Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lokasi dan promosi terhadap minat masyarakat dalam menggunakan jasa Pegadaian melalui kepuasan nasabah sebagai variabel mediasi pada PT Pegadaian (Persero) UPC Pelajar Medan. Pegadaian merupakan lembaga keuangan resmi yang menyediakan layanan pembiayaan berbasis hukum gadai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 48 responden yang diperoleh melalui teknik Slovin. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji regresi dan path analysis dengan bantuan SPSS versi 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi dan promosi secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat. Selain itu, baik lokasi maupun promosi juga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kepuasan nasabah terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap minat masyarakat dan memediasi hubungan antara lokasi serta promosi terhadap minat. Temuan ini menegaskan pentingnya peningkatan aksesibilitas layanan dan strategi promosi yang efektif untuk meningkatkan minat serta kepuasan masyarakat terhadap layanan Pegadaian.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179-188. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019
- Apriliani Kumajas ( 2022) Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan Nasabah Pt. Pegadaian ( Parser) Upc Tumpaan Skripsi Universitas Sam Ratu Langit .
- Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian. Pilar, 14(1), 15-31.
- Akbar, T. S., Fitrah, Y., & Rafli, M. (2024). Pengaruh, Persepsi Harga, Persepsi Kualitas, Dan Loyalitas Merek Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Shopee. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 3(2), 61-70.
- Bahrun, S., Alifah, S., & Mulyono, S. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Survey Pemasaran Dan Penjualan Berbasis Web. Transistor Elektro Dan Informatika, 2(2), 81–88
- Chao, E. C. T., Evans Jr, H. T., Skinner, B. J., & Milton, C. (1961). Neighborite, NaMgF3, a new mineral from the green river formation, South Ouray, Utah. American Mineralogist: Journal of Earth and Planetary Materials, 46(3-4_Part_1), 379-393.
- Chaldea, N., & Lupiyoadi, R. (2019, October). Driving Mobile Game Engagement: Factors and User Metrics. In 3rd Asia-Pacific Research in Social Sciences and Humanities Universitas Indonesia Conference (APRISH 2018) (pp. 267-274). Atlantis Press.
- Erawati Permatasari, V. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Minat Masyarakat Jasa Penggadaian Syariah Di Kota Palopo (Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Negeri (IAIN Palopo)
- Elva Masto Atu Rosada ( 2019 ) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pt Pegadaian (Persero) Cabang Kendal Skripsi Universitas Semarang.
- Faryal Musnadi Ihsan ( 2020 ) Pengaruh Lokasi Dan Promosi Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Generasi Milenial Dalam Menggunakan Jasa Pegadaian Syahrian ( Studi Masyarakat Kabupaten Aceh Barat Daya ) Skripsi Universitas Islam Negeri Ar- Raniry Banda Aceh.
- Fandy Tjiptono, Ph.D. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta
- Febdiawan, R ( 20217). Pengaruh lokasi dan pelayanan terhadap beli minat konsumen pada PT Pegadaian (parsero) syariah ups penerunan kota Bengkulu (Doctoral Dissertation , IAIN Bengkulu ).
- Fitriani, H. P., & Haryanti, S. (2016). Pengaruh penggunaan pupuk nanosilika terhadap pertumbuhan tanaman tomat (Solanum lycopersicum) var. Bulat. Buletin Anatomi Dan Fisiologi dh Sellula, 24(1), 34-41.
- Ghozali, Imam, (2018), Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS 25,Edisi 9, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
- Hasanuddin, M. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Harga Terhadap Kepuasan Nasabah Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Penjualan Logam Mulia Emas. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 4(1).
- Harahap, N. L. (2022). Pengaruh Biaya Penitipan (ujrah) dan Denda keterlambatan pelunasan produk gadai emas terhadap kepuasan nasabah gadai emas (studi kasus Pt. Pegadaian (Persero) Unit Pegadaian Syariah Sibuhuan) (Doctoral dissertation, IAIN Padang Sidempuan).
- Irnawati, Indi. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah (Study Kasus pada Masyarakat di Kecamatan Rapponici Kota Makassar)” Skripsi. Universitas Negeri Makassar.
