Pengaruh Citra Merek, Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Studi Pada Pengguna Iphone Di Kota Semarang)

Main Article Content

Ananda Devia Wulansari
Mulyo Budi Setiawan

Abstract

Perkembangan dunia telah membawa perubahan dalam bidang komunikasi. Komunikasi dapat dilakukan melalui smartphone. Penggunaan smartphone menjadi hal utama dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Smartphone yang beredar di masyarakat terbagi menjadi dua golongan yaitu android dan IOS. Pada jenis IOS, smartphone yang beredar dikenal dengan nama Iphone. Iphone memiliki banyak keunggulan yang diminati oleh masyarakat. Pada penelitian ini, bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek, gaya hidup, dan kelompok refrensi terhadap keputusan pembelian pada pengguna IOS terkhusus Iphone di Kota Semarang. Melalui kuesioner yang telah dibagikan kepada 140 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Untuk menganalisis dan menguji data yang telah diperoleh, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel citra merek berpengaruh signifikan dan memiliki arah hubungan positif terhadap kepitusan pembelian. Sedangkan variabel gaya hidup berpengaruh signifikan namun memiliki arah hubungan negatif terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya pada variabel kelompok refrensi tidak berpengaruh signifikan namun memiliki arah hubungan yang positif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wulansari , A. D. ., & Setiawan , M. B. . (2023). Pengaruh Citra Merek, Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Studi Pada Pengguna Iphone Di Kota Semarang). Economics and Digital Business Review, 4(1), 338–348. https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i1.350

References

Alsabiyah, T. (2019). Survei pada mahasiswa / mahasiswi Universitas Brawijaya yang menggunakan sepatu sneakers merek Converse. 106–113.

Astuti, R., & Hasbi, M. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Pada Situasi Covid 19 Di Kota Medan. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 127–135.

Baihaqi, P., Kuraesin, E., & Muniroh, L. (2021). PENGARUH GAYA HIDUP DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE. Jurnal Ekonomi Perjuangan, 4(1), 76–83. https://doi.org/10.36423/jumper.v2i1.645

Deisy, M., Lapian, J., & Mandagie, Y. (2018). Analisis Citra Merek, Harga Produk Dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Pada Seluruh Gerai  Gerai Seluler Di It Center Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 2288–2297.

Fauzi, F., & Asri, R. (2020). PENGARUH ETNOSENTRISME, CITRA MEREK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK (Studi pada Konsumen di wilayah Jakarta Barat). 6(02), 236–253.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Univeristas Diponegoro.

Hair, J. F., Anderson, R. E., Tatham, R. L., & Black, W. C. (2010). Multivariate Data Analysis with Readings. Prentice-Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Malhotra, N. K. (2006). Marketing Research An Applied Orientation. Prestice Hall.

Rakhmawati, I. Y. (2021). Pengaruh citra merek dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian produk shake herbalife. 9(2), 1244–1250.

Sarah, S. F., & Artanti, Y. (2020). Pengaruh Religiusitas dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(1), 37. https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i1.6732

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alphabet.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.