Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh dari Social Media Marketing yang dilakukan oleh PT Eigerindo Multi Produk Industri melalui Instagram Eiger terhadap peningkatan brand engagement Eiger. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data primer yang diperoleh melalui kuisioner yang disebarkan secara online kepada followers Instagram Eiger dengan 34 responden. Pengujian data penelitian menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi 0,001 < dari 0,05 bahwa sosial media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand engagement Eiger. Semakin sering bagian marketing pada perusahaan Eiger menggunakan media sosial untuk melakukan pemasaran maka brand engagement dari Eiger akan semakin meningkat. Penelitian ini menambah pengetahuan tentang factor yang dapat meningkatkan keterlibatan merek dari suatu produk. Factor yang mempengaruhi salah satunya dengan menggunakan media social Instagram sebagai alat untuk melakukan pemasaran. Selain itu, dengan adanya penelitian ini digharapkan dapat memberikan masukan kepada bagian marketing di perusahaan atau usaha dalam menyusun suatu strategi agar meningkatkan nila merek dari suatu produk.
Kata Kunci: Pengaruh, Sosial Media Marketing, Instagram, Brand Engagement
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Adzimaturrahmah, R., & Wibowo, L. A. (2019). Ekspektasi Pelanggan Media Sosial : Brand Engagement dalam Mempertahankan Customer Loyalty. 4(2), 18–23.
- Alfiraa. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Customer Engagement Dan Brand Image Pada Instagram Shopee Indonesia. Jurnal Ekonomi Manajemen, 8(1), 9–17.
- Alimuddin, B. (2023). Eiger atau PT Eigerindo Multi Produk Industri. Wikipedia. https://id.wikipedia.org/wiki/Eiger_(perusahaan)#:~:text=Eiger atau PT Eigerindo Multi Produk Industri adalah,berkemah%2C dan panjat tebing seperti tas dan jaket.
- Angkie, N. S., & Tanoto, S. R. (2019). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Equity Pada Brand Fashion Zara , H & M , Pull & Bear , Dan Stradivarius Di Surabaya. Agora, 9(4), 197–212.
- Aprilya, T. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Nadyasfashop Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Kepercayaan Customer Di Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi, 5(1), 13–23. http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2017/01/Jurnal Cetak (01-20-17-06-48-55).pdf
- Chen, H. (2018). College-Aged Young Consumers’ Perceptions of Social Media Marketing: The Story of Instagram. Journal of Current Issues & Research in Advertising, 39(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1080/10641734.2017.1372321
- Cheung, M. L., Pires, G., & Rosenberger, P. J. (2020). The influence of perceived social media marketing elements on consumer–brand engagement and brand knowledge. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 32(3), 695–720. https://doi.org/10.1108/APJML-04-2019-0262
- Doorn, J. Van, V. Mittal, and S. N. (2010). Customer Engagement Behavior: Theoretical Foundations and Research Directions Customer Engagement Behavior: Theoretical Foundations and Research Directions. Journal of Service Research, 13(3), 253–266. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/1094670510375599
- Florenzia Extefani Esperansa Tanamal, Diana Fajarwati, D. P. H. (2022). ANALISIS PENGARUH BRAND ENGAGEMENT DAN BRAND LOVE TERHADAP BRAND EQUITY DAN PURCHASE INTENTION HANDPHONE MEREK SAMSUNG. Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(12), 2739–2752. https://doi.org/https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i12.416
- Hadisumarto, A. D., & Irawan, A. D. (2020). Pengaruh Aktivitas Social Media Marketing Terhadap Brand Trust, Brand Equity, dan Brand Loyalty Pada Platform Social Media Instagram | Irawan | Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Usahawan Indonesia, 43(1), 44–58. http://www.ijil.ui.ac.id/index.php/jmui/article/view/12364
- Hidayah, A. (2019). Pengaruh social media marketing terhadap brand loyalty melalui customer engagement pada wardah cosmetics (Studi pada pengikut akun instagram @wardahbeauty). Jurnal Mahasiswa FEB, 7(1), 1–17.
