Comparison of Effectiveness of Digital Content Format Based on Market Perception: A Case Study of Sushi Restaurant

Main Article Content

Jimmy Pratama

Abstract

Seiring berkembangannya waktu, jumlah restoran sushi yang ada di kota Batam semakin bertambah. Ini menjadikan persaingan semakin ketat diantara restoran sushi. Setiap restoran sushi memerlukan strategi promosi yang tepat dan efektif. Salah satu strategi pemasaran yang memenuhi pasar adalah menggunakan instagram. Konten instagram seperti postingan feeds, stories, dan reels. Melihat fenomena yang terjadi, penulis ingin meneliti format konten instagram yang manakah cocok untuk meningkatkan penjualan dari sebuah restoran sushi berdasarkan persepsi pasar. Metode pengembangan format konten yang digunakan penulis adalah metode pengembangan ADDIE. Metode ADDIE digunakan agar proses perancang produk memenuhi kebutuhan fungsional dari konten yang akan dihasilkan. Untuk pengumpulan data menggunakan metode Kuantitatif. Dari hasil produk media yang telah dirancang oleh penulis akan dilakukan proses analisis data sebagai upaya pengujian terhadap perbandingan format konten oleh responden dan uji ahli media serta uji ahli isi. Hasil implementasi pada penelitian ini adalah dihasilkannya sebuah konten yang berisikan foto ataupun video yang menjadi penentu pasar mengunjungi sebuah restoran sushi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pratama, J. (2023). Comparison of Effectiveness of Digital Content Format Based on Market Perception: A Case Study of Sushi Restaurant. Economics and Digital Business Review, 4(1), 693–707. https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i1.306

References

Ananda, I. G. N. Y. A., & Wisudawati, N. N. S. (2022). The influence of social media marketing, content marketing and brand image on instagram toward buying interest (a case study on consumer at dahlia beauty salon). JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 10(1), 38–50.

Anthonia, P. V., Zahar, I., & Nizar, D. Z. (2020). Rebranding Kopi Krampoel untuk Meningkatkan Popularitasnya di Kalangan Generasi Z. Rupaka, 1(1). https://journal.untar.ac.id/index.php/Rupaka/article/view/9157

Marthian Koesprajoko Putra, Auria farantika Yogananti, A. M. S. (2021). PERANCANGAN RE-BRANDING IDENTITAS VISUAL. 2(3), 1–15.

Megadini, R., & Anggapuspa, M. L. (2021). Perancangan Feed Instagram Sebagai Media Promosi Tape Ketan Surabaya. Jurnal Barik, 3(1), 69–81. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Prajarini, D., & Sayogo, D. (2021). Pengaruh Desain Post Instagram Terhadap Minat Pembelian Produk Umkm Kedai Kopi Di Kabupaten Sleman. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(01), 187–199. https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i01.4139

Pratama, J. (2021). Analysis of Factors Affecting Trust on the Use of FinTech (P2P Lending) in Indonesia. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 10(1), 79–85. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i1.1068

Rahma, N. A., & Pujiastuti, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Cilegon [the Effectiveness of Mathematics Online Learning During the Covid-19 Pandemic in Cilegon City]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 1. https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.3811

Rizki, N., Ananda, F., & Halim, E. (2020). Purchase Intentions Short Video Reels , Study on Instagram. 28265–28284.

Sinta Dewi, N. M. N. (2022). Analysis of the Effect of Atmospherics, Food Quality, Service Quality and Other Customer on Brand Preference through Brand Image, Customer Satisfaction, and Brand Trust of Sushi Tei Restaurant Consumers at Galaxy Mall Surabaya. Journal of Economics, Finance And Management Studies, 05(03), 673–686. https://doi.org/10.47191/jefms/v5-i3-20

Yaqubi, A. Y., & Karaduman, I. (2019). The Impact of Content Marketing on Consumers ’ Purchase Intention for Home Appliances : A Study in Afghanistan. International Journal of Business and Management Invention (IJBMI), 8(02), 38–47. http://www.ijbmi.org/papers/Vol(8)2/Series. 3/G0802033847.pdf