Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Layanan Go- Food sebagai media promosi terhadap keputusan pembelian makanan dikota Makassar. 2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kualitas Layanan Go-Food terhadap keputusan pembelian Makanan dikota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa/i STIE Wira Bhakti Makassar khususnya 2019 yaitu sekitar 822 orang. Penelitian ini menguji menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji f, dan uji t untuk menguji hipotesis yang diajukan peneliti. Berdasarkan hasil penelitian secara simultan promosi digital dan kualitas pelayanan go-food berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan sebesar 0,015 < 0,05, pengujian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Variabel promosi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelia. Selanjutnya, variabel kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Keputusan pembelian pada outlet makanan dipengaruhi oleh promosi digital dan kualitas layanan go-food, hal ini dibuktikan oleh nilai R square sebesar 37,9% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Keywords

Digital Marketing, Kualitas Layanan, Keputusan Pembelian.

Article Details

How to Cite
Haris, A. . (2023). Analisis Pengaruh Promosi Digital dan Kualitas Layanan Aplikasi Go-Food Terhadap Keputusan Pembelian Makanan. Economics and Digital Business Review, 4(1), 597–610. https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i1.382

References

  1. Ahmad, I., Farzan, R., Kapadia, A., & Lee, A. J. (2020). Tangible privacy: Towards user-centric sensor designs for bystander privacy. Proceedings of the ACM on Human-Computer Interaction, 4(CSCW2), 1–28. https://doi.org/10.1145/3415187
  2. Amilia, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 660–669. https://ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/213
  3. Behera, R. K., Gunasekaran, A., Gupta, S., Kamboj, S., & Bala, P. K. (2020). Personalized digital marketing recommender engine. Journal of Retailing and Consumer Services, 53, 101799. ttps://ideas.repec.org/a/eee/joreco/v53y2020ics0969698918307987.html
  4. Borisoglebskaya, L. N., Provotorova, E. N., & Sergeev, S. M. (2019). Promotion based on digital interaction algorithm. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 537(4), 42032. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1757-899X/940/1/012056
  5. Bozhuk, S., Maslova, T., Kozlova, N., & Krasnostavskaia, N. (2019). Transformation of mechanism of sales and services promotion in digital environment. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 497(1), 12114. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1757-899X/940/1/012056
  6. Dwivedi, Y. K., Rana, N. P., Slade, E. L., Singh, N., & Kizgin, H. (2020). Editorial introduction: Advances in theory and practice of digital marketing. In Journal of Retailing and Consumer Services (Vol. 53, p. 101909). Elsevier. https://research.utwente.nl/en/publications/editorial-introduction-advances-in-theory-and-practice-of-digital
  7. Fatmaningrum, S. R., Susanto, S., & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian minuman Frestea. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(1), 176–188. https://doi.org/10.31955/mea.v4i1.270
  8. Holroyd, C. (2019). Digital content promotion in Japan and South Korea: Government strategies for an emerging economic sector. Asia & the Pacific Policy Studies, 6(3), 290–307. https://doi.org/10.1002/app5.277
  9. Husain, T., & Sani, A. (2020). Kepuasan Pelanggan Toko Online Yang Dipengaruhi Kualitas Produk Dan Layanan. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 5(2), 291–296. https://doi.org/10.33480/jitk.v5i2.614
  10. Idayati, I., Kesuma, I. M., Aprianto, R., & Suwarno, S. (2020). The Effect of Service Quality on Citizen’s Expectation Through Dimension of Tangible, Emphaty, Reliability, Responsiveness and Assurance (TERRA). SRIWIJAYA International Journal of Dynamic Economics and Business, 4(3), 241–252. https://doi.org/10.29259/sijdeb.v4i3.241-252
  11. Irawan, M. R. N. (2020). Pengaruh Kualitas produk, harga dan promosi terhadap minat beli konsumen pada PT. Satria Nusantara Jaya. Jurnal Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2), 140–156. http://dx.doi.org/10.30737/ekonika.v5i2.1097
  12. Kiran, K. U., & Arumugam, T. (2020). Role of programmatic advertising on effective digital promotion strategy: A conceptual framework. Journal of Physics: Conference Series, 1716(1), 12032. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1716/1/012032/meta
  13. Mogaji, E., Soetan, T. O., & Kieu, T. A. (2020). The implications of artificial intelligence on the digital marketing of financial services to vulnerable customers. Australasian Marketing Journal, j-ausmj. https://doi.org/10.1016%2Fj.ausmj.2020.05.003
  14. Naslund, J. A., & Aschbrenner, K. A. (2019). Digital technology for health promotion: opportunities to address excess mortality in persons living with severe mental disorders. Evidence-Based Mental Health, 22(1), 17–22. http://dx.doi.org/10.1136/ebmental-2018-300034
  15. Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh kualitas produk, citra merek, kepercayaan, kemudahan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43–53. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528
  16. Ritz, W., Wolf, M., & McQuitty, S. (2019). Digital marketing adoption and success for small businesses: The application of the do-it-yourself and technology acceptance models. Journal of Research in Interactive Marketing. https://doi.org/10.1108/JRIM-04-2018-0062
  17. Santoso, I. (2016). Peran kualitas produk dan layanan, harga dan atmosfer rumah makan cepat saji terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen. The Asian Journal of Technology Management, 15(1), 94. https://www.proquest.com/info/openurldocerror;jsessionid=76F4CFF094228777FE624808769A7225.i-024e4a70c93b25110
  18. Sharma, A., Sharma, S., & Chaudhary, M. (2020). Are small travel agencies ready for digital marketing? Views of travel agency managers. Tourism Management, 79, 104078. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2020.104078
  19. Sunardi, A. T. P., & Suprianto, E. (2020). Pengendalian Kualitas Produk Pada Proses Produksi Rib A320 Di Sheet Metal Forming Shop. Jurnal Industri Elektro Dan Penerbangan, 5(2). https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/indept/article/view/154/125
  20. Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1). https://doi.org/10.26905/jbm.v4i1.1714
  21. Zarnowiecki, D., Mauch, C. E., Middleton, G., Matwiejczyk, L., Watson, W. L., Dibbs, J., Dessaix, A., & Golley, R. K. (2020). A systematic evaluation of digital nutrition promotion websites and apps for supporting parents to influence children’s nutrition. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 17(1), 1–19. https://link.springer.com/article/10.1186/s12966-020-0915-1