- Hidayat, K. A., & Martini, E. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Pada Customer Engagement Dan Dampaknya Terhadap Brand Loyalty Di Buttonscarves. Jurnal Mitra Manajemen, 4(5), 679–691. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i5.383
- Imam, G. (2016). Pengantar Statistik Inferensial (R. Pers (ed.)).
- Iman, D., Zainul, K., & Kholid Mawardi, A. M. (2015). PENGARUH PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP KESADARAN KONSUMEN PADA PRODUK INTERNASIONAL (Studi pada Pengguna Produk Uniqlo di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 24(1), 1–9.
- Jefferly Helianthusonfri. (2019). Belajar Social Media Marketing (A. I. Kelompok Gramedia (ed.)). PT Elex Media Komputindo.
- Katadata. (2023). Jumlah Pengguna Internet Global Tembus 5,16 Miliar Orang pada Januari 2023. Databooks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/03/jumlah-pengguna-internet-global-tembus-516-miliar-orang-pada-januari-2023
- M. Nurhaula Huddin, N. (2022). SOCIAL MEDIA MARKETING DAN CUSTOMER ENGAGEMENT TERHADAP LOYALITAS MEREK PADA AKUN INSTAGRAN INFO PANDEGLANG. Jurnal Manajemen Perusahaan, 1(2), 1–12.
- Moriansyah, L. (2015). Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents Dan Consequences. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 19(3), 187–196.
- Muhammad. (2017). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam: Pendekatan Kuantitatif. Rajawali Pers.
- Puspitasari, F., & Gusfa, H. (2017). Strategi Promosi Online Shop melalui Sosial Media dalam Membangun Brand Engagement.“. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 115–130. http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_968488881504.pdf
- Rachmadhaniyati. (2021). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT DENGAN LOYALITAS MEREK DAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Ilmu Manajemen, 9, 1124–1137.
- Rojikun, A. (2022). Dampak Promosi pada Media Sosial terhadap Keterlibatan Pelanggan dan Minat Beli Pada Usaha Mikro Menengah dan Kecil. 2(1), 96–103.
- Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Bumi Aksara.
- Sukanda, U. F., & Riando, R. (2020). Makna Logo Pt. Eigerindo Multi Produk Industri (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Pembangunan Daerah, 7(1), 68–76. https://doi.org/10.33592/dk.v7i1.583
- Vivek, Beatty, S. E., & Morgan, R. (2012). Customer Engagement: Exploring Customer Relationships Beyond Purchase. Journal of Marketing Theory and Practice, 20(2), 122–146. https://doi.org/https://doi.org/10.2753/MTP1069-6679200201
- Wibowo A, S., & Dharmayanti, D. (2013). Analisa Pengaruh Content Marketing Terhadap Custumer Retention Dengan Barand Experience Dan Costumer Engagement Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Rokok Gudang GAram Di Surabaya. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
References
Adzimaturrahmah, R., & Wibowo, L. A. (2019). Ekspektasi Pelanggan Media Sosial : Brand Engagement dalam Mempertahankan Customer Loyalty. 4(2), 18–23.
Alfiraa. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Customer Engagement Dan Brand Image Pada Instagram Shopee Indonesia. Jurnal Ekonomi Manajemen, 8(1), 9–17.
Alimuddin, B. (2023). Eiger atau PT Eigerindo Multi Produk Industri. Wikipedia. https://id.wikipedia.org/wiki/Eiger_(perusahaan)#:~:text=Eiger atau PT Eigerindo Multi Produk Industri adalah,berkemah%2C dan panjat tebing seperti tas dan jaket.
Angkie, N. S., & Tanoto, S. R. (2019). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Equity Pada Brand Fashion Zara , H & M , Pull & Bear , Dan Stradivarius Di Surabaya. Agora, 9(4), 197–212.
