Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Visual Konten dan Engagement Pengguna terhadap Brand Awareness pada Instagram @minyakkarolaucih. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aktif Instagram yang pernah melihat konten akun @minyakkarolaucih, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden menggunakan teknik non-probability sampling jenis purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa variabel Kualitas Visual Konten dan Engagement Pengguna secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Brand Awareness. Hasil ini ditunjukkan oleh nilai Fhitung > Ftabel yaitu 228,283 > 3,09 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 (Sig. < α). Uji koefisien determinasi menunjukkan nilai R² sebesar 0,826 yang berarti kedua variabel bebas berpengaruh terhadap Brand Awareness sebesar 82,6% dan sisanya 17,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Secara parsial, Kualitas Visual Konten berpengaruh signifikan terhadap Brand Awareness dengan nilai Thitung = 9,057 > Ttabel = 1,98498, sedangkan Engagement Pengguna tidak berpengaruh signifikan dengan nilai Thitung = 1,268 < Ttabel = 1,98498. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari Kualitas Visual Konten, dan secara simultan kedua variabel berkontribusi terhadap peningkatan Brand Awareness pada Instagram @minyakkarolaucih.

Keywords

Kualitas Visual Konten, Engagement Pengguna, Brand Awareness.

Article Details

How to Cite
Sukur, I. F. ., & Haryadi, H. (2025). Peran Kualitas Visual Konten Dan Engagement Pengguna Terhadap Brand Awareness Pada Instagram @minyakkarolaucih. Economics and Digital Business Review, 6(2), 1265–1278. Retrieved from https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/view/2728

