects Of Purchase Task Types.
- Maulidah, D. (2018). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi, Promo, Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Produk Minuman Melalui Branded Mobile Apps Di Makassar.
- Mohamad, R., & Rahim, E. (2021). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dalam Perspektif Syariah. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 15-26.
- Nawawi, Hizbul Hadi. 2020. “Penggunaan E-Wallet Di Kalangan Mahasiswa.” Emik 3(2): 189–205.
- Naufal, M. D. D., & Nalurita, S. (2023). Pengaruh Promosi Dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Terhadap Keputusan Pembelian Shopeefood Pada Mahasiswa Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma Jakarta. Jurnal Ilmiah M-Progress, 13(1), 23-34.
- Ngafifi, Muhamad. 2014. “Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 2 (1). Https://Doi.Org/10.21831/Jppfa.V2i1.2616.
- Nurfitriyani, Siti Julianingsih. 2020. “Mengenal UTAUT2 Sebagai Salah Satu Technology Acceptance – School Of Information Systems.” BINUS University. 2020. Https://Sis.Binus.Ac.Id/2020/07/20/Mengenal- Utaut2-Sebagai-Salah-Satu-Technology-Acceptance/
- Otten Magazine. (2019, February 14). Otten Magazine. Retrieved From Otten Magazine: Https://Ottencoffee.Co.Id/Majalah/Fore-Coffee-Next-Generation- Coffee-Shop
- Putri, N. A., Permana, E., & Subhan, M. N. (2021). Strategi Pemasaran Makanan Tradisional Tiwul Sebagai Destinasi Wisata Kuliner Di Gunung Kidul Jogja. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(3).
- Purwianti, Lily, And Karen Tio. 2017. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Behavioural Intention.” Jurnal Manajemen Maranatha 17(1): 15.
- Rosita, Esi, Wahyu Hidayat, And Wiwin Yuliani. 2021. “Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial.” FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan) 4(4): 279.
- Rezvani, Z., Dehkordi, G. J., & Paim, L. H. (2016). The Effect Of Mobile Marketing On Customer Loyalty Through Customer Satisfaction: A Case Of Iran's Banking Industry.
- Rivai & Wahyudi. (2017). Pengaruh Persepsi Kualitas, Citra Merek, Persepsi Harga Terhadap Loyali- Tas Pelanggan Dengan Kepercayaan Dan Kepua- San Pelanggan Dan Komunikasi, 4(1).
- Ruri, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Doctoral Dissertation, STIE YKPN).
- Sinambela, Lijan. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
- Sari, E. A., & Wijaya, L. S. (2020). Strategi Promosi Melalui Direct Marketing Untuk Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(1), 16-27.
- Saqdiyah, N., & Patrikha, F. D. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Layanan Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Kuota Internet Melalui Aplikasi. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (Jptn), 11(2), 229-239.
- Surya, D. R. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi, Promo, Dan Poin Loyalitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Melalui Branded Mobile Apps Di Kota Makassar.
- Syah, Nurul Hasanah. 2021. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Online Shop Di Kota Medan.” AT- TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam 6(2): 213.
- Udayana, Ida Bagus Nyoman, And Aria Pramana. 2019. “Membangun Kepercayaan Konsumen Untuk Meningkatkan Intensi Pembelian.” Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan 7(2): 112–23.
- Wijaya, I. G. N. S., Pratami, N. W. C. A., Muryatini, N. N., & Yasa, I. G. D. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom), Persepsi Risiko, Kepercayaan Pelanggan, Dan Keputusan Pembelian E- Commerce Tokopedia. Jurnal Manajemen, 11(1), 190-209.
- Wiyata Et Al. (2020). Pengaruh Customer Experience , Ease Of Use , Dan Customer Trust Terhadap Repurchase Intention Konsumen Situs Jual Beli. Manajemen Bisnis, 3(April), 11–21.
- Zhang, Min, Mingxing Zhu, Xiaotong Liu, And Jun Yang. 2017. “Why Should I Pay For E-Books?: An Empirical Study To Investigate Chinese Readers’ Purchase Behavioural Intention In The Mobile Era.” Electronic Library 35(3): 472–93.
