Main Article Content

Abstract

Bisnis online adalah jenis perdagangan online yang dilakukan melalui web browser. Penyedia layanan belanja online umumnya dapat bertindak sebagai pembeli dan penjual atau hanya sebagai pihak ketiga yang netral. Berbagai sub-proses yang terlibat dalam transaksi harus diselesaikan terlebih dahulu, dan setiap langkah membawa risiko keamanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, promosi, dan kepuasan konsumen terhadap minat beli pada situs belanja online Lazada di Batam. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner melalui google from. Populasi penelitian sebanyak 100 konsumen yang menggunakan Aplikasi Lazada. Teknik sampel yang digunakan yaitu purposive sampling yaitu dengan memiliki kriteria kriteria tertentu untuk dijadikan sampel. Pengolahan data menggunakan program komputer SPSS versi 25. Adapun metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan uji hipotesis. Temuan hasil penelitian menetapkan nilai f yang diperoleh dengan nilai signifikannya (0,000 < 0,05) yang berarti signifikan, serta f hitung > f tabel (54,545> 2,70) maka dinyatakan bahwa variabel kepercayaan, promosi, dan kepuasan konsumen berpengaruh signifikan secara simultan terhadap minat beli.

Keywords

Kepercayaan, Promosi, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli

Article Details

How to Cite
Salsabela, I. R. ., & Sukati, I. . (2023). Pengaruh Kepercayaan, Promosi, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Pada Situs Belanja Online Lazada Di Batam. Economics and Digital Business Review, 4(2), 329–341. https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i2.663

References

  1. Adinata, KJ, & Yasa, NNK (2018). Pengaruh Trust, Perceived Price, dan Attitudes terhadap Repurchase Intentions di Situs Lazada. E-Journal Manajemen Universitas Udayana, 7(8), 4153. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i08.p05
  2. Alexander Parhusip, A., & Izzah Lubis, N. (2020). Ilmu EKOMBIS (Studi Kasus Toko Online Tokopedia.com). Jurnal Ekonomi Keuangan dan Bisnis, 5, 17–28.
  3. Aningtyas, ES, & Supriyono, S. (2022). Pengaruh Trust, Perceived Price, dan Product Review terhadap Minat Pembelian Ulang Produk Zoya di Gerai Kediri. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari, Jambi, 22(3), 1592. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2588
  4. Anwar, RN, & Afifah, A. (2018). Kepercayaan dan Keamanan Konsumen dalam Minat Beli Pada Situs Online (Studi Kasus pengunjung situs Lazada di Jakarta Timur). Jurnal Manajemen, 9(1), 46. https://doi.org/10.32832/jm-uika.v9i1.1316
  5. Arimbi, JIKA, & Heryenzus. (2019). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Layanan Traveloka Online. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 1–10. http://113.212.163.133/index.php/scientia_journal/article/view/2640
  6. As, A. (2018). Pendukung Selebriti Di Jejaring Sosial Instagram. 1(1), 86–96.
  7. Ayuumi, RS, & Komariah, NS (2021). Pengaruh Customer Experience dan Kepercayaan Terhadap Intensi Pembelian Ulang Layanan Gofood Delivery Selama Pandemi Covid-19 Pada Generasi Z. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(2), 181. https://doi.org/10.31599/jmu.v3i2 .940
  8. Buchori, A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan dan Promosi terhadap Niat Beli yang Dimediasi Kepercayaan (Studi Kasus: PT China Taiping Insurance Indonesia). 6, 44–51.
  9. Kusuma, E. (2021). Analisis Pengaruh Source Credibility dan Endorser Nationality Terhadap Minat Membeli Produk Maybelline. Ejournal.Atmajaya.Ac.Id, 13(2), 32–52. https://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/transaksi/article/view/3403
  10. Lestari, B., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Di Coffeeville-Oishi Pan Magelang. Jurnal Nasional Pemasaran & Manajemen SDM, 2(3), 150–159. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v2i3.374
  11. Mean, P., Welsa, H., & Ningrum, NK (2022). Pengaruh promosi penjualan dan kepuasan konsumen terhadap niat beli melalui sikap merek sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen, 13(4), 710–717. https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i4.10307
  12. Pandini, AMP, & Evelina, TY (2021). Pengaruh viral marketing dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli konsumen. Jurnal Manajemen, 13(2), 157–160.
  13. Raynaldy Gilbert Perdana. (2022). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Pembelian Tiket Pesawat Lion Air Airlines di Bandara Soekarno-Hatta. Jurnal Multidisiplin Sipil, 2(5), 2507–2522. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i5.338
  14. Retnowulan, J. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Smartphone Xiaomi. Jurnal Humaniora, Universitas Informatika Bina Sarana, 17(2), 139–145.
  15. Rizal, M., & Irawan, N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt. Satria Nusantara Jaya. 05.
  16. Romadhoni, SAYA (2022). Pengaruh Service Quality, Trust, dan Security terhadap Minat Beli Ulang Konsumen di Lazada. Jurnal Ilmiah Manajemen Persatuan, 10(2), 355–362. https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i2.1428
  17. Rosdiana, R., Haris, IA, & Suwena, KR (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Membeli Produk Pakaian Secara Online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 318. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20164
  18. Salsabila, C., Umbara, T., & Setyorini, R. (2022). Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Minat Pembelian Ulang Produk Sesuatu. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Publik dan Layanan, 9(4), 668–679. https://doi.org/10.37606/public.v9i4.405
  19. Satria, DA, & Sidharta, H. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Bakso Konsumen. Jurnal Manajemen Bisnis dan Start-Up, 2(3), 398–408. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/562
  20. Septiani, F. (2018). Pengaruh Promosi dan Promosi Produk Terhadap Minat Beli (Pada PT. Asuransi Jiwa Recapital di Jakarta). Jurnal Sipil, 1(2), 399–415. http://jurnalmadani.org/index.php/madani/article/view/21/20
  21. Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Online Mikaylaku Dengan Niat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Independen: Sains, Seni, dan Teknologi, 4(1), 38–51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99
  22. Syarifah, E., & Karyaningsih, K. (2021). Pengaruh Ulasan dan Kepercayaan Pelanggan Online terhadap Minat Beli di Marketplace Lazada. Tinjauan Ekonomi dan Bisnis Digital, 2(2), 222–231. https://doi.org/10.37531/ecotal.v2i2.87
  23. Yuliyzar, I., & Enjelita, SD (2020). Meningkatkan Minat Beli Konsumen Melalui Daya Tarik Iklan dan Label Halal Produk Emina Lipcream di Universitas Muhammadiyah Tangerang. Jurnal Manajemen Dinamis, 4(1), 1–17. https://doi.org/10.31000/dmj.v4i1.2477