Analisis Pendapatan Dan Kelayakan Usaha Gula Aren Di Desa Bontolempangan Di Kabupaten Sinjai

Main Article Content

Abdul Hafid
Ibadurrahman Ibadurrahman

Abstract

Usaha gula aren yang dijalankan oleh masyarakat merupakan usaha yang bisa memberikan kontribusi tambahan pendapatan bagi para pelaku usahanya, mengingat gula aren merupakan salah satu produk yang sering digunakan dalam membuat makanan dan minuman. Pendapatan dari usaha gula aren di Desa Bontolempangan Kabupaten Sinjai tergantung dari seberapa besar produksi gula aren yang dihasilkan, semakin banyak gula aren yang diproduksi maka semakin besar pula pendapatan yang akan diterima. Rata-rata pendapatan dari usaha gula aren di Desa Bontolempangan sebesar 126.586 /Minggu. Dari segi kelayakan usaha, menunjukan bahwa usaha gula aren di Desa Bontolempangan layak untuk diusahakan karena para pelaku usaha mendapatkan keuntungan yang memadai sehingga dapat menjadi salah satu sumber pendapatan dalam memenuhi kebutuhan hidup, tinggal bagaimana kemudian para pelaku usaha gula aren tersebut mengelola usaha ini dengan baik, sehingga bisa lebih meningkatkan lagi pendapatannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hafid, A. ., & Ibadurrahman, I. (2023). Analisis Pendapatan Dan Kelayakan Usaha Gula Aren Di Desa Bontolempangan Di Kabupaten Sinjai. Economics and Digital Business Review, 4(1), 313–319. https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i1.345

References

Sudarsono. 1995. Pengantar Ekonomi Mikro. Jakarta. LP3ES.

Soekartawi. 2006. Analisis Usaha Tani. Jakarta: Universitas Indonesia.

Dumairy. 1999. Perekonomian Indonesia. Jakarta: Erlangga

Fikry, F., Muis, A., & Tangkesalu, D. (2019). Analisis Pendapatan Dan Kelayakan Usaha Gula Aren Di Desa Tomini Kecamatan Tomini Kabupaten Parigi Moutong. AGROTEKBIS: E-JURNAL ILMU PERTANIAN, 7(2), 280-286.

Haris, S. W., & Ridwan, M. (2020). Analisis Pendapatan Usaha Gula Aren di Desa Gantarang Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan. Perennial, 16(1), 18-25.

Suprayitno, E. (2008). Ekonomi mikro: Perspektif Islam. UIN-Maliki Press.