Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pada PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk dengan menggunakan Metode Balanced Scorecard pada periode 2018-2020. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan kuantitaf. Hasil analisis mengenai perspektif keuangan yang dicapai oleh PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk menunjukkan bahwa kinerja keuangan yang dicapai belum baik. Dari hasil analisis perspektif pelanggan ditinjau dari Customer Statisfication terlihat bahwa PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk menunjukkan bahwa pelanggan sudah merasa puas atas pelayanan yang diberikan. Hasil analisis perspektif Proses Bisnis Internal terlihat bahwa inovasi- inovasi yang dilakukan masih bertahap sedangkan dari kinerja pelayanannya sudah baik. Selain itu dari perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran sudah memadai hal ini ditandai oleh adanya jumlah karyawan yang mengikuti pelatihan dan selain itu karyawan sudah merasa puas atas pekerjannya.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Acuña-Carvajal, F., Pinto-Tarazona, L., López-Ospina, H., Barros-Castro, R., Quezada, L., & Palacio, K. (2019). An integrated method to plan, structure and validate a business strategy using fuzzy DEMATEL and the balanced scorecard. http://jurnal.umrah.ac.id/wp-content/uploads/gravity_forms/1-ec61c9cb232a03a96d0947c6478e525e/2014/07/E-Journal-ade-afrizal.pdf
- Afrizal, A. (2013). Analisis Kinerja Perusahaan dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada Hotel Panorama Tanjungpinang). Skripsi. Tanjungpinang. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2019.01.030
- Bouranta, N., Psomas, E. L., & Pantouvakis, A. (2017). Identifying the critical determinants of TQM and their impact on company performance: Evidence from the hotel industry of Greece. The TQM Journal. https://doi.org/10.1108/TQM-11-2015-0142
- Chong, P., Ong, T., Abdullah, A., & Choo, W. (2019). Internationalisation and innovation on balanced scorecard (BSC) among Malaysian small and medium enterprises (SMEs). Management Science Letters, 9(10), 1617–1632. http://dx.doi.org/msl_2019_138.pdf
- Crick, J. M. (2019). Moderators affecting the relationship between coopetition and company performance. Journal of Business & Industrial Marketing. https://doi.org/10.1108/JBIM-03-2018-0102
- Dinçer, H., Yüksel, S., & Martinez, L. (2019). Analysis of balanced scorecard-based SERVQUAL criteria based on hesitant decision-making approaches. Computers & Industrial Engineering, 131, 1–12. https://doi.org/10.1016/j.cie.2019.03.026
- Handayani, S. (2017). Analisis Balanced Scorecard Sebagai Tolok Ukur Kinerja Perusahaan Pada Pt Pos Indonesia (Persero) Lamongan. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi (JPENSI), 2(3), 13-Halaman. https://core.ac.uk/download/pdf/294835814.pdf
- Hristov, I., Chirico, A., & Appolloni, A. (2019). Sustainability value creation, survival, and growth of the company: A critical perspective in the Sustainability Balanced Scorecard (SBSC). Sustainability, 11(7), 2119. https://doi.org/10.3390/su11072119
- Jauhariyah, N. A., Mahmudah, M., & Munadifah, E. (2015). Analisis Pengukuran Kinerja Perhotelan Dengan Pendekatan Balanced Scorecard (BSC). Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 7(1), 154–168. https://doi.org/10.30739/darussalam.v7i1.57
- Kristanto, A. T. (2019). Pengaruh political connections terhadap kinerja perusahaan. EXERO: Journal of Research in Business and Economics, 2(1), 1–21. https://doi.org/10.24071/exero.v2i1.2049
- Krylov, S. (2019). Strategic customer analysis based on balanced scorecard. Ekonomicko-Manazerske Spektrum, 13(1), 12–25. https://www.ceeol.com/search/article-detail?id=782335
- Merryana, I. C. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan Perbankan Indonesia. SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 1. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SIMBA/article/view/1130
- Nugroho, R. M., & Widiasmara, A. (2019). Pengaruh dewan direksi berdasarkan gender, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan profitabilitas terhadap kinerja perusahaan perbankan periode 2015-2017. SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 1. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SIMBA/article/view/1156
- Quezada, L. E., Reinao, E. A., Palominos, P. I., & Oddershede, A. M. (2019). Measuring performance using SWOT analysis and balanced scorecard. Procedia Manufacturing, 39, 786–793. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.01.430
- Raval, S. J., Kant, R., & Shankar, R. (2019). Benchmarking the Lean Six Sigma performance measures: a balanced score card approach. Benchmarking: An International Journal. https://doi.org/10.1108/BIJ-06-2018-0160
- Semuel, H., Siagian, H., & Octavia, S. (2017). The effect of leadership and innovation on differentiation strategy and company performance. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 237, 1152–1159. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2017.02.171
- Suartina, I. W., Swara, N. N. A. A. V., & Astiti, N. L. S. (2019). PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN MELALUI PERILAKU PRODUKTIF KARYAWAN PADA PT. TOMORROWâ€TM S ANTIQUES INDONESIA. Widya Manajemen, 1(2), 1–20. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v1i2.349
- Vanli, G. (2019). PENGARUH MOTIVASI KERJA, KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT. BUMP KOTA SOLOK). Universitas Putra Indonesia" YPTK" Padang. http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/2110
- Winarsih, W. (2016). IMPLEMENTASI BALANCE SCORECARD PADA PERUSAHAAN JASA PERHOTELAN: STUDI KASUS PADA PT. HOTEL X DI SEMARANG. Jurnal Akuntansi Indonesia, 3(2), 161–167. http://dx.doi.org/10.30659/jai.3.2.161-167
- Yuniawati, I., & Murwani, J. (2014). Analisis Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada PT Perkebunan Nusantara X Unit Pabrik Gula Lestari Kertosono). Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 3(1), 63–74 http://doi.org/10.25273/jap.v3i1.1243.