Aprilya, T. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Nadyasfashop Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Kepercayaan Customer Di Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi, 5(1), 13–23. http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2017/01/Jurnal Cetak (01-20-17-06-48-55).pdf
Chen, H. (2018). College-Aged Young Consumers’ Perceptions of Social Media Marketing: The Story of Instagram. Journal of Current Issues & Research in Advertising, 39(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1080/10641734.2017.1372321
Cheung, M. L., Pires, G., & Rosenberger, P. J. (2020). The influence of perceived social media marketing elements on consumer–brand engagement and brand knowledge. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 32(3), 695–720. https://doi.org/10.1108/APJML-04-2019-0262
Doorn, J. Van, V. Mittal, and S. N. (2010). Customer Engagement Behavior: Theoretical Foundations and Research Directions Customer Engagement Behavior: Theoretical Foundations and Research Directions. Journal of Service Research, 13(3), 253–266. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/1094670510375599
Florenzia Extefani Esperansa Tanamal, Diana Fajarwati, D. P. H. (2022). ANALISIS PENGARUH BRAND ENGAGEMENT DAN BRAND LOVE TERHADAP BRAND EQUITY DAN PURCHASE INTENTION HANDPHONE MEREK SAMSUNG. Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(12), 2739–2752. https://doi.org/https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i12.416
Hadisumarto, A. D., & Irawan, A. D. (2020). Pengaruh Aktivitas Social Media Marketing Terhadap Brand Trust, Brand Equity, dan Brand Loyalty Pada Platform Social Media Instagram | Irawan | Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Usahawan Indonesia, 43(1), 44–58. http://www.ijil.ui.ac.id/index.php/jmui/article/view/12364
Hidayah, A. (2019). Pengaruh social media marketing terhadap brand loyalty melalui customer engagement pada wardah cosmetics (Studi pada pengikut akun instagram @wardahbeauty). Jurnal Mahasiswa FEB, 7(1), 1–17.
Hidayat, K. A., & Martini, E. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Pada Customer Engagement Dan Dampaknya Terhadap Brand Loyalty Di Buttonscarves. Jurnal Mitra Manajemen, 4(5), 679–691. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i5.383
Imam, G. (2016). Pengantar Statistik Inferensial (R. Pers (ed.)).
Iman, D., Zainul, K., & Kholid Mawardi, A. M. (2015). PENGARUH PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP KESADARAN KONSUMEN PADA PRODUK INTERNASIONAL (Studi pada Pengguna Produk Uniqlo di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 24(1), 1–9.
Jefferly Helianthusonfri. (2019). Belajar Social Media Marketing (A. I. Kelompok Gramedia (ed.)). PT Elex Media Komputindo.
Katadata. (2023). Jumlah Pengguna Internet Global Tembus 5,16 Miliar Orang pada Januari 2023. Databooks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/03/jumlah-pengguna-internet-global-tembus-516-miliar-orang-pada-januari-2023
M. Nurhaula Huddin, N. (2022). SOCIAL MEDIA MARKETING DAN CUSTOMER ENGAGEMENT TERHADAP LOYALITAS MEREK PADA AKUN INSTAGRAN INFO PANDEGLANG. Jurnal Manajemen Perusahaan, 1(2), 1–12.
Moriansyah, L. (2015). Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents Dan Consequences. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 19(3), 187–196.
Muhammad. (2017). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam: Pendekatan Kuantitatif. Rajawali Pers.
Puspitasari, F., & Gusfa, H. (2017). Strategi Promosi Online Shop melalui Sosial Media dalam Membangun Brand Engagement.“. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 115–130. http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_968488881504.pdf
Rachmadhaniyati. (2021). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT DENGAN LOYALITAS MEREK DAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Ilmu Manajemen, 9, 1124–1137.
Rojikun, A. (2022). Dampak Promosi pada Media Sosial terhadap Keterlibatan Pelanggan dan Minat Beli Pada Usaha Mikro Menengah dan Kecil. 2(1), 96–103.
Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Bumi Aksara.
Sukanda, U. F., & Riando, R. (2020). Makna Logo Pt. Eigerindo Multi Produk Industri (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Pembangunan Daerah, 7(1), 68–76. https://doi.org/10.33592/dk.v7i1.583
Vivek, Beatty, S. E., & Morgan, R. (2012). Customer Engagement: Exploring Customer Relationships Beyond Purchase. Journal of Marketing Theory and Practice, 20(2), 122–146. https://doi.org/https://doi.org/10.2753/MTP1069-6679200201
Wibowo A, S., & Dharmayanti, D. (2013). Analisa Pengaruh Content Marketing Terhadap Custumer Retention Dengan Barand Experience Dan Costumer Engagement Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Rokok Gudang GAram Di Surabaya. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.