- Indrasari, Y. (2020). Efisiensi Saluran Distribusi Pemasaran Kopi Rakyat Di Desa Gending Waluh Kecamatan Sempol (Ijen) Bondowoso. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 44-50. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.44-50.
- Ihsan, F. M. (2020). Pengaruh Lokasi, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Generasi Milenial dalam Menggunakan Jasa Pegadaian Syariah (Studi Masyarakat Kabupaten Aceh Barat Daya) (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).
- Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
- Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 3.0: From products to customers to the human spirit (pp. 139-156). Springer Singapore.
- Leonade. 2019. Konsep dasar dan Perkembangan.
- Lestari, S. I. Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Produk Dan Layanan Kredit Gadai Kca (Kredit, Cepat, Aman) Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Pt. Pegadaian Cabang Pembantu Cilacap).
- Lubis, S. W. (2021). Analisis Pengaruh Lokasi Dan Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menggadaikan Di pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak Kota Padang Sidempuan (Doctoral Dissertation, IAIN Padang Sidempuan
- Lubis, S. Serangan Cyber Dan Kebocoran Data Pada Lembaga Keuangan Syariah Pra Dan Pasca Uu No. 27 Tahun 2022 Tentang Pelindungan Data Pribadi Dan Uu No. 4 Tahun 2023 Tentang Pengembangan Dan Penguatan Sektor Keuangan (Bachelor's Thesis, Fakultas Syariah Dan Hukum Uin Syarif Hidayatullah Jakarta).
- M., Fauzi, M, A., &Sari, R. L.(2023) . Pengaruh Pengetahuan,Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minar Nasabah Menggunakan Jasa Pegadaian Syariah ( Studi Kasus Pada Pegadaian Kabupaten Kendal ) . Jurnal Rekoginisi Ekonomi Islam, (0,1) 28 – 36.
- Meryawan, I. W., & Fitriandari, M. (2024). Keputusan Penggunaan Aplikasi E-Commerce Tokopedia: Dampak Dari Brand Image Kepercayaan Dan Lifestyle (Studi Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi). Jurnal AKSES, 16(01), 23-43.
- Maulida, W. U., Andari, T. T., & Yulianingsih, Y. (2024). Pengaruh Brand Trust, Customer Value dan Customer Experience terhadap Customer Satisfaction pada CV. Syifa Adventure. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 4(3), 1023-1035.
- Martosuyono, P., Fawzya, Y. N., Patantis, G., & Sugiyono, S. (2019). Enzymatic production of fish protein hydrolysates in a pilot plant scale. Squalen Bulletin of Marine and Fisheries Postharvest and Biotechnology, 14(2), 85-92.
- Ningsih, G. N. G., Dayyan, M., & Nurjanah, N. (2019). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Berinvestasi Logam Mulia Di Pegadaian Syariah Langsa Barat. Ihtiyath: Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 3(1).
- Nabila, H. (2023). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menabung Pada Bank Syariah Di Kecamatan Medan Sunggal (Doctoral Dissertation, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Sumatera Utara).
- Nur, A. C. (2023). Pengaruh Pengetahuan Dan Lokasi Terhadap Minat Masyarakat Desa Barowa Menggunakan Produk Gadai Emas Di Bank Syariah Indonesia Kcp Palopo Ratulangi (Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Negeri (Iain) Palopo).
- Nurhandayani, P. (2022). Pengaruh People, Process Dan Physical Evidence Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pt Bank Syariah Indonesia Kcp Jakarta Koja 2) (Doctoral Dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).
- Nasir, F. (2019). Pengaruh Promosi, Pengetahuan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Jasa Rahn Pada Kantor Pt Pegadaian Syariah Pasar Baru Bantaeng (Doctoral Dissertation).
- Nursid Sumaatmadja, 1981. Studi Geografi : Suatu Pendekatan dan Analisa Keruangan. Bandung : Alumni.
- Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 1(1), 128.
- Ogugua, N. M., & Eyo, J. E. (2007). Finfish feed technology in Nigeria.
- Rinaldi, Y., Samsir, S., & Widayatsari, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Melalui Minat Nasabah Pada Pt. Pegadaian. Eklektik: Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 5(1), 1-11.
