Main Article Content
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan yang sangat penting, yaitu untuk menyelidiki dampak dari variabel kelengkapan fitur, kemudahan fitur, dan kesesuaian fitur terhadap keputusan pembelian makanan melalui platform Go-Food. Dalam menghadapi era digital ini, penggunaan aplikasi pengiriman makanan semakin menjadi pilihan yang umum di masyarakat. Oleh karena itu, penting bagi peneliti untuk memahami peran dari berbagai fitur yang disediakan oleh aplikasi ini dalam membentuk keputusan pembelian penggunanya. Penelitian ini melibatkan 87 responden yang merupakan mahasiswa dari sebuah perguruan tinggi terkemuka. Responden diharapkan dapat memberikan wawasan yang beragam dan representatif terkait penggunaan aplikasi Go-Food. Mereka diundang untuk mengisi kuesioner yang dirancang dengan menggunakan skala Likert. Hasil dari kuesioner tersebut kemudian dikumpulkan, dan data yang diperoleh dianalisis secara mendalam.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda, yang memungkinkan peneliti untuk mengevaluasi pengaruh dari masing-masing variabel independen, yakni kelengkapan fitur, kemudahan fitur, dan kesesuaian fitur, terhadap variabel dependen, yaitu keputusan pembelian makanan melalui aplikasi Go-Food. Hasil penelitian ini secara tegas menunjukkan bahwa variabel kelengkapan fitur, kemudahan fitur, dan kesesuaian fitur masing-masing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian makanan melalui Go-Food. Ini menandakan bahwa para pengguna aplikasi lebih cenderung memilih Go-Food untuk memesan makanan ketika mereka merasa bahwa aplikasi ini menyediakan beragam fitur yang lengkap, mudah digunakan, dan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.
Penelitian ini memberikan kontribusi yang sangat berharga dalam memperdalam pemahaman mengenai faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian dalam konteks aplikasi pengiriman makanan, sebuah topik yang semakin relevan di tengah perkembangan teknologi informasi dan tren makanan online yang terus berkembang. Temuan ini akan memberikan wawasan yang bermanfaat bagi para pengembang aplikasi, penyedia layanan, dan pemangku kepentingan lainnya dalam industri layanan pengiriman makanan. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pengaruh fitur-fitur aplikasi terhadap perilaku konsumen, pihak-pihak terkait dapat lebih baik dalam merancang strategi dan inovasi yang akan meningkatkan pengalaman pengguna dan meningkatkan penerimaan aplikasi pengiriman makanan seperti Go-Food.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Alamsyah, N., & Saino, S. 2021. Pengaruh Fitur Produk Dan Promosi Cashback Terhadap Keputusan Pembelian. Akuntabel, 18(4), 624-634.
- Alma, Buchari, 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Penerbit Alfabeta. Bandung.
- Assauri, Sofjan. 2015. Manajemen Bisnis Pemasaran. Rajawali Pers. Jakarta
- Ermalina, E. 2020. Pengaruh Harga Dan Fitur Produk Terhadap Keputusan Pembelian Telepon Pintar. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 3(1), 11-20.
- Fauzan, M. I., & Sujana, S. 2022. Pengaruh Kelengkapan Fitur Aplikasi, Kemudahan Transaksi, Da11 Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Bioskop Pada Aplikasi Tix Id. Jurnal Informatika Kesatuan, 2(1), 1-14.
- Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Seni Pustaka Kunci. Yogyakarta.
- Firmansyah, Anang. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Perilaku). Cetakan Pertama. Penerbit Deepublish Publisher. Yogyakarta.
- Ghozali, Imam, 2018. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS 20, Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.
- Handayani, E. D., & Heny Kumianingsih, S. E. 2021. Pengaruh Gaya Hidup, Fitur, Desain Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung. Manajemen Dewantara, 5(2), 152-161.
- Hamidah, S., & Anita, D. 2013. Analisis persepsi citra merek, desain, fitur dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian produk handphone samsung berbasis android (studi kasus STIE Pelita Indonesia). Jurnal Ekonomi, 21(04)
- Hasan, Iqbal M. 2012. Pokok-Pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif). Edisi kedua. Bumi Aksara. Jakarta.
