Main Article Content

Abstract

Corporate social responsibility (CSR) merupakan “klaim stakeholder agar perusahaan tidak hanya beroperasi untuk kepengtingan para pemegang saham, tapi juga untuk kemaslahatan pihak stakeholder dalam praktis bisnis, yaitu para pekerja, komunitas lokal, pemerintah, lembaga swadaya masyarakat konsumen dan lingkunga”. ISO 26000 merupakan standar internasional untuk tanggung jawab sosial dan bersifat guideline (pedoman) sehingga perusahaan harus mengembangkan strategi dan program CSR berdasarkan kondisi objektif internal dan eksternal perusahaan. Metode penelitian ini merupakan literature review atau tinjauan pustaka yang mengidentifikasi, menilai, dan mengintreprestasikan seluruh temuan-temuan pada suatu topik penelitian, untuk menjawab pertanyaan penelitian (research question) yang telah ditetapkan sebelumnya

Keywords

Corporate social responsibility, ISO 26000

Article Details

How to Cite
Sari , Y. H. . (2023). Pelaksanaan Dan Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Berbasis Pada Iso 26000. Economics and Digital Business Review, 4(1), 662–667. https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i1.388

References

  1. Nugroho. 2007. Analisis Perilaku Konsumen. Jakarta: Ghalia Indonesia.
  2. Apsari, Ayudyah Eka dan Agus Mansur. 2016. Analisis Implementasi Corporate Social Responsibility Pada Usaha Kecil Menengah Berbasis Pada ISO 26000. Vol.15 (2),
  3. Lee, S., Seo, K., & Sharma, A. (2013). Corporate social responsibility and firm performance in the airline industry: The moderating role of oil prices. Tourism Management, 38, 20-30. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2016.12.011.
  4. Marsden, C.; Andriof, J. 1998. Unfolding Stakeholder Thinking. UK: Warwick Business School.
  5. Park, E., & Kim, K.J. (2019). What drives “customer loyalty”? The role of corporate social responsibility. Sustainable Development, 27 (3), 304-311. https://doi.org/10.1002/sd.1901
  6. Prayuda, R. Z., & Praditya, R. A. (2020). Does ISO 26000 Corporate Social Responsibility Influence Company Performance?. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(1b), 83-94.
  7. Suwandi, (2017). Mengenal Corporate Social Responsibility (CSR): Teori dan Praktik. Yogyakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.
  8. Sugianto Dan Dwi Soediantono. Literature Review ISO 26000 Corporate Social Responsibility ( CSR ) dan Usulan Penerapannya Pada Industri Pertahanan.
  9. Suatma, Jasa SE, MM. 2011. Penerapan Sistem Manajemen Dalam Corporate Social Responsibility (CSR) Dan Iso 26000. Jurnal Stie Semarang : Semarang. Vol 3, No 3 , Hal 1-13.