Main Article Content

Abstract

Perkembangan bisnis cake & bread yang pesat menyebabkan perusahaan harus mampu menyiasati kebutuhan dan keinginan konsumen dengan tepat. Demikian halnya dengan bisnis Swiss House Bakery. Perusahaan yang sudah terkenal dari tahun 1970-an. Tujuan menganalisis adanya pengaruh Inovasi Produk, Brand Image dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Swiss House Bakery Kota Semarang). Populasi konsumen yang pernah membeli roti di Swiss House Bakery Jl.Mgr Sugiyopanoto Semarang. Sampel penelitian yang dilakukan sebanyak 100 responden. Penelitian data primer dengan menggunakan metode kuesioner. Teknik sampling non-probability sampling dan metode Purpossive Sampling karena ingin menggunakan kriteria tertentu untuk menjadi sampel. Persamaan analisis regresi menunjukkan Y = 0,271X1 + 0,322X2 + 0,316X3 dengan koefisien determinasi 0,587. Hasil menjelaskan bahwa : variabel (X1) inovasi produk, variabel (X2) Brand Image dan variabel (X3) Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Swiss House Bakery.

Keywords

Inovasi Produk, Brand Image, Lokasi, Keputusan Pembelian

Article Details

How to Cite
Islamey, A. V. ., & Maskur, A. . (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Brand Image Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Swiss House Bakery Kota Semarang). Economics and Digital Business Review, 4(1), 767–774. https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i1.422

References

  1. Aldoko, D., Suharyono, & Yuliyanto, E. (2016). Pengaruh Green Marketing Terhadap Citra Merek Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi 2012/2013 Universitas Brawijaya yang Melakukan Pembelian Produk Tupperware). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 40(2), 17–23.
  2. Ardiantika, D. B. C., & Rachmi, A. (2017). Pengaruh Inovasi Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Olivia Cake And Bakery Mojokerto. Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(1), 6.
  3. Azizah, S., & Prasetio, A. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan Di Instagram, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kanz Coffee & Eatery). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 348–359.
  4. Brama Kumbara, V. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604–630. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.568
  5. Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS. Edisi Sembilan Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  6. Gustiani, Heny; Septayuda, I. (2019). Kualitas Pelayanan dan Lokasi Pemasangan Iklan Media Outdoor dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Seminar Hasil Penelitian FEB, 201–207. http://eprints.binadarma.ac.id/4151/1/Artikel Prosiding Seminar Hasil.pdf
  7. Hakim, L. (2019). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi pada Konsumen Toko Roti Modern Bakery Cukir Jombang ) PENDAHULUAN Kemajuan dibidang perekonomian telah banyak membawa perkembangan yang pesat . Perkembangan tersebut dapat dilihat dalam bidang. Journal of Business and Innovation Management, 1(1), 228–243.
  8. Harahap, L. H., Fikro, M. H., Hadian, A., & Darwis, A. (2022). Pengaruh Harga, Inovasi Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aroma Bakery SM Raja Medan Amplas.
  9. Henita, S. (2018). Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Toko Jaya Bakery di Bandar Lampung).
  10. Jasmani, J., & Sunarsi, D. (2020). The Influence of Product Mix, Promotion Mix and Brand Image on Consumer Purchasing Decisions of Sari Roti Products in South Tangerang. PINISI Discretion Review, 1(1), 165. https://doi.org/10.26858/pdr.v1i1.13409
  11. Kotler, & Amstrong. (2017). Principles of Marketing. 17 Th. New York.
  12. Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga.
  13. Kotler, P., & Keller, K. . (2016). Marketing Management (15th ed.).
  14. Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta.
  15. M. Jannah. (2019). Proses Keputusan Pembelian. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
  16. Mayangsari, D., Arifin, R., & Rahman, F. (2019). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk, Promosi Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Di Donat Kentang Malang. E – Jurnal Riset Manajemen, 29–38.
  17. Santoso, N. C., & Hidayat, W. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pembeli Produk Rotiboy di Mall Kota Semarang). Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro, 8(4), 1–12.
  18. Sugiyono. (2012). Memahami Penelitain Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
  19. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualintatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  20. Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 1–23.
  21. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  22. Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset, Yogyakarta.
  23. Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Andi Offset. Yogyakarta.
  24. Yuliana, S., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk , Persepsi Harga , Kualitas Layanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (studi pada pelanggan Sinestesa Coffeeshop pati). Journal Of Managemnt & Business, 5(1), 559–573. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1772
  25. Yulianingsih, A. (2019). Analisis Pengaruh Promosi, Lokasi, Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Roti Bakar 88 Tangerang. Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia, volume 12, 14.