- Hawkins, Mothersbaugh, Kleiser. 2020. Consumer Behavior Building Marketing Strategy. Fourteenth Edition. McGrawHill.
- Humaidi, H., Utomo, S., & Lestari, D. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Fitur Layanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fisip Ulm Di Kota Banjarmasin). Jurnal Bisnis Dan Pembangunan, 11(1), 23-32.
- Jerry C. Olson dan Peter J. Paul. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Sembilan. Buku 2. Penerbit Salemba Empat: Jakarta.
- Jogiyanto. 2019. Sistem Infonnasi Keperilakuan. Penerbit Andi.
- Kotler, Philip., & Keller, Kevin. Lane. 2016. Marketing Management. In Pearson Prentice Hall: Vol. 15 Edition. Pearson.
- Kotler, Philip, Amstrong, Gary. 2014. Principle Of Marketing, Fifteen. Edition. Published by Pearson Education Limited. England.
- Kotler, Philip, Amstrong, Gary. 2016. Principle Of Marketing, Sixteenth Edition. Published by Pearson Education Limited.
- Kotler, Philip, Amstrong, Gary. 2020. Principle Of Marketing. In Pearson Prentice Hall. Eighteenth Edition. Pearson
- Kotler, Philip. Keller, Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13, Terjemahaan Benyamin Molan. Indeks. Jakarta.
- Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi ke 3, Salemba Empat.
- Makaleuw, M. M., Sumarauw, J. S., & Ogi, I. W. 2018. Pengaruh Citra Merek, Fitur Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pt. Gernilang Emas Indonesia Cabang Manado). Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).
- McDaniel Jr, Carl & Gates, Roger. 2001. Riset Pemasaran Kontemporer. Jakarta: Salemba Empat.
- Prasetya, D. 2016. Pengaruh Persepsi Harga, Fitur Produk, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (Jmbi), 5(1), 91-100.
- Priansa, Donny Juli, 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Kontemporer. Cetakan I. Penerbit Alfabeta, Bandung.
- Priambodo, Singgih., & Prabawani, B. 2016. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(2), 127-135.
- Priyatno, Duwi. 2010. Panduan Mudah Olah Data SPSS Bagi Mahasiswa dan Umum. Penerbit Andi. Yogyakarta.
- Rangkuti, Freddy. 2015. Riset Pemasaran, Cetakan Kelima, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
- Schiffman, Leon G. Wisenbilt, Joseph. 2015. Consumer Behavior. Global Edition. Pearson.
- Shabrina, G. Y., & Dwijayanti, R. 2021. Pengaruh Fitur Layanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Dan Minuman Pada Pengguna Ovo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (Jptn), 9(2), 1258-1264.
- Shaleha, W. M. 2021. Pengaruh Fitur Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Prabayar As Pada Mahasiswa Dan Mahasiswi Di Kota Kendari. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(2), 193-202.
- Shaleha, W. 2014. Pengaruh Fitur Produk, Harga, Jaringan, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Prabayar As Padamahasiswa Manajemen Angkatan 2011-2013 Universitas Haluoleo. Universitas Haluoleo. Kendari: Universitas Haluoleo.
- Sudaryono, 2016. Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi, Penerbit Andi, Yogyakarta.
- Sudjatmika, F. V. 2017. Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia. Com. Agora, 5(1 ).
- Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.
- Surur, M. M., & Sujianto, A. E. 2022. Kualitas Produk, Fitur Produk, Merek Dan Promosi Syariah Dalam Keputusan Pembelian Handphone Oppo Pada Uniqcell Dlanggu. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 13(1), 221-236.
- Tjiptono, Fandy. Chandra, Gregorius. dan Adriana, Dadi, 2008. Pemasaran Strategik. Penerbit Andi. Yogyakarta.
- Tjiptono, Fandy, 2014. Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan, Penelitian. Penerbit Andi, Yogyakarta.
