Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh label halal, citra merek, dan harga terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening pada konsumen Ris One Bakery. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 63 orang konsumen Ris One Bakery Desa Bandar Setia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa label halal, citra merek, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dan keputusan pembelian. Minat beli juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Namun, minat beli hanya mampu menjadi variabel intervening untuk hubungan antara citra merek dan keputusan pembelian, tetapi tidak untuk hubungan antara label halal dan harga dengan keputusan pembelian.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Aji, L. I. P., & Sunyoto, A. (2020, November). An implementation of C4. 5 classification algorithm to analyze student’s performance. In 2020 3rd International Conference on Information and Communications Technology (ICOIACT) (pp. 126-130). IEEE.
- Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya:Unitomo Press. Irwan, Wibowo E A. (2021). “Pengaruh Brand Image, Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian”. Jurnal Manajemen Organisasi dan Bisnis (JMOB). Volume 1 Nomor 4: 609-624.
- Universitas Riau Kepulauan Batam. (diakses melalui: https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/JMOB/article/view/3785 ).
- Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Semarang: MODUL, Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Diakses dari https://sg.docworkspace.com/d/sICvF5JtgkYWNtQY?sa=cl
- Hasanah, I., & Fitriana, F. Pengaruh Audit Operasional dan Fungsi Sumber Daya Manusia dan Dampaknya terhadap Kinerja Guru di SMP FK Bina Muda Cicalengka: Indonesia. Accounting Research Journal, 1(1).
- Irvanto, O., &; Sujana, S. (2020). The influence of product design, product knowledge and brand awareness on the purchase interest of Eiger products. Scientific Journal of Unity Management, 8(2), 105-126.
- Islam, M. J., Rahman, A., Kabir, S., Karim, M. R., Acharjee, U. K., Nasir, M. K., & Wu, S. (2021). Blockchain-SDN-based energy-aware and distributed secure architecture for IoT in smart cities. IEEE Internet of Things Journal, 9(5), 3850-3864.
- Khuri, A. (2021). Analisis Pengaruh Citra Mrek, Kualitas Produk, Harga Dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Dengan Pengetahuan Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada Konsumen Kopi Berlian Sae Kemloko Temanggung).
- Kotler, Phillip, and Gary Armstrong. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
- Melati Fajriyani, D. (2020). Analisis Target Dan Efektivitas Penerimaan Pajak Parkir Pada Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Ujung Pandang).
- Rakhmawati, A. (2018) Pengaruh Label Halal Dan Religiusitas Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Wardah Beauty House Surabaya) Jurnal Sketsa Bisnis, Vol.5, No.1, Agustus 2018, 49-59
- Rojiati, Umi, et al. (2021). Teori Perilaku Konsumen. Edited by Ahmad Jibril, NEM.
- Saritha, I. G. A. A. M., Ajnya, D., Jatra, I. M., Yasa, N. N. K., & Riana, I. G. (2023). Brand Ambassador, Citra Merek, Dan Niat Beli: Konsep Dan Aplikasi. Cv Pena Persada.
- Sugiyono. (2017). Buku Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Jl.gegerkalong hilir Bandung. Penerbit alfabeta 3, 1–334.
- Sugiyono. (2019). Buku Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Jl.gegerkalong hilir Bandung. Penerbit alfabeta 3, 1–334.
- Tejawati, D. N. (2019). Eksistensi Pt. Sucofindo (Persero) Dalam Menjamin Kehalalan Produk Makanan Di Indonesia Melalui Sertifikasi Halal. Perspektif, 24(3), 168-176.
- Van Daffa, K., & Ratnasari, I. (2022). Pengaruh citra destinasi dan promosi terhadap kepuasan wisatawan di Puncak Sempur Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(1), 362-372.
- Wahyurini S.C. 2020 Analisis Pengaruh Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online) Vol.4, No. 1, 39-50.
References
Aji, L. I. P., & Sunyoto, A. (2020, November). An implementation of C4. 5 classification algorithm to analyze student’s performance. In 2020 3rd International Conference on Information and Communications Technology (ICOIACT) (pp. 126-130). IEEE.
Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya:Unitomo Press. Irwan, Wibowo E A. (2021). “Pengaruh Brand Image, Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian”. Jurnal Manajemen Organisasi dan Bisnis (JMOB). Volume 1 Nomor 4: 609-624.
Universitas Riau Kepulauan Batam. (diakses melalui: https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/JMOB/article/view/3785 ).
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Semarang: MODUL, Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Diakses dari https://sg.docworkspace.com/d/sICvF5JtgkYWNtQY?sa=cl
Hasanah, I., & Fitriana, F. Pengaruh Audit Operasional dan Fungsi Sumber Daya Manusia dan Dampaknya terhadap Kinerja Guru di SMP FK Bina Muda Cicalengka: Indonesia. Accounting Research Journal, 1(1).
Irvanto, O., &; Sujana, S. (2020). The influence of product design, product knowledge and brand awareness on the purchase interest of Eiger products. Scientific Journal of Unity Management, 8(2), 105-126.
Islam, M. J., Rahman, A., Kabir, S., Karim, M. R., Acharjee, U. K., Nasir, M. K., & Wu, S. (2021). Blockchain-SDN-based energy-aware and distributed secure architecture for IoT in smart cities. IEEE Internet of Things Journal, 9(5), 3850-3864.
Khuri, A. (2021). Analisis Pengaruh Citra Mrek, Kualitas Produk, Harga Dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Dengan Pengetahuan Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada Konsumen Kopi Berlian Sae Kemloko Temanggung).
Kotler, Phillip, and Gary Armstrong. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Melati Fajriyani, D. (2020). Analisis Target Dan Efektivitas Penerimaan Pajak Parkir Pada Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Ujung Pandang).
Rakhmawati, A. (2018) Pengaruh Label Halal Dan Religiusitas Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Wardah Beauty House Surabaya) Jurnal Sketsa Bisnis, Vol.5, No.1, Agustus 2018, 49-59
Rojiati, Umi, et al. (2021). Teori Perilaku Konsumen. Edited by Ahmad Jibril, NEM.
Saritha, I. G. A. A. M., Ajnya, D., Jatra, I. M., Yasa, N. N. K., & Riana, I. G. (2023). Brand Ambassador, Citra Merek, Dan Niat Beli: Konsep Dan Aplikasi. Cv Pena Persada.
Sugiyono. (2017). Buku Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Jl.gegerkalong hilir Bandung. Penerbit alfabeta 3, 1–334.
Sugiyono. (2019). Buku Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Jl.gegerkalong hilir Bandung. Penerbit alfabeta 3, 1–334.
Tejawati, D. N. (2019). Eksistensi Pt. Sucofindo (Persero) Dalam Menjamin Kehalalan Produk Makanan Di Indonesia Melalui Sertifikasi Halal. Perspektif, 24(3), 168-176.
Van Daffa, K., & Ratnasari, I. (2022). Pengaruh citra destinasi dan promosi terhadap kepuasan wisatawan di Puncak Sempur Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(1), 362-372.
Wahyurini S.C. 2020 Analisis Pengaruh Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online) Vol.4, No. 1, 39-50.