Main Article Content

Abstract

Kinerja UMKM di Kota Medan mencerminkan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian lokal. Sebagai sektor yang penting dalam menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat, UMKM di Kota Medan telah menunjukkan pertumbuhan yang stabil. Mereka tidak hanya berperan dalam menciptakan kesempatan kerja bagi penduduk setempat tetapi juga menjadi tulang punggung ekonomi mikro di berbagai sektor, termasuk perdagangan, jasa, dan industri kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analis literasi digital dan layanan terhadap digitalisasi dan dampaknya kepada kinerja umkm. Adapun metode penelitian yang dilakukan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha UMKM yang bergerak di bidang kuliner yang berada di kecamatan Medan Amplas. Jadi sampel pada penelitian ini adalah pemilik usaha UMKM yang bergerak di bidang kuliner, yang berjumlah 35 orang.

Keywords

Literasi Digital Layanan Digitalisasi Kinerja UMKM

Article Details

How to Cite
Nurfatimah, S., Sugiharto, B., & Rizki, A. (2025). Analisis Literasi Digital dan Layanan Terhadap Digitalisasi dan Dampaknya Kepada Kinerja UMKM. Economics and Digital Business Review, 7(1), 12–34. https://doi.org/10.37531/ecotal.v7i1.2813

References

  1. Abu-Bader, S., & Jones, T. V. (2021). Statistical Mediation Analysis Using the Sobel Test and Hayes SPSS Process Macro. International Journal of Quantitative and Qualitative Research Methods, 9(1), 42–61.
  2. Agustin Rofi. (2023) Analisis Digitalisasi dan Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah. Seminar Nasional LPPM UMMAT Universitas Muhammadiyah Mataram. Volume 2.
  3. Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara, 65.
  4. Afrida, D., Erni, L., Fadhilatul, L., & Ahmad, F. (2021). Peran Digitalisasi Koperasi Sebagai Pendongkrak Umkm Dalam Pengembangan Ekonomi Wilayah Kota Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Pembangunan, 1(2), 151 – 158.
  5. Agustina, A., Eka, N., & Navisya, D. (2021). Peran Digital Marketing Bagi Wirausaha Pemula Di Desa Sambong Dukuh Kabupaten Jombang. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 5(2), 29 – 34.
  6. Astuti, R., Kartono, & Rahmadi. (2020). Pengembangan Umkm Melalui Digitalisasi Teknologi Dan Integrasi Akses Permodalan. Jurnal Penelitian Dan Pengabadian Kepada Masyarakat, 8(2), 248 – 256.
  7. Arif, M., & Dedi, J. (2021). Pemulihan Perekonomian Indonesia Melalui Digitalisasi Umkm Berbasis Syariah Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(2), 195 – 205.
  8. As’ad Sonief, A., Nuraini, Y., & Arief Setyabudi, S. (2019). Digitalisasi Industri Kecil Dan Produk Pertanian Daerah Upaya Untuk Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Karangbendo Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Journal Of Innovation And Applied Technology, 5(1), 842– 847.
  9. Dan, D., Seiri, I., Pada, S., Jenang, U., Kudus, A., Hikmah, N., Aziz, M. A., & Khoiriyah, N. (2020). Digitalisasi Dan Implementasi 5s (. 1(1).
  10. Diningrat, D. S., Maulana, B., & Gultom, E. S. (2017). Digitalisasi Umkm Makanan Sehat Desa Sahkuda Bayu Kabupaten Simalungun Sumatera Utara. September, 237–241.
  11. Evangeulista, G., Agustin, A., Putra, G. P. E., Pramesti, D. T., & Madiistriyatno, H. (2023). Strategi Umkm Dalam Menghadapi Digitalisasi. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 33-42
  12. Ernani Hadiyati. 2011. Kreativitas Dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan , Vol. 13 No. 1. Pp. 8-16.
  13. Emi Suwardi, (2019), Peluang Dan Hambatan Pengembangan Usaha Mikro Pada Era Ekonomi Digital, Ikraith Ekonomika Vol 2 No 2, 29-34.
  14. Fandiga, I., Khunaefi, R., & Hayatunnufus, H. (2023). Peningkatan Digitalisasi Umkm Desa Sukaratu Berbasis Inklusi Digital. Abdikarya: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(02), 99-105.
  15. Feranita, N. V., & Setiawan, H. A. (2019). Peran Keunggulan Bersaing Dalam Memediasi Dampak Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Umkm. Majalah Ilmiah Dian Ilmu, 18(1), 54-70.
  16. Gaol, M., & Eni, D. (2022). Analisis Pengaruh Entrepreneurial Networking Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Usaha Dengan Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Pemoderasi Pada Umkm Kota Medan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntasi, 13(1), 281 – 290.