- Link Website:
- https ://databoks.katad ata. co. id/datapublish/2022/06/ 16/survei-layanan-gofood dinilai-unggul-dari-grabfood-dan-shopeefood (diakses pada tanggal 18 Agustus 2022 pukul 10.00 Wita
- https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/l 6/survei-nilai-transaksi-gofood-lebih-besar-dari-shopeefood-da11-grabfood (diakses pada tanggal 18 Agustus 2022 pukul 10.10 Wita)
- https ://bali. antaranews.co1n/berita/2852 l 7Igofood-aplikasi-layanan-pesan-antar-makanan-terbaik (diakses pada tanggal 18 Agustus 2022 pukul 10.15 Wita)
- https ://www.tribunnews.com/bis11is/2022/07/06/riset-gofood-leading-di-bisnis• layanan-pesan-antar-1nakana11-online (diakses pada tanggal 18 Agustus 2022 pukul 10.20 Wita
- https://inet.detik.co1n/cyberlife/d-3640129/ini-kebiasaan-pelanggan-go-j ek-saat•order-go-food (diakses pada tanggal 18 Agustus 2022 pukul 10.25 Wita)
- https ://www.republika.co.id/berita/rdii7 l459/studi-mayoritas-pengguna-layanan-pesanantar-makanan-1nillenial-da11-gen-z (diakses pada tanggal 18 Agustus 2022 pukul 10.30 Wita)
- https://databoks.katadata.co. id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna• intemet-di-indonesia-awal-2022 (diakses pada tanggal 30 Agustus 2022 pukul 20.30 Wita)
References
Alamsyah, N., & Saino, S. 2021. Pengaruh Fitur Produk Dan Promosi Cashback Terhadap Keputusan Pembelian. Akuntabel, 18(4), 624-634.
Alma, Buchari, 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Assauri, Sofjan. 2015. Manajemen Bisnis Pemasaran. Rajawali Pers. Jakarta
Ermalina, E. 2020. Pengaruh Harga Dan Fitur Produk Terhadap Keputusan Pembelian Telepon Pintar. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 3(1), 11-20.
Fauzan, M. I., & Sujana, S. 2022. Pengaruh Kelengkapan Fitur Aplikasi, Kemudahan Transaksi, Da11 Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Bioskop Pada Aplikasi Tix Id. Jurnal Informatika Kesatuan, 2(1), 1-14.
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Seni Pustaka Kunci. Yogyakarta.
Firmansyah, Anang. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Perilaku). Cetakan Pertama. Penerbit Deepublish Publisher. Yogyakarta.
Ghozali, Imam, 2018. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS 20, Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.
Handayani, E. D., & Heny Kumianingsih, S. E. 2021. Pengaruh Gaya Hidup, Fitur, Desain Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung. Manajemen Dewantara, 5(2), 152-161.
Hamidah, S., & Anita, D. 2013. Analisis persepsi citra merek, desain, fitur dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian produk handphone samsung berbasis android (studi kasus STIE Pelita Indonesia). Jurnal Ekonomi, 21(04)
Hasan, Iqbal M. 2012. Pokok-Pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif). Edisi kedua. Bumi Aksara. Jakarta.
Hawkins, Mothersbaugh, Kleiser. 2020. Consumer Behavior Building Marketing Strategy. Fourteenth Edition. McGrawHill.
Humaidi, H., Utomo, S., & Lestari, D. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Fitur Layanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fisip Ulm Di Kota Banjarmasin). Jurnal Bisnis Dan Pembangunan, 11(1), 23-32.
Jerry C. Olson dan Peter J. Paul. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Sembilan. Buku 2. Penerbit Salemba Empat: Jakarta.
Jogiyanto. 2019. Sistem Infonnasi Keperilakuan. Penerbit Andi.
Kotler, Philip., & Keller, Kevin. Lane. 2016. Marketing Management. In Pearson Prentice Hall: Vol. 15 Edition. Pearson.
Kotler, Philip, Amstrong, Gary. 2014. Principle Of Marketing, Fifteen. Edition. Published by Pearson Education Limited. England.
Kotler, Philip, Amstrong, Gary. 2016. Principle Of Marketing, Sixteenth Edition. Published by Pearson Education Limited.
