Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi telah mengubah gaya hidup masyarakat dan mempengaruhi pola pemenuhan kebutuhan. Era digital membawa perubahan dalam cara konsumen berbelanja, dengan beralih ke model belanja online atau e-commerce, seperti marketplace. Salah satu contohnya adalah Zalora, sebuah marketplace di Indonesia. Zalora telah berhasil membangun kepercayaan di antara pengguna dengan menyediakan platform yang dapat diandalkan. Kepercayaan dan kemudahan transaksi menjadi faktor penting dalam menarik minat pelanggan dalam menggunakan marketplace tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan konsumen dan kemudahan transaksi terhadap keputusan pembelian pada situs jual beli online Zalora. Dalam penelitian ini, digunakan metode survey dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kepercayaan dan kemudahan transaksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada situs jual beli Zalora. Hal ini menunjukkan bahwa faktor-faktor tersebut penting bagi para marketplace untuk menarik minat pelanggan.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Dewi, dkk. (2017). Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Situs Jual Beli Bukalapak.Com). Journal of Management. Vol. 3. No. 3.
- Dias, Arthur (2012). Analisis kepercayaan konsumen terhadap situs jual beli Tokobagus.com; Antecedents dan Outcome,Tesis : FE UI,2012.
- Fadjarina, January Rizcky. 2016. “Pengaruh Periklanan dan Kepercayaan Online Terhadap Proses Keputusan Pembelian Serta Dampaknya pada Pembelian Berulang dalam C2C e-commerce Tokopedia”. SKRIPSI: Jakarta, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
- Fitri, Irna. 2016. “Analisis Promosi Penjualan Online, Harga, Kepercayaan, dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Online Ceker Berontak (study pada ceker berontak kota Bandar Lampung)”. SKRIPSI: Bandar Lampung, Universitas Lampung.
- Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
- Hair, J., Hult, G., Ringel, C., & Sarstedt, M. (2014). A primer on Patial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). America: SAGE Publication, Inc.
- Handayani dan Tri. 2010. Analisis Pengaruh Kepercayaan Terhadap Persepsi Resiko Belanja Online di Surabaya. SKRIPSI: Surabaya, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PERBANAS.
- Hanyda. 2020. Pengaruh Promosi, Kemudahan, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Sistem E-Commerce Shopee. SKRIPSI: Ponorogo, Institut Agama Islam Negri Ponorogo.
- Idris, A. W. (2018), Pengaruh Promosi, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Konsumen Dan Kualitas Informasi Terhadap Minat Beli Di Situs Bukalapak (Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro), Diponegoro Journal Ofmanagement, Volume 7, Nomor 2.
- Indiani dkk. 2020. Conversion of Online Purchase Intention Into Actual Purchase: The Moderating Role Of Transaction Security and Convenience. Jurnal Bisnis. Vol 21, Iss 1.
- Ishaya Salis Rabindra, Edi Wahyu Wibowo, dan Yoeliastuti. 2020. Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Transaksi dan Nilai Pelanggan Terhadap Keputusan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta. Jurnal Lentera Bisnis. Vol 9, No 1. Mei 2020.
- Iswara, Danu. 2016. ”Pengaruh kepercayaan, kemudahan, kualitas informasi, dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada pengguna media sosial instagram di kota Yogyakarta)”.SKRIPSI: Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta.
- John Evan, et.al. 2021. Impact of Price, Time, Trust, and Convenience to Shopee Consumers’ Online Shopping Behavior. International Journal of Sosial and Management Studies. Vol 3, No 4.
- Kinnear, Thomas C. Taylor, James R, 1996, Marketing Research : An Applied Approach, New York : Mc Graw Hill
- Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2016. Principles Of Marketing, Edisi 14, New Jersey: Pearson Education Limited
- Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education, Inc.
- Maulana Indra. 2020. Peran Dya Tarik Konten, Kemudahan Penggunaaan dan Kualitas Interaksi Layanan Dalam Meningkatkan Pembelian Daring di E-commerce Blibli.com Purwakarta. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol 7, No 1. Februari 2020.
- Meri Sandora. 2019. Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahaan Terhadap Keputusan Pembelian Benlanja Secara Online. Tesis. Riau, Universitas Islan Megri Suska Riau.
- Nugraha Jefri Putri, Dian Alfiah, Dr. Gairah Sinulingga, dkk. 2021. Teori Perilaku Konsumen Cetakan ke-1. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.
- Peter J.P & Jerry C. Olson. 2017. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Edisi 9 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
- Priyastama, Romie. 2017. Buku Sakti Kuasai SPSS Pengolahan Data dan Analisis Data. Yogyakarta: PT Anak Hebat Indonesia
- Rahman, A. 2017. Pengaruh Kemudahan Pengguna dan Kemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Menggunakan Kembali Situs Jual Beli Online (Studi Pada Pengguna Situs Jual Beli Zalora. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol 52, No 1.
- Rasidi Wahyu Abdurahman dan Monika Tiarawati. 2021. The Effect of Convemience and Trust on Online Purchasing Decision (on Blibli Platform). Journal of Business and Management Review. Vol 2, No 8. 2021 Page 531-543.
