Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Balanced Scorecard

Main Article Content

Abd. Mansyur
Muh. Rudy
Suriyanti Suriyanti
Ramlawati Ramlawati

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja perusahaan dengan menggunakan metode Balanced Scorecard dari empat perspektif yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses internal bisnis serta pertumbuhan dan pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui metode kualitatif dan kuantitatif. Kualitatif yaitu dengan penyebaran kuisoner kepada pelanggan dan karyawan, kuantitatif yaitu dengan menggunakan rasio-rasio dari empat perspektif Balanced Scorecard. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keempat perspektif Balanced Scorecard dapat diketahui persentase yang dicapai PT. Hadji Kalla Cabang Cokroaminoto adalah 83,33% dari beberapa tolak ukur yang digunakan dengan hasil pengukuran kinerja perusahaan sangat baik. Dimana dilihat pada pespektif pelanggan yang mencapai 1134 point, pespektif proses internal bisnis mencapai 381 point dan penerapan Automatic Management System (ASM) yang merupakan sistem informasi akuntansi yang digubahkan PT. Hadji Kalla sebagai penunjang proses pelayan bagi pelanggan maupun karyawan; dan 2.135 point untuk tingkat kepuasan karyawan terhadap perusahaan, pespektif pertumbuhan dan pembelajaran dilihat dari program training untuk karyawan yang meningkat sebesar 7,53% dari tahun sebelumnya. Dari perspektif keuangan dilihat dari peningkatan laba perusahaan yaitu sebesar 156,87% dari tahun sebelumnya, ROA sebesar 7,91%, ROE sebesar 32,93%, serta TATO meningkat dari 0,6 menjadi 1,1 kali.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mansyur , A. ., Rudy , M. ., Suriyanti , S. ., & Ramlawati , R. . (2023). Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Balanced Scorecard. Economics and Digital Business Review, 4(1), 398–415. https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i1.357

References

Acuña-Carvajal, F., Pinto-Tarazona, L., López-Ospina, H., Barros-Castro, R., Quezada, L., & Palacio, K. (2019). An integrated method to plan, structure and validate a business strategy using fuzzy DEMATEL and the balanced scorecard. Expert Systems with Applications, 122, 351–368. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2019.01.030

Afrizal, A. (2013). Analisis Kinerja Perusahaan dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada Hotel Panorama Tanjungpinang). Skripsi. Tanjungpinang. http://jurnal.umrah.ac.id/wp-content/uploads/gravity_forms/1-ec61c9cb232a03a96d0947c6478e525e/2014/07/E-Journal-ade-afrizal.pdf

Bevilacqua, M., Ciarapica, F. E., & De Sanctis, I. (2017). Lean practices implementation and their relationships with operational responsiveness and company performance: an Italian study. International Journal of Production Research, 55(3), 769–794. https://doi.org/10.1080/00207543.2016.1211346

Bouranta, N., Psomas, E. L., & Pantouvakis, A. (2017). Identifying the critical determinants of TQM and their impact on company performance: Evidence from the hotel industry of Greece. The TQM Journal. https://doi.org/10.1108/TQM-11-2015-0142

Chong, P., Ong, T., Abdullah, A., & Choo, W. (2019). Internationalisation and innovation on balanced scorecard (BSC) among Malaysian small and medium enterprises (SMEs). Management Science Letters, 9(10), 1617–1632. http://dx.doi.org/msl_2019_138.pdf

Dinçer, H., Yüksel, S., & Martinez, L. (2019). Analysis of balanced scorecard-based SERVQUAL criteria based on hesitant decision-making approaches. Computers & Industrial Engineering, 131, 1–12. https://doi.org/10.1016/j.cie.2019.03.026

Firman, A., Mustapa, Z., Ilyas, G. B., & Putra, A. H. P. K. (2020). Relationship of TQM on managerial perfomance: Evidence from property sector in Indonesia. Journal of Distribution Science, 18(1), 47-57.

