Main Article Content

Abstract

Fear of Missing Out (FoMO) adalah istilah yang menggambarkan rasa takut kehilangan kesempatan untuk mengalami suatu kegiatan atau memiliki sesuatu yang dikira penting bagi individu. Dalam dunia pemasaran, FoMO dapat memainkan peran penting dalam memengaruhi perilaku konsumen dalam membuat keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran Fear of Missing Out (FoMO) dalam perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada konsumen Mixue Ice Cream & tea). Populasi  penelitian ini adalah Konsumen Mixiue Ice Cream & Tea Makassar, dengan teknik pengambilan sampel  non-probability sampling: purposive sampling, adapun sampelnya berjumlah 112 responden dan data yang digunakan dianalisis  dengan  menggunakan  SPSS. Dalam penelitian ini terdapat variabel terikat (Y) yaitu keputusan pembelian, variabel bebas (X) yaitu perilaku konsumen dan variabel moderating (Z) yaitu Fear of Missing Out (FoMO). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan analisis regresi moderat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perilaku konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen Mixue Ice Cream dan tea. (2) Fear of Missing Out (FOMO) dapat memoderasi hubungan antara perilaku konsumen dan keputusan pembelian  konsumen Mixue Ice Cream & Tea.

Keywords

Fear of Missing Out (FoMO), Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian, Mixue Ice Cream & Tea Makassar.

Article Details

How to Cite
Suhartini, S., & Maharani, D. . (2023). Peran Fear Of Missing Out (FoMO) dalam Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Economics and Digital Business Review, 4(2), 349–356. https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i2.613

References

  1. Adnan. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Susu Morinaga di Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis, 7(2).
  2. DS, Y. R. R., & Halidy, A. El. (2022). PENGARUH FoMO, KESENANGAN BERBELANJA DAN MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIDAK TERENCANA DI E-COMMERCE SHOPEE PADA WAKTU HARBOLNAS. 11(3).
  3. Enjelina, A. E. (2022). Keputusan Pembelian Online Melalui Citra Merek Berdasarkan Efektivitas Iklan Dengan Epic Model Studi Pada Konsumen Traveloka.Com. Jurnal Manajemen Pemasaran, 16(2), 57–66. https://doi.org/10.9744/pemasaran.16.2.57-66
  4. Przybylski, A. K., Murayama, K., Dehaan, C. R., & Gladwell, V. (2013). Motivational, emotional, and behavioral correlates of fear of missing out. Computers in Human Behavior, 29(4), 1841–1848. https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.02.014
  5. Santoso, I. H., Widyasari, S., & Soliha, E. (2019). Fomsumerism : Mengembangkan Perilaku Conformity Consumption Dengan Memanfaatkan Fear of Missing Out Konsumen. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 15(2), 159–171. https://doi.org/10.32815/jibeka.v15i2.230
  6. Slamet, S., Perwira, I., & Suhartini. (2022). Pengaruh Inovasi Produk dan Promosi Media Online Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen ( Survei Pelanggan Online Cake Box ). 7(3), 452–460. https://doi.org/10.37531/mirai.v7i3.2492
  7. Suhartini, S., & Said, S. (2019). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada Klinik Kecantikan Di Kota Makassar. CESJ: Center Of Economic Students Journal, 2(2), 37-47.
  8. Tonda, F., F, M. R. H., & Tyas, T. S. N. (2022). Literature Review Determinasi Infrastruktur Ti : 3(2), 561–572.
  9. Buku
  10. Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20 (edisi keenam). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
  11. Ghozali, Imam. (2013). Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 21 edisi ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  12. Lameshow, Stanley., 1997, Besar Sampel dalam Penelitian Kesehatan, Gadjah Mada University, Yogyakata.
  13. Sarwono, Jonathan. (2013). Statistik Multivariat. Yogyakarta: Andi
  14. Sekaran, Uma. (2006). Metodologi Penelitian Bisnis (Terjemahan). Jakarta: Salemba Empat.
  15. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta