Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh business trend e-commerce dan ekspektasi pendapatan terhadap minat berwirausaha pada generasi milenial di Kota Makassar. Alat analisis data yang digunakan dalam ini adalah Statistical Product and Service Solutions (SPSS) 26. Penelitian ini dilakukan pada 109 sampel responden. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa business trend e-commerce berpengaruh siginifikan terhadap minat berwirausaha. Selnajutnya variable ekspektasi pendapatan juga berpengaruh siginifikan terhadap minat berwirausaha. Secara simultan, business trend e-commerce dan ekspektasi pendapatan berpengaruh terhadap minat berwirausaha pada generasi milenial di Kota Makassar.

Keywords

business trend e-commerce, ekspektasi pendapatan, minat berwirausaha

Article Details

How to Cite
Ainun , A. A. ., Syam , A. ., Poddala , P. ., & Astuti , W. . (2023). Pengaruh Business Trend E-Commerce Dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Generasi Milenial. Economics and Digital Business Review, 4(2), 210–218. https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i2.724

References

  1. Azzam, Hamzah. 2016. “Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Jember).” Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember 1–12.
  2. Dany Saputra. N.D. “Pip: Rasio Wirausaha Indonesia Kalah Dari Singapura, Kenapa?” 2022. Retrieved (Https://Ekonomi.Bisnis.Com/Read/20220612/9/1542654/Pip-Rasio-Wirausaha-Indonesia-Kalah-Dari-Singapura-Kenapa).
  3. Fathiyannida, Syafiya. 2021. “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha, Lingkungan Keluarga Dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Aktif Dan Alumni Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata.” Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Finansial Indonesia 4(41):83–94. Doi: 10.31857/S013116462104007x.
  4. Gultom, Elida. 2021. “Pengaruh E-Commerce, Pengetahuan Kewirausahaan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Program S1 Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ….” Journal Of Business And Economics Research (Jbe) 2(2):40–46.
  5. Hadyastiti, Gusti Ayu Niken, Ni Nyoman Ayu Suryandari, And Gde Bagus Brahma Putra. 2020. “Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri, Motivasi Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha.” Jurnal Kharisma 2(2):174–87.
  6. Kardiana, T. C., And I. S. Melati. 2019. “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Kepercayaan Diri Dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha.” Economic Education Analysis Journal 8(3):1182–97. Doi: 10.15294/Eeaj.V13i2.35712.
  7. Nurafni Ayu Lestari Amrul, Haedar Akib, Risma Niswaty, Muh. Guntur Dan Muh. Darwis. 2022. “Minat Mahasiswa Berwirausaha Online (Studi Kasus Mahasiswa Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar).” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis (Jabdisfish) 1(1):7–14.
  8. Pramiswari, Dewa Ayu Anggi, And Ida Bagus Dharmadiaksa. 2017. “Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha.” E-Jurnal Akuntansi (2017) 2017(1) 261-289 Issn: 2302-8556 20:261–89.
  9. Sari, Dkk. 2017. “Pengaruh Penggunaan E-Commerce Dalam Proses Penjualan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smk Negeri Ngraho.” Jurnal It-Edu Volume 2:16–23.
  10. Septianti, Dian. 2018. “Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga Dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha(Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Tridinanti Palembang).” Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini 7(03):1–7.
  11. Sintya, Ni Made. 2019. “Pengaruh Motivasi, Efikasi Diri, Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga, Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Akuntansi Di Universitas Mahasaraswati Denpasar.” Jurnal Sains,Akuntansi Dan Manajemen 1(1):1–44.
  12. Sinulingga, Cahya Purwati, And Zuhrinal M. Nawawi. 2022. “Pengaruh E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Di Era Global.” Jikem: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen 2(1):1611–17.
  13. Suarjana, Anak Agung Gde Mantra, And Luh Mei Wahyuni. 2017. “Faktor Penentu Minat Berwirausaha Mahasiswa (Suatu Evaluasi Pembelajaran).” Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan 13(1):11–22. Doi: 10.31940/Jbk.V13i1.687.
  14. Trihudiyatmanto, M. 2019. “Membangun Minat Berwirausaha Mahasiswa Dengan Pengaruh Faktor E-Commerce, Pengetahuan Kewirausahaan Dan Gender.” Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unsiq 6(2):93–103. Doi: 10.32699/Ppkm.V6i2.678.
  15. Yadewani, Dorris, And Reni Wijaya. 2017. “Pengaruh E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha.” Jurnal Resti (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi) 1(1):64–69. Doi: 10.29207/Resti.V1i1.6.