Kotler, Philip, Amstrong, Gary. 2020. Principle Of Marketing. In Pearson Prentice Hall. Eighteenth Edition. Pearson
Kotler, Philip. Keller, Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13, Terjemahaan Benyamin Molan. Indeks. Jakarta.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi ke 3, Salemba Empat.
Makaleuw, M. M., Sumarauw, J. S., & Ogi, I. W. 2018. Pengaruh Citra Merek, Fitur Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pt. Gernilang Emas Indonesia Cabang Manado). Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).
McDaniel Jr, Carl & Gates, Roger. 2001. Riset Pemasaran Kontemporer. Jakarta: Salemba Empat.
Prasetya, D. 2016. Pengaruh Persepsi Harga, Fitur Produk, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (Jmbi), 5(1), 91-100.
Priansa, Donny Juli, 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Kontemporer. Cetakan I. Penerbit Alfabeta, Bandung.
Priambodo, Singgih., & Prabawani, B. 2016. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(2), 127-135.
Priyatno, Duwi. 2010. Panduan Mudah Olah Data SPSS Bagi Mahasiswa dan Umum. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Rangkuti, Freddy. 2015. Riset Pemasaran, Cetakan Kelima, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Schiffman, Leon G. Wisenbilt, Joseph. 2015. Consumer Behavior. Global Edition. Pearson.
Shabrina, G. Y., & Dwijayanti, R. 2021. Pengaruh Fitur Layanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Dan Minuman Pada Pengguna Ovo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (Jptn), 9(2), 1258-1264.
Shaleha, W. M. 2021. Pengaruh Fitur Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Prabayar As Pada Mahasiswa Dan Mahasiswi Di Kota Kendari. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(2), 193-202.
Shaleha, W. 2014. Pengaruh Fitur Produk, Harga, Jaringan, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Prabayar As Padamahasiswa Manajemen Angkatan 2011-2013 Universitas Haluoleo. Universitas Haluoleo. Kendari: Universitas Haluoleo.
Sudaryono, 2016. Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Sudjatmika, F. V. 2017. Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia. Com. Agora, 5(1 ).
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.
Surur, M. M., & Sujianto, A. E. 2022. Kualitas Produk, Fitur Produk, Merek Dan Promosi Syariah Dalam Keputusan Pembelian Handphone Oppo Pada Uniqcell Dlanggu. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 13(1), 221-236.
Tjiptono, Fandy. Chandra, Gregorius. dan Adriana, Dadi, 2008. Pemasaran Strategik. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy, 2014. Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan, Penelitian. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Link Website:
https ://databoks.katad ata. co. id/datapublish/2022/06/ 16/survei-layanan-gofood dinilai-unggul-dari-grabfood-dan-shopeefood (diakses pada tanggal 18 Agustus 2022 pukul 10.00 Wita
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/l 6/survei-nilai-transaksi-gofood-lebih-besar-dari-shopeefood-da11-grabfood (diakses pada tanggal 18 Agustus 2022 pukul 10.10 Wita)
https ://bali. antaranews.co1n/berita/2852 l 7Igofood-aplikasi-layanan-pesan-antar-makanan-terbaik (diakses pada tanggal 18 Agustus 2022 pukul 10.15 Wita)
https ://www.tribunnews.com/bis11is/2022/07/06/riset-gofood-leading-di-bisnis• layanan-pesan-antar-1nakana11-online (diakses pada tanggal 18 Agustus 2022 pukul 10.20 Wita
https://inet.detik.co1n/cyberlife/d-3640129/ini-kebiasaan-pelanggan-go-j ek-saat•order-go-food (diakses pada tanggal 18 Agustus 2022 pukul 10.25 Wita)
https ://www.republika.co.id/berita/rdii7 l459/studi-mayoritas-pengguna-layanan-pesanantar-makanan-1nillenial-da11-gen-z (diakses pada tanggal 18 Agustus 2022 pukul 10.30 Wita)
https://databoks.katadata.co. id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna• intemet-di-indonesia-awal-2022 (diakses pada tanggal 30 Agustus 2022 pukul 20.30 Wita)