Pengaruh Customer Review Dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Shopee

Main Article Content

Cindy Aurelia Hannaresa
Yulia Nur Hasanah

Abstract

Shopee merupakan salah satu pusat belanja online terbesar di Indonesia. Shopee mampu memberikan kemudahan bagi konsumen, khususnya di Indonesia untuk mendapat barang terbaru yang di inginkannya dan juga barang yang menjadi kebutuhan. Namun dibalik meningkatnya pengguna belanja online di Indonesia, masih terdapat beberapa kondisi permasalahan pelanggan yang mempengaruhi keputusan pembelian. Karena pada pembelian online, konsumen tidak dapat memeriksa barang secara langsung, hanya melalui gambar dan deskripsi yang diberikan oleh toko. Hal ini perlu dilakukan analisis mengenai faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada Shopee salah satunya yaitu customer review dan customer rating. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui dan menganalisis pengaruh customer review dan customer rating terhadap keputusan pembelian Shopee.


           Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif-kausalitas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non probability sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan jumlah responden 101 responden konsumen konsumen yang pernah melakukan pembelian produk di marketplace shopee. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda.


           Berdasarkan hasil analisis deskriptif customer review, customer rating dan keputusan pembelian termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa customer review dan customer rating secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signfikan terhadap proses keputusan pembelian pada marketplace Shopee.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hannaresa, C. A. ., & Hasanah , Y. N. . (2023). Pengaruh Customer Review Dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Shopee . Economics and Digital Business Review, 4(1), 720–726. https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i1.394