- Solihin Dede. 2020. Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri. Vol. 4, No. 1. Juni 2020: 38-51.
- Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
- Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
- Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet. Yogyakarta. CV Andi Offset.
- Tajudin, M. H., dan Ade S. M. (2017), Pengaruh Promosi, Kepercayaan Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji (Mabrur) Bank Syariah Mandiri Kcp. Sawangan Kota Depok. Jurnal Ekonomi Islam. Volume 8 No. 1.
- Tjipto, F., & Chandra, G. (2020). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Publiser
References
Dewi, dkk. (2017). Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Situs Jual Beli Bukalapak.Com). Journal of Management. Vol. 3. No. 3.
Dias, Arthur (2012). Analisis kepercayaan konsumen terhadap situs jual beli Tokobagus.com; Antecedents dan Outcome,Tesis : FE UI,2012.
Fadjarina, January Rizcky. 2016. “Pengaruh Periklanan dan Kepercayaan Online Terhadap Proses Keputusan Pembelian Serta Dampaknya pada Pembelian Berulang dalam C2C e-commerce Tokopedia”. SKRIPSI: Jakarta, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Fitri, Irna. 2016. “Analisis Promosi Penjualan Online, Harga, Kepercayaan, dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Online Ceker Berontak (study pada ceker berontak kota Bandar Lampung)”. SKRIPSI: Bandar Lampung, Universitas Lampung.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Hair, J., Hult, G., Ringel, C., & Sarstedt, M. (2014). A primer on Patial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). America: SAGE Publication, Inc.
Handayani dan Tri. 2010. Analisis Pengaruh Kepercayaan Terhadap Persepsi Resiko Belanja Online di Surabaya. SKRIPSI: Surabaya, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PERBANAS.
Hanyda. 2020. Pengaruh Promosi, Kemudahan, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Sistem E-Commerce Shopee. SKRIPSI: Ponorogo, Institut Agama Islam Negri Ponorogo.
Idris, A. W. (2018), Pengaruh Promosi, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Konsumen Dan Kualitas Informasi Terhadap Minat Beli Di Situs Bukalapak (Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro), Diponegoro Journal Ofmanagement, Volume 7, Nomor 2.
Indiani dkk. 2020. Conversion of Online Purchase Intention Into Actual Purchase: The Moderating Role Of Transaction Security and Convenience. Jurnal Bisnis. Vol 21, Iss 1.
Ishaya Salis Rabindra, Edi Wahyu Wibowo, dan Yoeliastuti. 2020. Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Transaksi dan Nilai Pelanggan Terhadap Keputusan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta. Jurnal Lentera Bisnis. Vol 9, No 1. Mei 2020.
Iswara, Danu. 2016. ”Pengaruh kepercayaan, kemudahan, kualitas informasi, dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada pengguna media sosial instagram di kota Yogyakarta)”.SKRIPSI: Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta.
John Evan, et.al. 2021. Impact of Price, Time, Trust, and Convenience to Shopee Consumers’ Online Shopping Behavior. International Journal of Sosial and Management Studies. Vol 3, No 4.
Kinnear, Thomas C. Taylor, James R, 1996, Marketing Research : An Applied Approach, New York : Mc Graw Hill
Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2016. Principles Of Marketing, Edisi 14, New Jersey: Pearson Education Limited
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education, Inc.
Maulana Indra. 2020. Peran Dya Tarik Konten, Kemudahan Penggunaaan dan Kualitas Interaksi Layanan Dalam Meningkatkan Pembelian Daring di E-commerce Blibli.com Purwakarta. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol 7, No 1. Februari 2020.
Meri Sandora. 2019. Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahaan Terhadap Keputusan Pembelian Benlanja Secara Online. Tesis. Riau, Universitas Islan Megri Suska Riau.
Nugraha Jefri Putri, Dian Alfiah, Dr. Gairah Sinulingga, dkk. 2021. Teori Perilaku Konsumen Cetakan ke-1. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.
Peter J.P & Jerry C. Olson. 2017. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Edisi 9 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Priyastama, Romie. 2017. Buku Sakti Kuasai SPSS Pengolahan Data dan Analisis Data. Yogyakarta: PT Anak Hebat Indonesia
Rahman, A. 2017. Pengaruh Kemudahan Pengguna dan Kemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Menggunakan Kembali Situs Jual Beli Online (Studi Pada Pengguna Situs Jual Beli Zalora. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol 52, No 1.
Rasidi Wahyu Abdurahman dan Monika Tiarawati. 2021. The Effect of Convemience and Trust on Online Purchasing Decision (on Blibli Platform). Journal of Business and Management Review. Vol 2, No 8. 2021 Page 531-543.
Solihin Dede. 2020. Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri. Vol. 4, No. 1. Juni 2020: 38-51.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet. Yogyakarta. CV Andi Offset.
Tajudin, M. H., dan Ade S. M. (2017), Pengaruh Promosi, Kepercayaan Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji (Mabrur) Bank Syariah Mandiri Kcp. Sawangan Kota Depok. Jurnal Ekonomi Islam. Volume 8 No. 1.
Tjipto, F., & Chandra, G. (2020). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Publiser