Main Article Content

Abstract

Permintaan sepeda motor terus mengalami peningkatan seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk dan mobilitas masyarakat. Dalam kondisi persaingan pasar yang semakin ketat, perusahaan dituntut untuk terus berinovasi agar mampu memenuhi kebutuhan dan preferensi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor determinan yang memengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor Yamaha NMAX di Kota Surakarta. Metode pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling selama periode Januari hingga Maret, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh variabel harga, kualitas produk, promosi, dan distribusi terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Yamaha NMAX di Kota Surakarta.

Keywords

Keputusan Pembelian Harga Kualitas Promosi Distribusi Yamaha NMAX

Article Details

How to Cite
Marzuqi, A. M., & Fardani, F. F. (2025). Analisis Faktor-Faktor Penentu Keputusan Pembelian Yamaha NMAX di Kota Surakarta. Economics and Digital Business Review, 7(1), 56–67. https://doi.org/10.37531/ecotal.v7i1.2834

References

  1. Arianto, N., & Octavia, B. D. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(2), 98–107.
  2. Asri Fajar, S., & Aziz Fathoni, L. B. H. (2015). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Lemari es merek LG di PT. Global Elektronik Banyumanik Semarang. Journal of Management, 1(1).
  3. Dananjaya, D., & Ferdian, A. (2024). Satu Dekade Yamaha NMAX, Total Penjualan Diklaim Tembus 3 Juta Unit. Kompas.Com. https://otomotif.kompas.com/read/2024/06/12/174100815/satu-dekade-yamaha-NMAX-total-penjualan-diklaim-tembus-3-juta-unit
  4. Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2012). Manajemen pemasaran analisis perilaku konsumen, edisi pertama. Penerbit: BPFE, Yogyakarta.
  5. Fandy, T. (2008). Strategi pemasaran. Yogyakarta: Andi.
  6. Hadi, H. A., & Sholihah, D. R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Motor Yamaha NMAX di Wilayah Kota Bekasi. Veteran Economics, Management & Accounting Review, 1(2), 84–97.
  7. Mailani, M., & Tanjung, Y. (2023). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha N-Max Di PT. Alfa Scorpii SM Raja Medan. Student Research Journal, 1(1), 323–338.
  8. Mishra, M., Kushwaha, R., & Gupta, N. (2024). Impact of sales promotion on consumer buying behavior in the apparel industry. Cogent Business & Management, 11(1), 2310552.
  9. Prasetyo, A. H., Suciningtyas, S., & Ningsih, D. W. (2024). Pengaruh Brand Experience, Brand Image Dan Persepsi Kualitas Terhadap Brand Loyality Melalui Mediasi Brand Trust. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 150–163.
  10. Santoso, S., & Tjiptono, F. (2001). Riset Pemasaran: konsep dan aplikasi dengan SPSS. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
  11. Setiadi, N. J. (2010). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif. Tujuan, Dan Keingina Konsumen, Kencana Prenada Media, Jakarta.
  12. Sylvia, R., & Mailiana, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Type NMAX Di Banjarmasin. Dinamika Ekonomi: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 394–408.
  13. Tjiptono, F., & Chandra, G. (2005). Manajemen kualitas jasa. Yogyakarta: Andi.
  14. Wahyudian, W., Sumarwan, U., & Hartoyo, H. (2004). Analisis Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi Kopi dan Analisis Pemetaan Beberapa Merek Kopi dan Implikasinya pada Pemasaran Kopi. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 1(1), 33–41.
  15. Zahara, R. (2024). The Effect Of Product Quality On Purchasing Decisions. Dinasti International Journal of Education Management And Social Science, 5(5), 1325–1338.