Main Article Content

Abstract

Terlaksananya pelayanan imigrasi paling terpengaruh oleh berbagai komponen, kapasitas petugas merupakan salah satunya. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengenal cara-cara mengoptimalkan kinerja personel terhadapa peningkatan kualitas pelayanan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II  TPI Sibolga serta memahami factor-faktor yang menghambat juga mendukung kinerja SDM terhadap peningkatan kualitas pelayanan paspor di kantor imigrasi kelas II TPI Sibolga. Metode penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Informasi tersebut diperoleh melalui wawancara terhadap pegawai dan calon kantor imigrasi kelas II TPI Sibolga. Setelah itu dilaksanakan observasi guna meninjau langsung serta mempelajari optimalisasi kerja pegawai Imigrasi Sibolga Kelas II TPI Sibolga. Kemudian, data yang diambil dianalisis. Hasil dari penelitian ditemukan jika dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sibolga dilaksanakan optimalisasi personel yaitu motivasi kerja pegawai, penghargaan serta sanksi, pelatihan sumber daya manusia dan peningkatan sarana dan prasarana kantor.

Keywords

Kualitas Pelayanan, Keimigrasian

Article Details

How to Cite
Simatupang, N. ., & Nurbaiti, N. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Dalam Pembuatan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sibolga. Economics and Digital Business Review, 4(2), 326–332. https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i2.837

References

  1. Ahmad, B. (2018). Pelayanan Publik Teori dan Praktik. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.
  2. Moenir, H. A. S. (2015). Manajemen Umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Jurusan Teknik Industri Itenas.
  3. Mukarom, Z., & Laksana, M. W. (2015). Membangun kinerja pelayanan publik. Pustaka Setia. Nazir, M. (2014). Metode Penelitian Cet. 9. Penerbit Ghalia Indonesia. Bogor.
  4. Permana, A. I. (2020). Pengaruh Kualitas Website, Kualitas Pelayanan, Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Minat Beli Pelanggan di Situs Belanja Online Bukalapak. Ekonomi Bisnis, 25(2)..
  5. Sinambela, L. (2014). Reformasi Pelayanan Publik.
  6. Suriata, I. N. (2020). Pengaduan Sengketa dalam Pelayanan Publik dan Penyelesaiaannya di Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Bali. Publik Inspiration: Jurnal Administrasi Publik, 5(1).