- Rina, R. C. L. R. J., & Hariyadi, M. (2016). Pengaruh Pencantuman Label Halal Terhadap Minat Beli Luwak White Coffe Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas 17Agustus 1945 Samarinda. Ekonomia, 5(3), 94-100.
- Ruhaniah, N, Tanjung, H, G, Hakiem, H. ( 2022) Pengaruh Promosi Kualitas Pelayanan, Dan Implementasi Syahriah Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Jasa Pegadaian Syahriah. El -Mal . Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(1), 60-69.
- Risya., S.K. ( 2023 ) Pengaruh Promosi Dan Reputasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tabungan Emas Pegadaian ( Studi Pada Nasabah Tabungan Emas Pegadaian Syariah Cabang Radin Intan Lampung ).
- Rinaldi, Y., Samsir, S., & Widayatsari, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Melalui Minat Nasabah Pada Pt. Pegadaian. Eklektik: Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 5(1) 11-11.
- Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D . Bandung: Alfabeta.
- Saputri, N., & Sa’adah, N. (2021). Pengembangan Minat Dan Bakat Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakur ikulernu. Taujihat : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2).
- Saleh, A., Kusmita, A., Romadhon, M. L., Nurhandayani, P. H., Pramudya, R. H., & Verina, V. (2022). Ecobrick Solusi Cerdas Mengurangi Sampah Plastik Di Pekon Sinar Banten Kecamatan Talang Padang. Buguh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 106-110.
- Syahendra, F. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menggunakan Produk Arrum Haji Pegadaian Syariah Cabang Banda Aceh (Doctoral Dissertation, Uin Ar-Raniry).
- Telaumbanua. M. F., & Laia, O. ( 2023 ). Pengaruh Strategi Marketing Digital Terhadap Peningkatan Minat Nasabah Pada Produk Tabungan Emas Di PT. Pegadaian Diponegoro Jurnal EMBA. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen Bisnis Dan Akuntansi 11(4), 491-499.
- Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa –Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.
- Ullah Khan, S., Saleh, T. A., Wahab, A., Khan, M. H. U., Khan, D., Ullah Khan, W., ... & Fahad, S. (2018). Nanosilver: new ageless and versatile biomedical therapeutic scaffold. International journal of nanomedicine, 733-762.
- Wahyudin (2021) Pengaruh Pengetahuan, Lokasi, Promosi, Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Di Bank Syahrian Skripsi Universitas Negeri Palopo
- Yakin, I. H., Supriatna, U., Rusdian, S., & Global Akademia, M. (2023). Metodologi Penelitian (Kuantitatif & Kualitatif). Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents.
- Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2018). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm (7th ed.). McGraw-Hill Education.
References
Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179-188. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019
Apriliani Kumajas ( 2022) Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan Nasabah Pt. Pegadaian ( Parser) Upc Tumpaan Skripsi Universitas Sam Ratu Langit .
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian. Pilar, 14(1), 15-31.
Akbar, T. S., Fitrah, Y., & Rafli, M. (2024). Pengaruh, Persepsi Harga, Persepsi Kualitas, Dan Loyalitas Merek Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Shopee. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 3(2), 61-70.
Bahrun, S., Alifah, S., & Mulyono, S. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Survey Pemasaran Dan Penjualan Berbasis Web. Transistor Elektro Dan Informatika, 2(2), 81–88
Chao, E. C. T., Evans Jr, H. T., Skinner, B. J., & Milton, C. (1961). Neighborite, NaMgF3, a new mineral from the green river formation, South Ouray, Utah. American Mineralogist: Journal of Earth and Planetary Materials, 46(3-4_Part_1), 379-393.
Chaldea, N., & Lupiyoadi, R. (2019, October). Driving Mobile Game Engagement: Factors and User Metrics. In 3rd Asia-Pacific Research in Social Sciences and Humanities Universitas Indonesia Conference (APRISH 2018) (pp. 267-274). Atlantis Press.
Erawati Permatasari, V. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Minat Masyarakat Jasa Penggadaian Syariah Di Kota Palopo (Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Negeri (IAIN Palopo)
Elva Masto Atu Rosada ( 2019 ) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pt Pegadaian (Persero) Cabang Kendal Skripsi Universitas Semarang.
