Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mempelajari tentang pengaruh Social Media Marketing, Kualitas Produk dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada toko online shop Daissy.id. Latar belakang pada penelitian ini didasarkan pada fenomena pesatnya perkembangan pemasaran melalui Social Media Marketing, pentingnya Kualitas Produk dalam mempertahankan daya saing, serta peran signifikan Online Customer Review dalam membentuk kepercayaan dan keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitin ini adalah kuantitatif dengan pengumpulan data dan melalui kuisioner yang disebarkan kepada 85 responden. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa Social Media Marketing dan Kualitas Produk secara simultan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada online shop Daissy.id. namun secara parsial, Online Customer Review memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada online shop Daissy.id. terbukti pada hasil koefisiensi regresi masing-masing variabel.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Abdillah, R. F., & Nurfadhillah, A. (2024). Dampak rating dan ulasan konsumen terhadap keputusan pembelian di e-commerce. Jurnal Ilmu Manajemen, 3031–5581.
- Auliyana. (2020). Analisis pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian hijab Rabbani (Studi Kasus Outlet Rabbani Jombang).
- Dewi, F. E., & Kartikasari, A. (2022). Pengaruh online customer review dan rating terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee (Studi Kasus Mahasiswa STIE Cendekia Bojonegoro angkatan 2017). Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis (JEMB).
- Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
- Ichsan, J. D. (2018). Pengaruh consumer online rating and review terhadap minat beli konsumen pada marketplace Tokopedia di wilayah DKI Jakarta. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 1828.
- Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen pemasaran (Edisi 12). Erlangga.
- Nainggalon, R. P. (2019). Perbaikan performa cluster k-means menggunakan sum squared error (SSE) pada analisis online customer review terhadap produk toko online. Jurnal TIMES, 1–8.
- Narottama, M. (2022). Pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 190–199.
- Pertiwi, N. B. (2020). Pengaruh pemasaran media sosial Instagram dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk hijab Elzatta Bandung. Program Studi Manajemen S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Widyatama.
- Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
- Tjiptono, F. (2015). Kewirausahaan, kinerja keuangan, dan kelanggengan bisnis. Jurnal Manajemen Indonesia, 17–26.
- Tsaqifah, D. R. (2023). The influence of social media marketing, electronic word of mouth, and brand image through social media TikTok on purchase intention of Lafiye hijab products.
- Tuten, T. L. (2008). Advertising 2.0: Social media marketing in a Web 2.0 world. Greenwood Publishing Group.
- Weinberg, T. (2009). The new community rules: Marketing on the social web. O'Reilly Media.
- Wulandari, U. S. (2023). The influence of online customer reviews and prices on product purchasing decisions fashion on the Shopee marketplace in Bekasi. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 368–377.
- Yuniwinarti, Z. Z. (2023). The influence of product quality, price and promotion on purchase decisions of hijab Rabbani Syar’i model at the Rabbani Villa Mutiara Cikarang Selatan store.
References
Abdillah, R. F., & Nurfadhillah, A. (2024). Dampak rating dan ulasan konsumen terhadap keputusan pembelian di e-commerce. Jurnal Ilmu Manajemen, 3031–5581.
Auliyana. (2020). Analisis pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian hijab Rabbani (Studi Kasus Outlet Rabbani Jombang).
Dewi, F. E., & Kartikasari, A. (2022). Pengaruh online customer review dan rating terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee (Studi Kasus Mahasiswa STIE Cendekia Bojonegoro angkatan 2017). Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis (JEMB).
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ichsan, J. D. (2018). Pengaruh consumer online rating and review terhadap minat beli konsumen pada marketplace Tokopedia di wilayah DKI Jakarta. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 1828.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen pemasaran (Edisi 12). Erlangga.
Nainggalon, R. P. (2019). Perbaikan performa cluster k-means menggunakan sum squared error (SSE) pada analisis online customer review terhadap produk toko online. Jurnal TIMES, 1–8.
Narottama, M. (2022). Pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 190–199.
Pertiwi, N. B. (2020). Pengaruh pemasaran media sosial Instagram dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk hijab Elzatta Bandung. Program Studi Manajemen S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Widyatama.
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tjiptono, F. (2015). Kewirausahaan, kinerja keuangan, dan kelanggengan bisnis. Jurnal Manajemen Indonesia, 17–26.
Tsaqifah, D. R. (2023). The influence of social media marketing, electronic word of mouth, and brand image through social media TikTok on purchase intention of Lafiye hijab products.
Tuten, T. L. (2008). Advertising 2.0: Social media marketing in a Web 2.0 world. Greenwood Publishing Group.
Weinberg, T. (2009). The new community rules: Marketing on the social web. O'Reilly Media.
Wulandari, U. S. (2023). The influence of online customer reviews and prices on product purchasing decisions fashion on the Shopee marketplace in Bekasi. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 368–377.
Yuniwinarti, Z. Z. (2023). The influence of product quality, price and promotion on purchase decisions of hijab Rabbani Syar’i model at the Rabbani Villa Mutiara Cikarang Selatan store.