Garrido-Prada, P., Delgado-Rodriguez, M. J., & Romero-Jordán, D. (2019). Effect of product and geographic diversification on company performance: Evidence during an economic crisis. European Management Journal, 37(3), 269–286. https://doi.org/10.1016/j.emj.2018.06.004

Handayani, S. (2017). Analisis Balanced Scorecard Sebagai Tolok Ukur Kinerja Perusahaan Pada Pt Pos Indonesia (Persero) Lamongan. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi (JPENSI), 2(3), 13-Halaman. https://core.ac.uk/download/pdf/294835814.pdf

Hristov, I., Chirico, A., & Appolloni, A. (2019). Sustainability value creation, survival, and growth of the company: A critical perspective in the Sustainability Balanced Scorecard (SBSC). Sustainability, 11(7), 2119. https://doi.org/10.3390/su11072119

Jauhariyah, N. A., Mahmudah, M., & Munadifah, E. (2015). Analisis Pengukuran Kinerja Perhotelan Dengan Pendekatan Balanced Scorecard (BSC). Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 7(1), 154–168. https://doi.org/10.30739/darussalam.v7i1.57

Jumady, E., Sugiarto, S., & Latief, F. (2021). Management performance analysis based on total quality management principles. Point Of View Research Management, 2(1), 10-18.

Kristanto, A. T. (2019). Pengaruh political connections terhadap kinerja perusahaan. EXERO: Journal of Research in Business and Economics, 2(1), 1–21. https://doi.org/10.24071/exero.v2i1.2049

Krylov, S. (2019). Strategic customer analysis based on balanced scorecard. Ekonomicko-Manazerske Spektrum, 13(1), 12–25. https://www.ceeol.com/search/article-detail?id=782335

Nugroho, R. M., & Widiasmara, A. (2019). Pengaruh dewan direksi berdasarkan gender, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan profitabilitas terhadap kinerja perusahaan perbankan periode 2015-2017. SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 1. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SIMBA/article/view/1156

Quezada, L. E., Reinao, E. A., Palominos, P. I., & Oddershede, A. M. (2019). Measuring performance using SWOT analysis and balanced scorecard. Procedia Manufacturing, 39, 786–793. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.01.430

Raval, S. J., Kant, R., & Shankar, R. (2019). Benchmarking the Lean Six Sigma performance measures: a balanced score card approach. Benchmarking: An International Journal. https://doi.org/10.1108/BIJ-06-2018-0160

Sembiring, M. (2019). Analisis Rasio Likuiditas, Profitabilitas, Solvabilitas Dan Perputaran Persediaan Untuk Menilai Kinerja Perusahaan Retail Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Akuntansi Barelang, 4(1), 75–85. https://doi.org/10.33884/jab.v4i1.1489

Semuel, H., Siagian, H., & Octavia, S. (2017). The effect of leadership and innovation on differentiation strategy and company performance. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 237, 1152–1159. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2017.02.171

Suartina, I. W., Swara, N. N. A. A. V., & Astiti, N. L. S. (2019). PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN MELALUI PERILAKU PRODUKTIF KARYAWAN PADA PT. TOMORROWâ€TM S ANTIQUES INDONESIA. Widya Manajemen, 1(2), 1–20. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v1i2.349

Winarsih, W. (2016). IMPLEMENTASI BALANCE SCORECARD PADA PERUSAHAAN JASA PERHOTELAN: STUDI KASUS PADA PT. HOTEL X DI SEMARANG. Jurnal Akuntansi Indonesia, 3(2), 161–167. http://dx.doi.org/10.30659/jai.3.2.161-167

Yuniawati, I., & Murwani, J. (2014). Analisis Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada PT Perkebunan Nusantara X Unit Pabrik Gula Lestari Kertosono). Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 3(1), 63–74. http://doi.org/10.25273/jap.v3i1.1243