Strategy Pengembangan Pariwisata Kabupaten Malang dengan Pendekatan GIS dan Photo Mapping

Main Article Content

Murniati Murniati

Abstract

Kabupaten Malang merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki potensi wisata cukup besar dengan luas wilayah yang cukup luas. Namun kunjungan wisatawan masih belum optimal, hal ini disebabkan oleh kurangnya informasi dan promosi yang representatif bagi wisatawan. Selain itu, kemajuan teknologi belum dimanfaatkan dengan baik terkait informasi sebaran objek wisata di Kabupaten Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui sebaran destinasi wisata di Kabupaten Malang, (2) membuat tampilan Photo Mapping - GIS untuk persebaran objek wisata di Kabupaten Malang, (3) membuat clusterisasi mengenai pengelompokan destinasi wisata dilihat dari jalan terdekat di Kabupaten Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan memplot koordinat yang dibentuk menggunakan google maps, mencari informasi objek wisata melalui media sosial objek wisata dan informasi dari Dinas Pariwisata Kabupaten Malang. Data yang digunakan adalah data Destinasi objek tujuan wisata di Kabupaten Malang dan data titik koordinat masing-masing objek wisata yang dituangkan ke dalam Peta Rupabumi Indonesia dan data deskripsi objek wisata. Berdasarkan hasil penelitian dituangkan dalam bentuk (1) peta sebaran objek wisata di Kabupaten Malang secara clusterization, (2) Photo Mapping - GIS view sebaran objek wisata di Kabupaten Malang (3 ) Peta Sebaran Tempat Wisata di Kabupaten Malang berdasarkan RTRW Kabupaten Malang. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa sebaran objek tujuan wisata di Kabupaten Malang terbagi menjadi 6 Klaster sesuai RTRW daerah tujuan wisata dilihat dari rute terdekat dengan jalan raya dan terdekat dengan Destinasi lain dengan untuk memudahkan wisatawan dalam memilih Destinasi Wisata dan jalur terdekat sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Obyek Wisata Kabupaten Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Murniati, M. (2023). Strategy Pengembangan Pariwisata Kabupaten Malang dengan Pendekatan GIS dan Photo Mapping. Economics and Digital Business Review, 4(1), 462–469. https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i1.368

References

Awaluddin, M., Ammarohman, F. J., Nugraha, A. L., Sasmito, B., & Azizah, K. (2020). Analisis Luas Pengelolaan Wilayah Laut Jawa Tengah Pada Beberapa Sistem Proyeksi Dan Sistem Koordinat. Elipsoida: Jurnal Geodesi Dan Geomatika, 3(02), 185–191.

Baja, I. S. (2012). Perencanaan Tata Guna Lahan dalam Pengembangan Wilayah. Penerbit Andi.

Idris, M., & LA, S. T. S. (2016). Strategi Pengembangan Pariwisata (Wisata Pantai Balekambang) Guna Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Malang. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri, 2(2), 1–6.

Murniati, M., Maski, G., Noor, I., & Ekawaty, M. (2021). Entrepreneurship in the Tourism Industry: Implication on Sustainable Economic Development. In Environmental, Social, and Governance Perspectives on Economic Development in Asia. Emerald Publishing Limited.

Murniati and S. Bawono. (2020). Murniati Marketing Strategy For Hotel Business: The Secret Of Improving Hotel Marketing Performance in the Tourism Industry. PT Frost Yunior.Https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=A80PEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PT3&dq=info:HXPWgiosKbMJ:scholar.google.com&ots=C_AKin3KjE&sig=8rldco_6KjcN7IuiM2QoAZ9f3tk&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Murniati, M., Maski, G., Noor, I., & Ekawaty, M. (2021). Identification of Tourism Potential and Investment Strategy-A Case Study of Banyuwangi Regency. Studies of Applied Economics, 39(12).

Murniati, M. (2022). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia dan Upah Minimum Regional terhadap Tingkat Pengangguran melalui Jumlah Investasi di Kabupaten Malang. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(2), 189–202.

Murniati, M., Maski, G., Noor, I., & Ekawaty, M. (2021a). Entrepreneurship in the Tourism Industry: Implication on Sustainable Economic Development. In Environmental, Social, and Governance Perspectives on Economic Development in Asia. Emerald Publishing Limited.

Murniati, M., Maski, G., Noor, I., & Ekawaty, M. (2021b). Identification of Tourism Potential and Investment Strategy-A Case Study of Banyuwangi Regency. Studies of Applied Economics, 39(12).

Nurwadjedi, N., Rosalina, L., & Wibisono, Y. (2019). Membangun Satu Peta Untuk Penataan Ruang. Seminar Nasional Geomatika, 3, 157–166.

Pratama, Z., Hartama, D., Lubis, M. R., Andani, S. R., & Kirana, I. O. (2020). Penerapan Metode Dijkstra untuk Menentukan Jalur Lintasan Terpendek Kota Kisaran Menuju Objek Wisata Simalungun. Resolusi: Rekayasa Teknik Informatika Dan Informasi, 1(2), 68–77.

Putri, A. M. S. (2016). Penataan Kawasan Wisata Pesisir Sendang Biru Yang Optimal Sebagai Kawasan Terintegrasi Dengan Pendekatan ICZM (Integrated Coastal Zone Management). Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Riqqi, A. (2019). Pemikiran Sistem Pembagian Lembar Peta Dan Penomoran Lembar Peta Dasar Skala Besar Di Indonesia. GEOMATIKA, 25(1), 1–8.

Rustiadi, E. (2018). Perencanaan dan pengembangan wilayah. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Sadali, M. I., Alfana, M. A. F., Intan, K., Fajar, D., & Prianggoro, A. A. (2020). Pengembangan potensi wilayah di Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo melalui pemetaan potensi wisata berbasis partisipasi. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, Dan Praktek Dalam Bidang Pendidikan Dan Ilmu Geografi, 25(1), 1–16.

Widarni, E. L., & Prestianawati, Murniati, S. A. (2020). Digital economy challenge: Innovation of technology and unemployment dilemma in Indonesia. In The Future Opportunities and Challenges of Business in Digital Era 4.0 (pp. 167–170). Routledge.

Zaenuri, M. (2012). Perencanaan Strategis Kepariwisataan Daerah: Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: E-Gov Publishing.