Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaru langsung orientasi kewirausahaan terhadap inovasi dan kinerja bisnis, dan pengaruh langsung inovasi terhadap kinerja, serta inovasi sebagai mediasi. Penelitian menggunakan non-probabilty sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 67 orang. Alat analisis menggunakan Path (Path Analysis). Hasil analisis menunjukkan, bahwa orientasi kewirausahaan berpengearuh positif dan signifikan terhadap inovasi, akan tetapi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kinerja bisnis, sedangkan inovasi  secara langsung berpengaruh  positif dan signifikan terhadap kinerja, kemudian inovasi juga berfungsi sebagai mediator dalam meningkatkan kinerja bisnis.

Keywords

Orinetasi Kewirausahaan, Inovasi, Kinerja Bisnis.

Article Details

How to Cite
Indriasari, D. P. . (2023). Peran Inovasi Memediasi Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Bisnis Pada Penjahit Pakaian Di Makassar. Economics and Digital Business Review, 4(2), 315–322. https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i2.548

References

  1. Ahmatang, & Sari, N. (2022). Pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja usaha dimediasi keunggulan bersaing pada UMKM di pulau Sebatik. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen, 18(3), 492–500. https://doi.org/10.29264/jinv.v18i3.11581
  2. Amin, S., & Jaya, I. (2019). Creativity and innovation in achieving success in traditional cake businesses. Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah, 6(4), 435–444. https://doi.org/10.22437/ppd.v6i4.6395
  3. Bahri. (2019). Pengantar Kewirausahaan (untuk Mahasiswa Wirausahawan, dan Kalangan Umum), Penerbit Pustaka Baru Press, ISBN.978-602-376-293-4, Yogyakarta.
  4. Danny, F. G., & Utama, L. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Kapasitas Inovasi terhadap Kesuksesan Proyek pada Bidang Fashion. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(3), 690. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i3.9581
  5. Dirja, & Runikawati, R. (2019). Analisis Kelayakan Usaha Penangkapan Ikan dengan Payang di Desa Bandengan. Jurnal Ekonomi Perbankan Syari’ah, 11(1), 109–120. https://doi.org/10.24235/amwal.v11i1.4544
  6. Ernani, H. (2011). Kreativitas Dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil (Creativity and Innovation Affects Small Enterprise Entrepreneurship)’, Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 2011.
  7. Fauziyyah Djayadiningrat, A., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2017). PERAN INOVASI PRODUK MEMEDIASI ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN IMK SEKTOR INDUSTRI MAKANAN KOTA DENPASAR. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 9, 2017: 4978-5004 ISSN : 2302-8912, 6(9), 4978–5004. www.bps.go.id
  8. Febriansyah, A. F. (2023). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (Studi Kasus Usaha Makanan Ringan di Kota Pagar Alam). Jurnal Ekombis Review – Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 289–298.
  9. Felicetti, A. M., Corvello, V., & Ammirato, S. (2023). Digital innovation in entrepreneurial firms: a systematic literature review. In Review of Managerial Science (Issue 0123456789). Springer Berlin Heidelberg. https://doi.org/10.1007/s11846-023-00638-9
  10. Felix. (2020). ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KEMAMPUAN INOVATIF TERHADAP KINERJA UMKM, JURNAL MANAJEMEN BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN/Volume 5/No.3/Mei - 2021 : 267-272.
  11. Hafeez, M.H., Shariff, N.M., dan Lazim, B. . (2012). Relationship between Entrepreneurial Orientation, Firm Resources, SME Branding and Firm’s Performance: Is Innovation the Missing Link?. American Journal of Industrial and Business Management, (2): 153-159.
  12. Haroon Hafeez, M., Noor Mohd Shariff, M., & bin Mad Lazim, H. (2012). Relationship between Entrepreneurial Orientation, Firm Resources, SME Branding and Firm’s Performance: Is Innovation the Missing Link? American Journal of Industrial and Business Management, 02(04), 153–159. https://doi.org/10.4236/ajibm.2012.24020
  13. Hatta, I. . (2015). Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Kapabilitas Pemasaran dan Kinerja Pemasaran. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM), 13(4), 654–660. https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/815
  14. Hery. (2017). Kewirausahaan, Penerbit PT Grasindo, ISBN.978-602-452-401-2, Jakarta, 2017.
  15. Huang, K.-P., Wang, C.-H., Tseng, M.-C., & Wang, K. Y. (2010). A study on entrepreneurial orientation and resource acquisition: The effects of social capital. African Journal of Business Management, 4(15), 3226–3231.