References
Brown, A. G., Vallenari, A., Prusti, T., De Bruijne, J. H. J., Babusiaux, C., Biermann, M., & Bauchet, N. (2021). Gaia Early Data Release 3- Summary Of The Contents And Survey Properties. Astronomy & Astrophysics, 649, A1.
Bris, Arturo Et Al. 2021. “Knights, Raiders, And Targets - The Impact Of The Hostile Takeover - Coffee, Jc, Lowenstein, L, Roseackerman, S.” Journal Of Banking & Finance. 37(1).
Cermati.Com. (2019, December 18). Bisnis. Retrieved From Cermati.Com: Https://Www.Cermati.Com/Artikel/Kisah-And-Rahasia-Fore-Coffee-Menjadi- Start-Up-Sukses-Dalam-Waktu-Sekejap.
Charisma, L., & Suprapti, N. W. S. (2020). Pengaruh Nilai Utilitarian Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Kepuasan Untuk Meningkatkan Niat Beli Ulang (Studi Pada Pengguna Aplikasi E-Money Merek OVO Di Kota Denpasar Dan Kabupaten Badung) (Doctoral Dissertation, Udayana University).
Drumwright, Minette E., Dan Patrick E. Murphy. 2015. “Corporate Societal Marketing.” Dalam Handbook Of Marketing And Society, 162–83.
Fauziah, D. N., & Wulandari, D. A. N. (2018). Pengukuran Kualitas Layanan Bukalapak. Com Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Metode Webqual 4.0. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 3(2), 173-180.
Fore Coffee.2020. About Fore Coffee. Jakarta Pusat Https://Fore.Coffee/Id/Tentang-Kami/
Fore Coffee.2022. Filosofi Di Balik Logo Fore Coffee, Apa Maknanya?. Jakarta Pusat Https://Fore.Coffee/Filosofi-Di-Balik-Logo-Fore-Coffee-Apa- Maknanya/
Ghozali, Imam. 2016. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM 23 SPSS.” Semarang: BPFE Universitas Diponogoro.
Hartiwi, Tina. 2019. “Analisis Pengaruh Kepercayaan Awal Dan Persepsi Manfaat Terhadap Niat Perilaku Adopsi Mobile Payment.” : 1–120.
Haryanto, Agus Tri. 2018. “130 Juta Orang Indonesia Tercatat Aktif Di Medsos.” 130 Juta Orang Indonesia Tercatat Aktif Di Medsos: 1–7.
Huang, L., Lu, X., & Ba, S. (2017). An Empirical Study Of The Cross-Channel Effects Between Web And Mobile Shopping Channels. Information & Management, 53(2), 265-278.
Istantia, S., Kumadji, S., & Hidayat, K. (2016). Pengaruh Green Marketing Terhadap Citra Merek Dan Keputusan Pembelian (Survei Pada Pengguna Produk Ramah Lingkungan Lampu Philips Led Di Perum Kepanjen Permai 1, RW 4, Desa Talangagung, Kec. Kepanjen, Malang, Jawa Timur) (Doctoral Dissertation, Brawijaya University).
Jumaidi, A., & Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Minuman Branded Di Makassar.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson.
Kurniawan, A., Hak, M. B. U., Hidayat, A. A., Fadlli, M. D., & Wafik, A. Z. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Dan Minuman Di Ntb Mall. MUSLIMPRENEUR: Jurnal Ekonomi Dan Kajian Keislaman, 3(1), 66- 82.
Liao, C., Lin, H. N., Luo, M. M., & Chea, S. (2017). Factors Influencing Online Shoppers’ Repurchase Intentions: The Roles Of Satisfaction And Regret. Information & Management, 54(5), 651-668.
Lin, Y. H., & Wang, Y. S. (2012). The Effects Of Website Quality On Customer Behavioral Intentions: Moderating Effects Of Purchase Task Types.