References

  1. Akhmad, S. P., & Sarah, I. S. (2020). Peran Konten Post Instagram Terhadap Keterlibatan Pelanggan Secara Daring Pada Industri Kosmetik Di Indonesia. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) Ke-6, 6(1), 412–419.
  2. Apriliansyah, M. (2024). Pengaruh Kualitas Konten Media Sosial Terhadap Brand The Influence Of Social Media Content Quality On Brand awareness In Chery Motor Indonesia. Jurnal Sekretari & Administrasi (Serasi), 22(2), 139–147.
  3. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosudur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
  4. Asy’ari, A., Nurhidayati, S., & Jubaidah, W. (2024). Pengaruh Copywriting , Kualitas Visual Konten Pemasaran Dan Informasi Produk Terhadap Minat Beli Pengguna Instagram Pada Produk Laptop Asus. Universitas Muhammadiyah Berau, 1–12.
  5. Az-zahra, N. A., & Soepatini. (2024). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Brand Awareness, Perceived Quality, Dan Brand Image Terhadap Attachment To Festival Destination Dengan Brand Loyalty Sebagai Variabel Intervening Pada Solo Great Sale. Edunomika, 08(02), 1–17.
  6. Azhari, M. H. (2024). Peran Visual dalam Meningkatkan Engagement Pengguna di Situs Web Berita. Jurnal Komunitas Literasi, 1–10.
  7. Dafa, P. M., & Hariyanti, P. (2021). Efektivitas Penggunaan Instagram Stories Pada Akun @ male . id Terhadap Pembentukan Brand awareness dan Minat Beli di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Indonesia The Effectiveness Of Using Instagram Stories On @ male . id ’ s Account For The Formation. Jurnal Mahasiswa Komunikasi Cantrik, 1(1), 41–54.
  8. Ditta, F., & Fitriani, Y. (2023). Statistika Dasar untuk Pemula. In Angewandte Chemie International Edition.Purwokerto: Pena Persada Kerta Utama.
  9. Elisabeth, Maria, Olivia Putri Anggoro, Pranata B. L. Lexi 2020. “Pengaruh Komunikasi Dan Konten Visual Dalam Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Fotografi Di Sweetescape Jakarta [Effect Of Visual Communication And Content In Social Media Services Instagram Buying 58 Decisions SweetEscape Photography In Jakarta].” Hasil Penelitian Jurnal Hospitality Dan Pariwisata 6(2):56–105. doi: 10.30813/.v6i2.2415
  10. Erwin, Suade, Y. K. M., Tanesia, C. Y., Sharon, S., & Maichal. (2023). Customer Engagement Usaha Kuliner; Kontribusi Marketing Content dan Efek Viral Marketing Campaigns. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 6(3), 383–397. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v6i3.285
  11. Fahimah, M., & Ningsih, L. A. (2022). Strategi Content Marketing dalam Membangun Customer Engagement. Benchmark, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.46821/benchmark.v3i1.283
  12. Fajar Ansari, N., Samad A, A., & Yumanizar. (2022). Pengaruh Elemen Visual dan Jenis Konten Pada Instagram @Tapada_Id Dalam Meningkatkan Brand awareness dan Minat Beli di CV. Tapada Berkah Bersama. Journals of Social, Science, and Engineering, 1(1), 17–21.
  13. Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek. Surabaya: Penerbit Qiara Media.
  14. Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 (10th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. https://www.scribd.com/document/785893656/Ghozali-2021
  15. Haidar, N. F., & Martadi. (2021). Analisis Konten Visual Post Instagram Riliv Dalam Membentuk Customer Engagement. Jurnal Barik, 2(2), 121–134. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
  16. Hanindharputri, M. A., Ariesta, I. G. B. B. B., & Utami, S. (2022). Konten Visual Instagram Sebagai Upaya Branding Desa Wisata Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Bahasa Rupa, 6(1), 90–98. https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v6i1.1079
  17. Hosany, S., Hunter-Jones, P., & McCabe, S. (2020). Emotions in tourist experiences: Advancing our conceptual, methodological and empirical understanding. Journal of Destination Marketing and Management, 16(May). https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2020.100444
  18. Khairunnisa, & Asyari, H. (2024). Strategi Penggunaan Content Marketing Pada Pengguna TikTok dan Instagram Berdasarkan Audience Behaviour di Perusahaan X. Jurnal Vokasi Indonesia, 12(1).
  19. Khalil, I., Shihab, M. S., & Hammad. (2023). Pengaruh Konten dan Copywriting Instagram Terhadap Brand awareness dan Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 13(3), 307–317.
  20. Kurniawan, A. (2023). Statistik Praktis untuk Developer dan Data Science. Ilmu Data Publisher.
  21. Kusdianti, S. E., & Wilujeng, I. P. (2023). Customer Engagement Memediasi Content Marketing Terhadap Brand awareness pada Online Travel Agent. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 4(02), 171–184. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v4i02.323
  22. Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda (Studi Kasus Penyusunan Persamaan Allometrik Kenari Muda [Canarium Indicum L.]). Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(September 2020), 333–342.
  23. Maulana, A. (2022). Analisis Validtas, Reliabilitas, dan Kelayakan Instrumen Penilaian Rasa Percaya Diri Siswa. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(3), 133–139. https://doi.org/10.51651/jkp.v3i3.331
  24. Muflichah, I., & Muslichah, I. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Konten Media Sosial Merek terhadap Kesadaran Merek dan Niat Pembelian pada Merek Fashion Muslim. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(06), 251–272.
  25. Prajarini, D., & Sayogo, D. (2021). Pengaruh Desain Post Instagram Terhadap Minat Pembelian Produk Umkm Kedai Kopi Di Kabupaten Sleman. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(01), 187–199. https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i01.4139
  26. Puspitasari, F. (2024). Analisis Desain Konten Visual Terhadap Performa Instagram Universitas Utpadaka. Creativa Scientia, 1, 45–62.
  27. Saputra, A. B., Savitri, C., & Faddila, S. P. (2024). The Influence Of Brand Image And Brand awareness On Purchase Decisions At Tokopedia Market Place On Kahf Skincare Products Among Gen Z. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 4221–4234.
  28. Sasabilah, F., Nasution, A. A., & Pentana, S. (2024). Pengaruh Brand Engagement Terhadap Brand awareness dan Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Brand Equity Pada PT. Kimia Farma Tbk Medan. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ilmu Manajemen (JASMIEN), 4(2), 102–118. https://journal.cattleyadf.org/index.php/Jasmien/Index
  29. Suciawan, C. C., & Melinda, T. (2022). Pengaruh Brand awareness Dan Brand Trust Terhadap Niat Beli Konsumen Baticue. Performa, 7(4). https://doi.org/10.37715/jp.v7i4.2009
  30. Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Sutopo (Ed.), Penerbit Alfabeta. Alfabeta. https://anyflip.com/xobw/rfpq/basic
  31. Sumardi, A., & Ganawati, G. (2021). Peran Elemen Social Media Marketing, Consumer Brand Engagement Sebagai Stimulus Terhadap Brand Loyalty. In Media Riset Bisnis & Manajemen (Vol. 21, Issue 1, pp. 25–42). https://doi.org/10.25105/mrbm.v21i1.9749
  32. Surahman, I. dan. (2022). Meningkatkan Engagement pada Siswa melalui Variabel Emosi : Tinjauan Sistematik Improve Engagement on Students through Emotion Variable : A Systematic Review. 30, 210–225. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.54355
  33. Tedja, G., & Felicia Abednego. (2022). Pengaruh Sosial Media Terhadap Pembentukan Brand awareness dan Purchase Intention Merek Sepatu Olahraga. JRB-Jurnal Riset Bisnis, 5(2), 168–189. https://doi.org/10.35814/jrb.v5i2.3123
  34. Vitara, V., & Kurniawati, M. (2023). Pengaruh Social Media Engagement Tiktok Terhadap Impulse Buying Produk Pakaian Pada Dewasa Awal. Jurnal Humanipreneur, 2(2), 15–21. https://doi.org/10.53091/hum.v2i2.39
  35. Waluya, A. P., Azizah, A. N., Ainina, D. W., Agasi, M. R., & Maesaroh, S. S. (2024). Pengaruh Engagement, Review Produk, dan Kualitas Konten Terhadap Tingkat Pendapatan Shopee Affiliator. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 10706–10717.
  36. Waoma, G., & Dwihartono, B. (2020). Pengaruh Brand awareness Properti : Analisis Content Marketing Dan Social Media ( Kasus : Citra Garden City Jakarta ) Brand awareness Properti : Analisis Content Marketing Dan Social Media ( Kasus : Citra Garden City Jakarta ). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Publik, 1(1).
  37. Wardhana, A. (2024). Brand Management In The Digital Era – Edisi Indonesia. In Twist (pertama). Purbalingga: Eureka Media Aksara. https://doi.org/10.4337/9781800377486.brand.awareness
  38. Winanda, K., & Shabrina, A. (2024). Dampak Social Media Marketing Instagrm Terhadap Brand Awareness : Studi Kasus Brand Pass The Trend. Jurnal Komunikasi Nusantara, 6(2), 290–300.
  39. Witara, K. (2024). Desain Komunikasi Online (Vol. 1). Sukabumi: CV Jejak.