Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pada PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk dengan menggunakan Metode Balanced Scorecard pada periode 2018-2020. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan kuantitaf. Hasil analisis mengenai perspektif keuangan yang dicapai oleh PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk menunjukkan bahwa kinerja keuangan yang dicapai belum baik. Dari hasil analisis perspektif pelanggan ditinjau dari Customer Statisfication terlihat bahwa PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk menunjukkan bahwa pelanggan sudah merasa puas atas pelayanan yang diberikan. Hasil analisis perspektif Proses Bisnis Internal terlihat bahwa inovasi- inovasi yang dilakukan masih bertahap sedangkan dari kinerja pelayanannya sudah baik. Selain itu dari perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran sudah memadai hal ini ditandai oleh adanya jumlah karyawan yang mengikuti pelatihan dan selain itu karyawan sudah merasa puas atas pekerjannya.

Keywords

Pengukuran Kinerja; Balanced Scorecard; Perbankan .

Article Details

How to Cite
Z , N. ., Azzahra, Q. ., Ramlawati , R. ., Suriyanti , S. ., & Mahfudnurnajamuddin , M. . (2023). Analisis Penerapan Kinerja Perbankan Menggunakan Balanced Scorecard. Economics and Digital Business Review, 4(1), 501–514. https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i1.375

References

  1. Acuña-Carvajal, F., Pinto-Tarazona, L., López-Ospina, H., Barros-Castro, R., Quezada, L., & Palacio, K. (2019). An integrated method to plan, structure and validate a business strategy using fuzzy DEMATEL and the balanced scorecard. http://jurnal.umrah.ac.id/wp-content/uploads/gravity_forms/1-ec61c9cb232a03a96d0947c6478e525e/2014/07/E-Journal-ade-afrizal.pdf
  2. Afrizal, A. (2013). Analisis Kinerja Perusahaan dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada Hotel Panorama Tanjungpinang). Skripsi. Tanjungpinang. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2019.01.030
  3. Bouranta, N., Psomas, E. L., & Pantouvakis, A. (2017). Identifying the critical determinants of TQM and their impact on company performance: Evidence from the hotel industry of Greece. The TQM Journal. https://doi.org/10.1108/TQM-11-2015-0142
  4. Chong, P., Ong, T., Abdullah, A., & Choo, W. (2019). Internationalisation and innovation on balanced scorecard (BSC) among Malaysian small and medium enterprises (SMEs). Management Science Letters, 9(10), 1617–1632. http://dx.doi.org/msl_2019_138.pdf
  5. Crick, J. M. (2019). Moderators affecting the relationship between coopetition and company performance. Journal of Business & Industrial Marketing. https://doi.org/10.1108/JBIM-03-2018-0102
  6. Dinçer, H., Yüksel, S., & Martinez, L. (2019). Analysis of balanced scorecard-based SERVQUAL criteria based on hesitant decision-making approaches. Computers & Industrial Engineering, 131, 1–12. https://doi.org/10.1016/j.cie.2019.03.026
  7. Handayani, S. (2017). Analisis Balanced Scorecard Sebagai Tolok Ukur Kinerja Perusahaan Pada Pt Pos Indonesia (Persero) Lamongan. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi (JPENSI), 2(3), 13-Halaman. https://core.ac.uk/download/pdf/294835814.pdf
  8. Hristov, I., Chirico, A., & Appolloni, A. (2019). Sustainability value creation, survival, and growth of the company: A critical perspective in the Sustainability Balanced Scorecard (SBSC). Sustainability, 11(7), 2119. https://doi.org/10.3390/su11072119
  9. Jauhariyah, N. A., Mahmudah, M., & Munadifah, E. (2015). Analisis Pengukuran Kinerja Perhotelan Dengan Pendekatan Balanced Scorecard (BSC). Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 7(1), 154–168. https://doi.org/10.30739/darussalam.v7i1.57
  10. Kristanto, A. T. (2019). Pengaruh political connections terhadap kinerja perusahaan. EXERO: Journal of Research in Business and Economics, 2(1), 1–21. https://doi.org/10.24071/exero.v2i1.2049
  11. Krylov, S. (2019). Strategic customer analysis based on balanced scorecard. Ekonomicko-Manazerske Spektrum, 13(1), 12–25. https://www.ceeol.com/search/article-detail?id=782335
  12. Merryana, I. C. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan Perbankan Indonesia. SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 1. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SIMBA/article/view/1130
  13. Nugroho, R. M., & Widiasmara, A. (2019). Pengaruh dewan direksi berdasarkan gender, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan profitabilitas terhadap kinerja perusahaan perbankan periode 2015-2017. SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 1. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SIMBA/article/view/1156
  14. Quezada, L. E., Reinao, E. A., Palominos, P. I., & Oddershede, A. M. (2019). Measuring performance using SWOT analysis and balanced scorecard. Procedia Manufacturing, 39, 786–793. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.01.430
  15. Raval, S. J., Kant, R., & Shankar, R. (2019). Benchmarking the Lean Six Sigma performance measures: a balanced score card approach. Benchmarking: An International Journal. https://doi.org/10.1108/BIJ-06-2018-0160
  16. Semuel, H., Siagian, H., & Octavia, S. (2017). The effect of leadership and innovation on differentiation strategy and company performance. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 237, 1152–1159. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2017.02.171
  17. Suartina, I. W., Swara, N. N. A. A. V., & Astiti, N. L. S. (2019). PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN MELALUI PERILAKU PRODUKTIF KARYAWAN PADA PT. TOMORROWâ€TM S ANTIQUES INDONESIA. Widya Manajemen, 1(2), 1–20. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v1i2.349
  18. Vanli, G. (2019). PENGARUH MOTIVASI KERJA, KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT. BUMP KOTA SOLOK). Universitas Putra Indonesia" YPTK" Padang. http://repository.upiyptk.ac.id/id/eprint/2110
  19. Winarsih, W. (2016). IMPLEMENTASI BALANCE SCORECARD PADA PERUSAHAAN JASA PERHOTELAN: STUDI KASUS PADA PT. HOTEL X DI SEMARANG. Jurnal Akuntansi Indonesia, 3(2), 161–167. http://dx.doi.org/10.30659/jai.3.2.161-167
  20. Yuniawati, I., & Murwani, J. (2014). Analisis Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada PT Perkebunan Nusantara X Unit Pabrik Gula Lestari Kertosono). Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 3(1), 63–74 http://doi.org/10.25273/jap.v3i1.1243.