  16. Kabukcu, E. (2015). Creativity Process in Innovation Oriented Entrepreneurship: The case of Vakko. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 1321–1329. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.307
  17. Kalil, K., & Aenurohman, E. A. (2020). Dampak Kreativitas Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Ukm Di Kota Semarang. Jurnal Penelitian Humaniora, 21(1), 69–77. https://doi.org/10.23917/humaniora.v21i1.8581
  18. Kesim, K., & Amiri, S. (2017). WOMEN ENTREPRENEURSHIP : EFFECT OF SOCIAL CAPITAL, AD-minister No. 30 january-june 2017 pp. 115 - 130 · ISSN 1692-0279 · eISSN 2256-4322. AD-Minister. https://doi.org/10.17230/ad-minister.30.6
  19. Kurniawan, I. (2020). Menguji Peran Kapabilitas Dalam Meningkatkan Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM). Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan …, 3(2), 379–391.
  20. Lucky, M., & Rosmadi, N. (2021). Inovasi dan Kreativitas Pelaku Usaha UMKM di Era Covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1), 87–94.
  21. Made Surya Artana Putra, P. Y. S. (2019). PERAN INOVASI MEMEDIASI ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN BARBERSHOP DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Manajemen, Vol. 8, No. 11, 2019 : 6804-6824 ISSN : 2302-8912, 8(11), 6804–6824.
  22. Mandiri, A., Noore, G. A., & Teknik, A. (2018). Identifikasi Inovasi dan Kinerja Bisnis dalam Meningkatkan Daya Saing Identification of Innovation and Business Performance in Enhance. 213–219.
  23. Muhammad Afrinaldy, Yesi Mutia Basri, A. R. (2022). Innovation, Entrepreneurship Orientation, Utilization of E- Commerce, and Intellectual Capital on MSME’s Perfor- mance in The Covid-19 Pandemic, Jurnal Inovasi Bisnis 1 (2022) 130-138.
  24. Naninsih, N. (2022). Manajemen Pemasaran (Konsep, Fungsi, dan Tujuan), Penerbit Media Sains Indonesia, Bandung.
  25. Ndubisi, N.O., dan Iftikhar, K. (2012). Relationship between Entrepreneurship, Innovation and Performance. Journal in Research in Marketing and Entepreneurship, 14(2): 214-236.
  26. Parkman, I.D., Holloway, S.S., dan Sebastiao, H. (2012). Creative industries: Aligning Entrepreneurial Orientation and Innovation Capacity. Journal of research in Marketing and Entrepreneurship, 14(1): 96-114.
  27. Ryiadi, N.A., dan Kerti Yasa, N. . (2016). Kemampuan Inovasi memediasi pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Produk IMK Sektor Industri makanan di Kota Denpasar. E- Jurnal Manajemen Unud, 5(3): 1951-1941.
  28. Sisi, S. (2019). Studi Kinerja UMKM Ditinjau Dari Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi: Kasus Pada Lokbin Kecamatan Cempaka Putih Jakarta Pusat. JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS, 2, 95–103. https://doi.org/10.21009/JDMB.02.2.4
  29. Sukriani, N. (2022). Pengaruh Inovasi dan Kreatifitas Terhadap Kinerja Usaha Pelaku UMKM Kuliner di Kota Pekanbaru. Jurnal Bisnis Kompetif, 42.
  30. Susanti, R. (2020). MENINGKATKAN KINERJA USAHA ( Survey pada Wirausaha Fesyen di BTC dan PGS Surakarta ). 4(1).
  31. Tang Xiao Hua, Badara Kabia, A., & Arkady, D. (2015). Creativity & Innovation a Road Map to Business Success and Growth in Sierra Leone: from Intuition to Process Management. Global Journal Of Management And Business Research:B Economics And Commerce, 15(4), 2249–4588.
  32. Tawas, C. V. D. & H. N. (2014). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning di Kota Manado”, Jurnal EMBA, Vol. 2 (3), November. Hal. 1214-1224.
  33. Tunjungsari, H. K. (2014). Dasar-Dasar Kewirausahaan: Teori dan Praktik, cetakan pertama, Penerbit PT. Indeks, ISBN.979-062-468-9, Jakarta.
  34. Wahyu, D., & Ranto, P. (2016). PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN. III(2), 1–11.
  35. Wiklund, J., & Shepherd, D. (2005). Entrepreneurial orientation and small business performance: A configurational approach. Journal of Business Venturing, 20(1), 71–91. https://doi.org/10.1016/j.jbusvent.2004.01.001
  36. Yuliani, T., Izmuddin, L., & Putri, A. (2020). Pengaruh Inovasi Dan Kreativitas Produk Terhadap Ketahanan Ekonomi Masyarakat Pada Industri Kerajinan Kapuk. EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies, 4(1), 90. https://doi.org/10.30983/es.v4i1.2074
  37. Yunita Sari, Munajat, F. P. (2021). Creativity, Innovation and Promotion Variables as Determinants of Culinary Bussiness Success in OKU Regency, Jurnal Manajemen (Edisi Elektronik), Volume 12, Issue 3, 01 October 2021, Pages. 365-379.