Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran lembaga pemasaran cabai rawit di Kabupaten Gorontalo, dan mengetahui biaya dan keuntungan tiap lembaga pemasaran, dan marjin pemasaran cabai rawit di Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan yaitu bulan Februari sampai dengan Bulan Maret 2025. Penelitian ini melibatkan 87 petani cabe rawit dan 56 pedagang pengumpul yang tersebar di sembilan belas Kecamatan. Metode penelitian adalah survei. Analisis yang digunakan yaitu analisis saluran pemasaran dan analisis marjin pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Saluran pemasaran cabe rawit di Kabupaten Gorontalo terdapat dua saluran yaitu (1) produsen – pedagang pengumpul – konsumen; saluran (2) produsen – konsumen. Sedangkan untuk Biaya Pemasaran pada saluran I sebesar Rp. 7.853/Kg, dan saluran II sebesar Rp. 0/Kg, Keuntungan pada saluran I sebesar Rp. 30.772/Kg , dan saluran II sebesar Rp 27.113/Kg. Dan Marjin pemasaran pada saluran I sebesar Rp 38.625/Kg, dan saluran II sebesar Rp 27.113/Kg, marjin pemasaran yang tertinggi terdapat pada saluran ke I dan marjin pemasaran terendah terdapat pada saluran ke II. Artinya semakin besar marjin Pemasaran, maka keuntungan petani semakin kecil, dan saluran pemasaran tidak efisien.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Baking, S., Wardah, S., & Amruddin, A. (2023). Analisis Marjin Pemasaran Telur Ayam Ras di Kecamatan Sinoa dan Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng. JIA (Jurnal Ilmiah Agribisnis) : Jurnal Agribisnis Dan Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian, 8(4), 314–320. https://doi.org/10.37149/jia.v8i4.816
- Berlianti, D. F., Abid, A. Al, & Ruby, A. C. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif Pendekatan Ilmiah untuk Analisis Data. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 1861–1864.
- Daffa Quthbir Robani, Dhafa Herlambang Wisanggeni, Yoga Aditiya Pratama, & Mohamad Zein Saleh. (2024). Strategi Pemasaran Global pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk : A Literarure Review. Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 4(1), 219–230. https://doi.org/10.30640/inisiatif.v4i1.3499
- Damayanti, V. (2025). Strategi Pemasaran Berkelanjutan Untuk Meningkatkan Daya Saing Pt. Sun Power Ceramics Di Era Digital : Pendekatan Inovatif Dan Praktis. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 18–45. https://doi.org/10.31955/mea.v9i1.4872
- Faezal, Permadi, I. G. A. D. E., & Nonik, H. (2023). Analisis Efisiensi Saluran Distribusi Pemasaran Cabai Merah Di Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(2), 431–442.
- Fajriyah, A., & Fuad, H. (2020). Saluran, Margin, Dan Efisiensi Pemasaran BebekPedaging Di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan. Agriscience, 1, 12–25.
- Hasrullah, E. R., Munizu, M., & Fudjaja, L. (2024). Mimbar Agribisnis : Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis Analisis Rantai Pasok , Margin dan Efisiensi Saluran Pemasaran Beras di Kabupaten Bone Analysis of Supply Chain , Margin and Efficiency of Rice Marketing Channel in Bone District. 10(1), 215–224.
- Huda, A. A., & Kurniastuti, T. (2024). Analisis Rantai Pasok (Supply Chain) Jagung Pipil. Grafting: Jurnal Ilmiah Ilmu Pertanian, 14(2), 62–68. http://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/grafting
- Muin, A. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif.
- Mukmin, M. H., Imran, S., & Indriani, R. (2021). ANALISIS SALURAN PEMASARAN CABAI RAWIT (Capsicum sp) DI DESA OMBULODATA KECAMATAN KWANDANG KABUPATEN GORONTALO UTARA. Agrinesia, 6(1), 58–63.
- Mukrima, H., Guhung, H., Latif, A., Nuraini, I., Nisa, K., Lahay, S. fitrianti, & Maysarah Isbat, S. (2024). Rantai Pasok Pada Penjualan Cabai Rawit Di Kab.Gorontalo. Journal of Development Economics and Digitalization, Tourism Economics, 1(3), 238–248. https://doi.org/10.70248/jdedte.v1i3.1151
- Paksi, T., Aspiranti, T., & Lasmanah. (2024). Pengaruh Saluran Pemasaran dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian(Studi Kasus Pada Produk Merek Madu Murni Bhimaristan di Kota Cimahi Provinsi Jawa Barat). Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan West Science, 2(1), 59–77.
- Sachlan, T. W., Tumanung, M., & Riung, C. M. (2025). Analisis Penerapan Bauran Pemasaran Produk Rumah Makan Di Kawasan Jalan Boulevard Ii Tuminting Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 13(1), 408–417.
- Solin, N. F. (2025). Aspek Pemasaran. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 3(2), 450–463. https://doi.org/10.61722/jiem.v3i2.3875
- Suhita, C. P., Nurafian, D. A., & Setyaningrum, D. (2024). Budidaya Tanaman Cabai Rawit (Capsicum frutescens L.) melalui Pemanfaatan Hormon GSA (Giberelin Sitokinin Auksin) Organik. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 6(02), 852–868. https://doi.org/10.53863/kst.v6i02.1464
- Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55
- Wideratih, A. A., Jufri, A. F., Agroekoteknologi, P. S., & Pertanian, F. (2025). Respon pertumbuhan dan hasil tanaman cabai rawit ( Capsicum frutescens l .) terhadap pemberian pupuk silika pada kondisi lengas tanah yang berbeda Response of growth and yield of cayenne. 12(2), 95–106.