Faryal Musnadi Ihsan ( 2020 ) Pengaruh Lokasi Dan Promosi Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Generasi Milenial Dalam Menggunakan Jasa Pegadaian Syahrian ( Studi Masyarakat Kabupaten Aceh Barat Daya ) Skripsi Universitas Islam Negeri Ar- Raniry Banda Aceh.
Fandy Tjiptono, Ph.D. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta
Febdiawan, R ( 20217). Pengaruh lokasi dan pelayanan terhadap beli minat konsumen pada PT Pegadaian (parsero) syariah ups penerunan kota Bengkulu (Doctoral Dissertation , IAIN Bengkulu ).
Fitriani, H. P., & Haryanti, S. (2016). Pengaruh penggunaan pupuk nanosilika terhadap pertumbuhan tanaman tomat (Solanum lycopersicum) var. Bulat. Buletin Anatomi Dan Fisiologi dh Sellula, 24(1), 34-41.
Ghozali, Imam, (2018), Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS 25,Edisi 9, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasanuddin, M. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Harga Terhadap Kepuasan Nasabah Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Penjualan Logam Mulia Emas. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 4(1).
Harahap, N. L. (2022). Pengaruh Biaya Penitipan (ujrah) dan Denda keterlambatan pelunasan produk gadai emas terhadap kepuasan nasabah gadai emas (studi kasus Pt. Pegadaian (Persero) Unit Pegadaian Syariah Sibuhuan) (Doctoral dissertation, IAIN Padang Sidempuan).
Irnawati, Indi. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah (Study Kasus pada Masyarakat di Kecamatan Rapponici Kota Makassar)” Skripsi. Universitas Negeri Makassar.
Indrasari, Y. (2020). Efisiensi Saluran Distribusi Pemasaran Kopi Rakyat Di Desa Gending Waluh Kecamatan Sempol (Ijen) Bondowoso. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 44-50. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.44-50.
Ihsan, F. M. (2020). Pengaruh Lokasi, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Generasi Milenial dalam Menggunakan Jasa Pegadaian Syariah (Studi Masyarakat Kabupaten Aceh Barat Daya) (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).
Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 3.0: From products to customers to the human spirit (pp. 139-156). Springer Singapore.
Leonade. 2019. Konsep dasar dan Perkembangan.
Lestari, S. I. Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Produk Dan Layanan Kredit Gadai Kca (Kredit, Cepat, Aman) Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Pt. Pegadaian Cabang Pembantu Cilacap).
Lubis, S. W. (2021). Analisis Pengaruh Lokasi Dan Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menggadaikan Di pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak Kota Padang Sidempuan (Doctoral Dissertation, IAIN Padang Sidempuan
Lubis, S. Serangan Cyber Dan Kebocoran Data Pada Lembaga Keuangan Syariah Pra Dan Pasca Uu No. 27 Tahun 2022 Tentang Pelindungan Data Pribadi Dan Uu No. 4 Tahun 2023 Tentang Pengembangan Dan Penguatan Sektor Keuangan (Bachelor's Thesis, Fakultas Syariah Dan Hukum Uin Syarif Hidayatullah Jakarta).
M., Fauzi, M, A., &Sari, R. L.(2023) . Pengaruh Pengetahuan,Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minar Nasabah Menggunakan Jasa Pegadaian Syariah ( Studi Kasus Pada Pegadaian Kabupaten Kendal ) . Jurnal Rekoginisi Ekonomi Islam, (0,1) 28 – 36.
Meryawan, I. W., & Fitriandari, M. (2024). Keputusan Penggunaan Aplikasi E-Commerce Tokopedia: Dampak Dari Brand Image Kepercayaan Dan Lifestyle (Studi Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi). Jurnal AKSES, 16(01), 23-43.
Maulida, W. U., Andari, T. T., & Yulianingsih, Y. (2024). Pengaruh Brand Trust, Customer Value dan Customer Experience terhadap Customer Satisfaction pada CV. Syifa Adventure. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 4(3), 1023-1035.
Martosuyono, P., Fawzya, Y. N., Patantis, G., & Sugiyono, S. (2019). Enzymatic production of fish protein hydrolysates in a pilot plant scale. Squalen Bulletin of Marine and Fisheries Postharvest and Biotechnology, 14(2), 85-92.