Maulidah, D. (2018). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi, Promo, Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Produk Minuman Melalui Branded Mobile Apps Di Makassar.
Mohamad, R., & Rahim, E. (2021). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dalam Perspektif Syariah. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 15-26.
Nawawi, Hizbul Hadi. 2020. “Penggunaan E-Wallet Di Kalangan Mahasiswa.” Emik 3(2): 189–205.
Naufal, M. D. D., & Nalurita, S. (2023). Pengaruh Promosi Dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Terhadap Keputusan Pembelian Shopeefood Pada Mahasiswa Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma Jakarta. Jurnal Ilmiah M-Progress, 13(1), 23-34.
Ngafifi, Muhamad. 2014. “Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 2 (1). Https://Doi.Org/10.21831/Jppfa.V2i1.2616.
Nurfitriyani, Siti Julianingsih. 2020. “Mengenal UTAUT2 Sebagai Salah Satu Technology Acceptance – School Of Information Systems.” BINUS University. 2020. Https://Sis.Binus.Ac.Id/2020/07/20/Mengenal- Utaut2-Sebagai-Salah-Satu-Technology-Acceptance/
Otten Magazine. (2019, February 14). Otten Magazine. Retrieved From Otten Magazine: Https://Ottencoffee.Co.Id/Majalah/Fore-Coffee-Next-Generation- Coffee-Shop
Putri, N. A., Permana, E., & Subhan, M. N. (2021). Strategi Pemasaran Makanan Tradisional Tiwul Sebagai Destinasi Wisata Kuliner Di Gunung Kidul Jogja. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(3).
Purwianti, Lily, And Karen Tio. 2017. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Behavioural Intention.” Jurnal Manajemen Maranatha 17(1): 15.
Rosita, Esi, Wahyu Hidayat, And Wiwin Yuliani. 2021. “Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial.” FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan) 4(4): 279.
Rezvani, Z., Dehkordi, G. J., & Paim, L. H. (2016). The Effect Of Mobile Marketing On Customer Loyalty Through Customer Satisfaction: A Case Of Iran's Banking Industry.
Rivai & Wahyudi. (2017). Pengaruh Persepsi Kualitas, Citra Merek, Persepsi Harga Terhadap Loyali- Tas Pelanggan Dengan Kepercayaan Dan Kepua- San Pelanggan Dan Komunikasi, 4(1).
Ruri, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Doctoral Dissertation, STIE YKPN).
Sinambela, Lijan. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sari, E. A., & Wijaya, L. S. (2020). Strategi Promosi Melalui Direct Marketing Untuk Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(1), 16-27.
Saqdiyah, N., & Patrikha, F. D. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Layanan Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Kuota Internet Melalui Aplikasi. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (Jptn), 11(2), 229-239.
Surya, D. R. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi, Promo, Dan Poin Loyalitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Melalui Branded Mobile Apps Di Kota Makassar.
Syah, Nurul Hasanah. 2021. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Online Shop Di Kota Medan.” AT- TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam 6(2): 213.
Udayana, Ida Bagus Nyoman, And Aria Pramana. 2019. “Membangun Kepercayaan Konsumen Untuk Meningkatkan Intensi Pembelian.” Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan 7(2): 112–23.
Wijaya, I. G. N. S., Pratami, N. W. C. A., Muryatini, N. N., & Yasa, I. G. D. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom), Persepsi Risiko, Kepercayaan Pelanggan, Dan Keputusan Pembelian E- Commerce Tokopedia. Jurnal Manajemen, 11(1), 190-209.
Wiyata Et Al. (2020). Pengaruh Customer Experience , Ease Of Use , Dan Customer Trust Terhadap Repurchase Intention Konsumen Situs Jual Beli. Manajemen Bisnis, 3(April), 11–21.
Zhang, Min, Mingxing Zhu, Xiaotong Liu, And Jun Yang. 2017. “Why Should I Pay For E-Books?: An Empirical Study To Investigate Chinese Readers’ Purchase Behavioural Intention In The Mobile Era.” Electronic Library 35(3): 472–93.