- Wince Amsyah Natalia Zai, Putri Khide Talenta Mendrofa, Ardianus Berkat Saleh Waruwu, Putra Hidayat Telaumbanua, & Ayler Beniah Ndraha. (2025). Hama dan Penyakit pada Tanaman Cabai Rawit yang Dibudidayakan di dalam Polybag. Flora : Jurnal Kajian Ilmu Pertanian Dan Perkebunan, 2(1), 139–151. https://doi.org/10.62951/flora.v2i1.254
References
Baking, S., Wardah, S., & Amruddin, A. (2023). Analisis Marjin Pemasaran Telur Ayam Ras di Kecamatan Sinoa dan Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng. JIA (Jurnal Ilmiah Agribisnis) : Jurnal Agribisnis Dan Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian, 8(4), 314–320. https://doi.org/10.37149/jia.v8i4.816
Berlianti, D. F., Abid, A. Al, & Ruby, A. C. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif Pendekatan Ilmiah untuk Analisis Data. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 1861–1864.
Daffa Quthbir Robani, Dhafa Herlambang Wisanggeni, Yoga Aditiya Pratama, & Mohamad Zein Saleh. (2024). Strategi Pemasaran Global pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk : A Literarure Review. Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 4(1), 219–230. https://doi.org/10.30640/inisiatif.v4i1.3499
Damayanti, V. (2025). Strategi Pemasaran Berkelanjutan Untuk Meningkatkan Daya Saing Pt. Sun Power Ceramics Di Era Digital : Pendekatan Inovatif Dan Praktis. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(1), 18–45. https://doi.org/10.31955/mea.v9i1.4872
Faezal, Permadi, I. G. A. D. E., & Nonik, H. (2023). Analisis Efisiensi Saluran Distribusi Pemasaran Cabai Merah Di Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(2), 431–442.
Fajriyah, A., & Fuad, H. (2020). Saluran, Margin, Dan Efisiensi Pemasaran BebekPedaging Di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan. Agriscience, 1, 12–25.
Hasrullah, E. R., Munizu, M., & Fudjaja, L. (2024). Mimbar Agribisnis : Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis Analisis Rantai Pasok , Margin dan Efisiensi Saluran Pemasaran Beras di Kabupaten Bone Analysis of Supply Chain , Margin and Efficiency of Rice Marketing Channel in Bone District. 10(1), 215–224.
Huda, A. A., & Kurniastuti, T. (2024). Analisis Rantai Pasok (Supply Chain) Jagung Pipil. Grafting: Jurnal Ilmiah Ilmu Pertanian, 14(2), 62–68. http://ejournal.unisbablitar.ac.id/index.php/grafting
Muin, A. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif.
Mukmin, M. H., Imran, S., & Indriani, R. (2021). ANALISIS SALURAN PEMASARAN CABAI RAWIT (Capsicum sp) DI DESA OMBULODATA KECAMATAN KWANDANG KABUPATEN GORONTALO UTARA. Agrinesia, 6(1), 58–63.
Mukrima, H., Guhung, H., Latif, A., Nuraini, I., Nisa, K., Lahay, S. fitrianti, & Maysarah Isbat, S. (2024). Rantai Pasok Pada Penjualan Cabai Rawit Di Kab.Gorontalo. Journal of Development Economics and Digitalization, Tourism Economics, 1(3), 238–248. https://doi.org/10.70248/jdedte.v1i3.1151
Paksi, T., Aspiranti, T., & Lasmanah. (2024). Pengaruh Saluran Pemasaran dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian(Studi Kasus Pada Produk Merek Madu Murni Bhimaristan di Kota Cimahi Provinsi Jawa Barat). Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan West Science, 2(1), 59–77.
Sachlan, T. W., Tumanung, M., & Riung, C. M. (2025). Analisis Penerapan Bauran Pemasaran Produk Rumah Makan Di Kawasan Jalan Boulevard Ii Tuminting Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 13(1), 408–417.
Solin, N. F. (2025). Aspek Pemasaran. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 3(2), 450–463. https://doi.org/10.61722/jiem.v3i2.3875
Suhita, C. P., Nurafian, D. A., & Setyaningrum, D. (2024). Budidaya Tanaman Cabai Rawit (Capsicum frutescens L.) melalui Pemanfaatan Hormon GSA (Giberelin Sitokinin Auksin) Organik. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 6(02), 852–868. https://doi.org/10.53863/kst.v6i02.1464
Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55
Wideratih, A. A., Jufri, A. F., Agroekoteknologi, P. S., & Pertanian, F. (2025). Respon pertumbuhan dan hasil tanaman cabai rawit ( Capsicum frutescens l .) terhadap pemberian pupuk silika pada kondisi lengas tanah yang berbeda Response of growth and yield of cayenne. 12(2), 95–106.
Wince Amsyah Natalia Zai, Putri Khide Talenta Mendrofa, Ardianus Berkat Saleh Waruwu, Putra Hidayat Telaumbanua, & Ayler Beniah Ndraha. (2025). Hama dan Penyakit pada Tanaman Cabai Rawit yang Dibudidayakan di dalam Polybag. Flora : Jurnal Kajian Ilmu Pertanian Dan Perkebunan, 2(1), 139–151. https://doi.org/10.62951/flora.v2i1.254