References
Acuña-Carvajal, F., Pinto-Tarazona, L., López-Ospina, H., Barros-Castro, R., Quezada, L., & Palacio, K. (2019). An integrated method to plan, structure and validate a business strategy using fuzzy DEMATEL and the balanced scorecard. http://jurnal.umrah.ac.id/wp-content/uploads/gravity_forms/1-ec61c9cb232a03a96d0947c6478e525e/2014/07/E-Journal-ade-afrizal.pdf
Afrizal, A. (2013). Analisis Kinerja Perusahaan dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada Hotel Panorama Tanjungpinang). Skripsi. Tanjungpinang. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2019.01.030
Bouranta, N., Psomas, E. L., & Pantouvakis, A. (2017). Identifying the critical determinants of TQM and their impact on company performance: Evidence from the hotel industry of Greece. The TQM Journal. https://doi.org/10.1108/TQM-11-2015-0142
Chong, P., Ong, T., Abdullah, A., & Choo, W. (2019). Internationalisation and innovation on balanced scorecard (BSC) among Malaysian small and medium enterprises (SMEs). Management Science Letters, 9(10), 1617–1632. http://dx.doi.org/msl_2019_138.pdf
Crick, J. M. (2019). Moderators affecting the relationship between coopetition and company performance. Journal of Business & Industrial Marketing. https://doi.org/10.1108/JBIM-03-2018-0102
Dinçer, H., Yüksel, S., & Martinez, L. (2019). Analysis of balanced scorecard-based SERVQUAL criteria based on hesitant decision-making approaches. Computers & Industrial Engineering, 131, 1–12. https://doi.org/10.1016/j.cie.2019.03.026
Handayani, S. (2017). Analisis Balanced Scorecard Sebagai Tolok Ukur Kinerja Perusahaan Pada Pt Pos Indonesia (Persero) Lamongan. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi (JPENSI), 2(3), 13-Halaman. https://core.ac.uk/download/pdf/294835814.pdf
Hristov, I., Chirico, A., & Appolloni, A. (2019). Sustainability value creation, survival, and growth of the company: A critical perspective in the Sustainability Balanced Scorecard (SBSC). Sustainability, 11(7), 2119. https://doi.org/10.3390/su11072119
Jauhariyah, N. A., Mahmudah, M., & Munadifah, E. (2015). Analisis Pengukuran Kinerja Perhotelan Dengan Pendekatan Balanced Scorecard (BSC). Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 7(1), 154–168. https://doi.org/10.30739/darussalam.v7i1.57
Kristanto, A. T. (2019). Pengaruh political connections terhadap kinerja perusahaan. EXERO: Journal of Research in Business and Economics, 2(1), 1–21. https://doi.org/10.24071/exero.v2i1.2049
Krylov, S. (2019). Strategic customer analysis based on balanced scorecard. Ekonomicko-Manazerske Spektrum, 13(1), 12–25. https://www.ceeol.com/search/article-detail?id=782335
Merryana, I. C. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan Perbankan Indonesia. SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 1. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SIMBA/article/view/1130
Nugroho, R. M., & Widiasmara, A. (2019). Pengaruh dewan direksi berdasarkan gender, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan profitabilitas terhadap kinerja perusahaan perbankan periode 2015-2017. SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 1. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SIMBA/article/view/1156
Quezada, L. E., Reinao, E. A., Palominos, P. I., & Oddershede, A. M. (2019). Measuring performance using SWOT analysis and balanced scorecard. Procedia Manufacturing, 39, 786–793. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.01.430
Raval, S. J., Kant, R., & Shankar, R. (2019). Benchmarking the Lean Six Sigma performance measures: a balanced score card approach. Benchmarking: An International Journal. https://doi.org/10.1108/BIJ-06-2018-0160
Semuel, H., Siagian, H., & Octavia, S. (2017). The effect of leadership and innovation on differentiation strategy and company performance. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 237, 1152–1159. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2017.02.171
Suartina, I. W., Swara, N. N. A. A. V., & Astiti, N. L. S. (2019). PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN MELALUI PERILAKU PRODUKTIF KARYAWAN PADA PT. TOMORROWâ€TM S ANTIQUES INDONESIA. Widya Manajemen, 1(2), 1–20. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v1i2.349
Vanli, G. (2019). PENGARUH MOTIVASI KERJA, KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT. BUMP KOTA SOLOK). Universitas Putra Indonesia" YPTK" Padang. http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/2110
Winarsih, W. (2016). IMPLEMENTASI BALANCE SCORECARD PADA PERUSAHAAN JASA PERHOTELAN: STUDI KASUS PADA PT. HOTEL X DI SEMARANG. Jurnal Akuntansi Indonesia, 3(2), 161–167. http://dx.doi.org/10.30659/jai.3.2.161-167
Yuniawati, I., & Murwani, J. (2014). Analisis Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada PT Perkebunan Nusantara X Unit Pabrik Gula Lestari Kertosono). Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 3(1), 63–74 http://doi.org/10.25273/jap.v3i1.1243.