  17. Hafidh, Abdul Ahmad. (2019). Pemanfaatan Digital Marketing Pada Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Industri Kuliner Di Kota Cimahi. Database Penelitian, Skripsi, Tesis Unjani, 1829 - 7188.
  18. Hague, C., & Payton, S. (2020). Digital literacy across the curriculum Key to themes: A Futurelab handbook. www.futurelab.org.uk
  19. Hair, J. F., Et Al. 2007. Multivariate Data Analysis. 6th Edition. New Jersey: Pearson Education Inc.
  20. Hasna, N. (2021, February). Pengaruh Inovasi Produk, Inovasi Proses dan Inovasi Layanan Terhadap Kinerja UMKM. In UMMagelang Conference Series (pp. 713-719).
  21. Haryanti, S. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik Pada Pt.Danarhadi Surakarta. 144-151.
  22. Hills, Gerald. 2008. “Marketing And Entrepreneur-Ship, Research Ideas And Opportunities”, Journal Of Small And Medium Entrepreneur-Ships, Page: 27- 39.
  23. Huda Nurul Et Al. 2023 Pengaruh Literasi Keuangan Dan Literasi Digital Terhadap Kinerja UMKM Kota Bima
  24. Idah, Y. M., & Pinilih, M. (2020). Strategi Pengembangan Digitalisasi Umkm. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Papers “Pengembangan Sumber Daya Pedesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan Ix,”9(1), 195–204.
  25. Jamiat, Nuslih. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Pada Umkm Sukapura Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Jurnal Administrasi, 6(1), 1 – 15.
  26. Kotler,Phillip. 2005. Manajer Pemasaran, Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Prenhallindo
  27. Keeh, Hean Tat, Mai Nguyen & Ping. 2007. “The Effects Of Entrepreneurial Orientation And Marketing Informationon The Performance Of Smes”, Journal Of Business Venturing, Page: 592-611.
  28. Musnaini, Hadion Wijoyo, Irjus Indrawan, Syahtriatna. 2020. Digipreneurship (Kewirausahaan Digital). Cv. Pena Persada.
  29. Nuraeni, F., & Rachpriliani, A. (2024). Pengaruh Layanan E-Payment dan E-Commerce terhadap Kinerja Supply Chain dalam Digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Usaha Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(3), 1695-1708.
  30. Prabowo, H. (2018). Pengembangan Ekonomi Kreatif Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Menuju Koperasi Berbasis It. Maqdis:Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 3, 17–30.
  31. Pida, Y., & Imsar, I. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan Terhadap Scale Up Bisnis Umkm Kota Medan Dalam Kerangka Maqashid Syariah. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 6(2), 2580-2305.
  32. Riptiono, S. (2023). Literasi Bisnis Digital Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Umkm. Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia Sean (Abdimas Sean), 1(02), 30-33.
  33. Sari, R. P., & Santoso, D. T. (2019). Pengembangan Model Kesiapan Umkm Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Media Teknik & Sistem Industri, 3(1), 37–42.
  34. Setiadi, D. (2020). Peran Literasi Digital dan Layanan Berbasis Teknologi dalam Peningkatan Kinerja UMKM. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 12(3), 85-96.
  35. Setiawan, B. (2018). Edukasi E-Commerce Pada Pelakuusaha Mikro , Kecil Dan. Jurnal Abdimas Mandiri, 2(2), 106–110.Setiyawan. (2013). Pengaruh Tingkat Pengetahuan Pelaku Umkm Terhadap Digitalisasi Dalam Bidang Pemasaran. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689– 1699.
  36. Situasi, A. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Desa Sobangan. 01(01), 34– 41.Wisswani, N. W. (2017). Prototype Teknologi Rantai Informasi Berbasis Web
  37. Slamet, R., Nainggolan, B., Roessobiyatno, Ramdani, H., Hendriyanto, A., & Lu’ul, I. L. 2016. Strategi Pengembangan Ukm Digital Dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Jurnal Manajemen Indonesia 16(2): 136-147.
  38. Susano Adhi. (2024) Literasi Digital Pendampingan Digitalisasi Pada Pelaku Umkm Di Kecamatan Tingkir Kota Salatiga. Jurnal Pengabdian Masyarakat (EduJPM). Volume 1, No. 1, 2024
  39. Tjandrawinata, R. R. (2016). Industri 4.0: Revolusi Industri Abad Ini Dan Pengaruhnya Pada Bidang Kesehatan Dan Bioteknologi. Jakarta: Working Paper From Dexa Medica Group.
  40. Wijoyo, H., & Widiyanti. (2020). Digitalisasi Umkm Pasca Pandemi Covid-19 Di Riau. Prosiding Sinagara: Inovasi Dalam Mewujudkan Sdg’s Pada Era Post Pandemik,