Ningsih, G. N. G., Dayyan, M., & Nurjanah, N. (2019). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Berinvestasi Logam Mulia Di Pegadaian Syariah Langsa Barat. Ihtiyath: Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 3(1).
Nabila, H. (2023). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menabung Pada Bank Syariah Di Kecamatan Medan Sunggal (Doctoral Dissertation, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Sumatera Utara).
Nur, A. C. (2023). Pengaruh Pengetahuan Dan Lokasi Terhadap Minat Masyarakat Desa Barowa Menggunakan Produk Gadai Emas Di Bank Syariah Indonesia Kcp Palopo Ratulangi (Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Negeri (Iain) Palopo).
Nurhandayani, P. (2022). Pengaruh People, Process Dan Physical Evidence Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pt Bank Syariah Indonesia Kcp Jakarta Koja 2) (Doctoral Dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).
Nasir, F. (2019). Pengaruh Promosi, Pengetahuan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Jasa Rahn Pada Kantor Pt Pegadaian Syariah Pasar Baru Bantaeng (Doctoral Dissertation).
Nursid Sumaatmadja, 1981. Studi Geografi : Suatu Pendekatan dan Analisa Keruangan. Bandung : Alumni.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 1(1), 128.
Ogugua, N. M., & Eyo, J. E. (2007). Finfish feed technology in Nigeria.
Rinaldi, Y., Samsir, S., & Widayatsari, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Melalui Minat Nasabah Pada Pt. Pegadaian. Eklektik: Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 5(1), 1-11.
Rina, R. C. L. R. J., & Hariyadi, M. (2016). Pengaruh Pencantuman Label Halal Terhadap Minat Beli Luwak White Coffe Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas 17Agustus 1945 Samarinda. Ekonomia, 5(3), 94-100.
Ruhaniah, N, Tanjung, H, G, Hakiem, H. ( 2022) Pengaruh Promosi Kualitas Pelayanan, Dan Implementasi Syahriah Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Jasa Pegadaian Syahriah. El -Mal . Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(1), 60-69.
Risya., S.K. ( 2023 ) Pengaruh Promosi Dan Reputasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tabungan Emas Pegadaian ( Studi Pada Nasabah Tabungan Emas Pegadaian Syariah Cabang Radin Intan Lampung ).
Rinaldi, Y., Samsir, S., & Widayatsari, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Melalui Minat Nasabah Pada Pt. Pegadaian. Eklektik: Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 5(1) 11-11.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D . Bandung: Alfabeta.
Saputri, N., & Sa’adah, N. (2021). Pengembangan Minat Dan Bakat Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakur ikulernu. Taujihat : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2).
Saleh, A., Kusmita, A., Romadhon, M. L., Nurhandayani, P. H., Pramudya, R. H., & Verina, V. (2022). Ecobrick Solusi Cerdas Mengurangi Sampah Plastik Di Pekon Sinar Banten Kecamatan Talang Padang. Buguh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 106-110.
Syahendra, F. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menggunakan Produk Arrum Haji Pegadaian Syariah Cabang Banda Aceh (Doctoral Dissertation, Uin Ar-Raniry).
Telaumbanua. M. F., & Laia, O. ( 2023 ). Pengaruh Strategi Marketing Digital Terhadap Peningkatan Minat Nasabah Pada Produk Tabungan Emas Di PT. Pegadaian Diponegoro Jurnal EMBA. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen Bisnis Dan Akuntansi 11(4), 491-499.
Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa –Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.
Ullah Khan, S., Saleh, T. A., Wahab, A., Khan, M. H. U., Khan, D., Ullah Khan, W., ... & Fahad, S. (2018). Nanosilver: new ageless and versatile biomedical therapeutic scaffold. International journal of nanomedicine, 733-762.
Wahyudin (2021) Pengaruh Pengetahuan, Lokasi, Promosi, Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Di Bank Syahrian Skripsi Universitas Negeri Palopo
Yakin, I. H., Supriatna, U., Rusdian, S., & Global Akademia, M. (2023). Metodologi Penelitian (Kuantitatif & Kualitatif). Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents.
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2018). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm (7th ed.). McGraw-Hill Education.