Main Article Content

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia, selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru, UMKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi Indonesia. Penelitian ini dimulai dengan observasi dengan mungumpulkan data-data yang diolah dalam penelitian, mengetahui tata cara pemasaran Produk berupa Kerupuk Bawang, Bolu Cukke dan Kacang Sembunyi melalui digitalisasi bisnis dalam meningkatkan pendapatan usaha. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengujian dengan Uji T-Test satu sampel (One sampel t- test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pendapatan usaha UMKM Asoka meningkat setelah memanfaatkan media online atau digitalisasi bisnis, serta pendapatan meningkat secara singnifikan setiap bulannya.

Keywords

UMKM Asoka, Pendapatan Usaha, Digitalisasi Bisnis

Article Details

How to Cite
Hernianti Harun , S. D. . (2023). Peningkatan Pendapatan Usaha Umkm Asoka Desa Tanra Tuo Kecamatan Cempa Kabupaten Pinrang Melalui Digitalisasi Bisnis. Economics and Digital Business Review, 5(1). https://doi.org/10.37531/ecotal.v5i1.941

References

  1. Aditya Wardhana, 2021. “Perkembangan Bisnis Di Era Digital”, CV. MEDIA SAINS INDONESIA.
  2. Afshar, V. (2017, December 07). The 5 Cs of Digital Marketing. Retrieved September 27, 2020
  3. Astuti dkk. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Pada PT Indonesia Media Televisi (BIG TV) Kantor Cabang Jakarta Selatan. Jurnal Ekbank. Vol 2, No 2. Retrieved From
  4. Harnanto, 2019. Dasar - Dasar Akuntansi. Yogyakarta : Penerbit Andi.
  5. Harto, B., Sumarni, T., Dwijayanti, A., Komalasari, R., Widyawati, S., & Lp3i Bandung1, P. (n.d.). Transformasi Bisnis UMKM Sanfresh Melalui Digitalisasi Bisnis Pasca Covid 19. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/issue/archive
  6. Hertina, D., Hendiarto, S., & Wijaya, J. H. (2021). DAMPAK COVID-19 BAGI UMKM DI INDONESIA PADA ERA NEW NORMAL. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(2), 110. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i2.8798
  7. Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. 2019. Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, Volume 4, Nomor 1, halaman 53–60
  8. Ikatan Akuntan Indonesia. 2019. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: IAI.
  9. Rudi Santoso, dkk, 2020. Digital Marketing For Business Development In Karang Taruna Permata Alam Permai Gedangan Sidoarjo. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Service), vol 4 no 2 Tahun 2020, halaman 326-338 ISSN 2580-8680, e-ISSN 2722-239X
  10. Syahputra, R. A., Putri, C. W. A., Maliza, N. O., & Lestari, R. (2023). Peningkatan Kemampuan Branding UMKM Melalui Proses Digitalisasi Bisnis. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(1), 521-527.
  11. Sochib, 2018. Buku Ajar Pengantar Akuntansi. Yogyakarta : CV Budi Utama
  12. Wahyudin Darmalaksana, 2020. Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-print Digital Library, UIN Sunan Gunung Jati Bandung
  13. Wiwik Widiyanti, 2020.” Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Penggunaan dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet OVO di Depok, Moneter Jurnal Akuntansi dan Keuangan Volume 7 No. 1 2020, ISSN 2355-2700.