Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Tokopedia Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia. Lokasi dalam penelitian ini adalah Kampus Universitas Muslim Indonesia yang terletak dijalan Urip Sumaharjo, Panakukang, Kec. Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan dengan waktu penelitian dilaksanakan selama tiga bulan yang dimulai dari bulan November 2023 sampai dengan bulan Januari 2024. Populasi penelitian ini adalah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia yang berjumlah 2.760. Dalam pemilihan sampel peneliti menggunakan rumus slovin, sehingga jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan. Jenis data yang kami gunakan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif, sedangkan sumber data yaitu data primer. Untuk mengumpulkan data lapangan, penelitian ini menggunakan metode survei dengan cara menyebaran kusioner. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 27. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian di marketplace tokopedia.

Keywords

Harga Kualitas Produk Keputusan Pembelian

Article Details

How to Cite
Prihatin, E., Aswad, & Semmaila, B. (2025). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Tokopedia. Economics and Digital Business Review, 7(1), 79–87. https://doi.org/10.37531/ecotal.v7i1.2838

References

  1. Anggraini, E. I. (2019). Pengaruh kualitas produk dan harga Terhadap keputusan pembelian (Survei pada pembeli yang juga menggunakan kosmetik wardah di counter wardah matahari department store Malang town Square) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya)
  2. Arbaini, P. (2020). Pengaruh consumer online rating dan review terhadap keputusan pembelian pada pengguna marketplace tokopedia. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 7(1).
  3. Arianto, N., & Difa, S. A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis, 3(2).
  4. Arini, S. B. D. (2022). ANALISIS PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN PENILAIAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
  5. PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA (Studi Kasus Mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang).
  6. Bawono, Anton. 2006. Multivariate Analysis Dengan SPSS. Salatiga STAIN Press.
  7. Dewantoro, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Tokopedia (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
  8. Dwijantoro, R., Dwi, B., & Syarief, N. (2022). Pengaruh harga, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian marketplace shopee. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 63-76.
  9. FAKHROH, I. L. (2019). Pengaruh Kelengkapan Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).
  10. Ferdinand. 2002. Manajemen Pemasaran. Edidi Pert. Jakarta: Erlangga.
  11. Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan persaingan terhadap minat beli. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(3), 415-424.
  12. Istiqomah, M., & Marlena, N. (2020). Pengaruh promo gratis ongkos kirim danonline customer ratingterhadapkeputusan pembelian produkfashion. Jurnal Manajemen, 12(2), 288-298.
  13. Karundeng, N., Kalangi, J. A., & Walangitan, O. F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Home Industri Pia Deisy Desa Kapitu Kecamatan Amurang Barat. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(2), 83-90.
  14. Kayati, K. (2018). Peran Theory of Reasoned Action Terhadap MinatT Menggunakan Produk Bagi Hasil Bank Syariah. Accounthink: Journal of Accounting and Finance, 3(01).
  15. Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. 12th ed. Jakarta: Erlangga.
  16. Lapian, S. J., & Roring, F. (2018). Pengaruh kepercayaan, dan motivasi terhadap minat beli pengguna shoppe secara online pada anggota pemuda gmim zaitun mahakeret. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4).
  17. Muslim, S. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Dan Brand Image Idol K-Pop Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Perusahaan E-commerce Tokopedia) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
  18. Mutaqin, J., & Mandiri, S. S. I. (2020). Pengaruh Harga, Kepercayaan Konsumen, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Tokopedia Di Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi. STIE STAN.
  19. Nadiya, F. H., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 3).
  20. Nadya, Inneke, Yashinta Yusuf, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi,
  21. D. A. N. Bisnis, and Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2020. “Beli Ulang di e-commerce Shopee.”
  22. Nasikah, D., & Fuadi, S. (2022). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan Bertransaksi, Kepercayaan Konsumen, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia. Derivatif: Jurnal Manajemen, 16(1), 162-173.
  23. Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43–53. Https://Doi.Org/10.36987/Ecobi.V7i1.1528
  24. Probosini, D. A., Hidayat, N., & Yusuf, M. (2021). Pengaruh Promosi, Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Market Place X dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan-JBMK, 2(2), 445-458.
  25. Saputra, A. D. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Online Customer Review And Rating Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia (Studi Kasus di Universitas Muhammadiyah Surakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
  26. Sari, D. P., & Soliha, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian E-Commerce Tokopedia di Kota Semarang.