Main Article Content
Abstract
Peran Mediasi Emotional Salery Pada Pengaruh Quiet Quitting Dan Digital Fatigue Terhadap Retensi Karyawan Generasi Z (Studi Pada Industri Sektor Jasa Di Kota Gorontalo). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran mediasi emotional salery pada pengaruh quiet quitting dan digital fatigue terhadap retensi karyawan generasi Z pada industri sektor jasa di Kota Gorontalo. Pendekatan dalam penelitian ini yakni kuantitatif dengan metode korelasional. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner. Adapun jumlah sampel sebanyak 40 orang yang diperoleh proses sampling jenuh. Analisis data dalam penelitian ini yakni analisis kuantitatif inferensial SEM-PLS. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Quiet quitting berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap emotional salery pada industri sektor jasa di Kota Gorontalo dengan nilai koefisien pengaruh sebesar 25,20%. (2) Digital fatigue berpengaruh negatif dan signifikan terhadap emotional salery pada industri sektor jasa di Kota Gorontalo dengan nilai koefisien pengaruh sebesar 45,70%. (3) Quiet quitting berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap retensi karyawan generasi Z pada industri sektor jasa di Kota Gorontalo dengan nilai koefisien pengaruh sebesar 10,70%. (4) Digital fatigue berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap retensi karyawan generasi Z pada industri sektor jasa di Kota Gorontalo dengan nilai koefisien pengaruh sebesar 15,00%. (5) Emotional salery berpengaruh positif dan signifikan terhadap retensi karyawan generasi Z pada industri sektor jasa di Kota Gorontalo dengan nilai koefisien pengaruh sebesar 59,30%. (6) Quiet quitting melalui emotional salery berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap retensi karyawan generasi Z pada industri sektor jasa di Kota Gorontalo dengan nilai koefisien pengaruh sebesar 25,60%. (7) Digital fatigue melalui emotional salery berpengaruh negatif dan signifikan terhadap retensi karyawan generasi Z pada industri sektor jasa di Kota Gorontalo dengan nilai koefisien pengaruh sebesar 42,10%.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Al Kurdi, B., Alshurideh, M., & Al afaishat, T. (2020). Employee retention and organizational performance: Evidence from banking industry. Management Science Letters, 10(16), 3981–3990. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.7.011
- Alhmoud, A., & Rjoub, H. (2019). Total Rewards and Employee Retention in a Middle Eastern Context. SAGE Open, 9(2). https://doi.org/10.1177/2158244019840118
- Alhmoud, A., & Rjoub, H. (2020). Does Generation Moderate the Effect of Total Rewards on Employee Retention? Evidence From Jordan. SAGE Open, 10(3). https://doi.org/10.1177/2158244020957039
- Bourlakis, M., Nisar, T. M., & Prabhakar, G. (2023). How technostress may affect employee performance in educational work environments. Technological Forecasting and Social Change, 193(February), 122674. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2023.122674
- Kelley, J. G., & Simmons, B. A. (2019). Introduction: The Power of Global Performance Indicators. International Organization, 73(3), 491–510. https://doi.org/10.1017/S0020818319000146
- Sishuwa, Y., & Phiri, J. (2020). Factors Influencing Employee Retention in the Transport and Logistics Industry. Open Journal of Social Sciences, 08(06), 145–160. https://doi.org/10.4236/jss.2020.86013
- Sulthan, N. (2024). Pengaruh Burnout Dan Workload Terhadap Quiet Quitting Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Karyawan Bank Muamalat Cabang Surabaya.
- Tarigan, I. B., & Panggabean, I. R. (2022). PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU-GURU DI SMK NEGERI 7 MEDAN. 20(1), 105–123.
- Yikilmaz, İ. (2022). Quiet quitting: a conceptual investigation. Anadolu 10th International Conference on Social Science, October, 978–605. www.anadolukongre.org
References
Al Kurdi, B., Alshurideh, M., & Al afaishat, T. (2020). Employee retention and organizational performance: Evidence from banking industry. Management Science Letters, 10(16), 3981–3990. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.7.011
Alhmoud, A., & Rjoub, H. (2019). Total Rewards and Employee Retention in a Middle Eastern Context. SAGE Open, 9(2). https://doi.org/10.1177/2158244019840118
Alhmoud, A., & Rjoub, H. (2020). Does Generation Moderate the Effect of Total Rewards on Employee Retention? Evidence From Jordan. SAGE Open, 10(3). https://doi.org/10.1177/2158244020957039
Bourlakis, M., Nisar, T. M., & Prabhakar, G. (2023). How technostress may affect employee performance in educational work environments. Technological Forecasting and Social Change, 193(February), 122674. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2023.122674
Kelley, J. G., & Simmons, B. A. (2019). Introduction: The Power of Global Performance Indicators. International Organization, 73(3), 491–510. https://doi.org/10.1017/S0020818319000146
Sishuwa, Y., & Phiri, J. (2020). Factors Influencing Employee Retention in the Transport and Logistics Industry. Open Journal of Social Sciences, 08(06), 145–160. https://doi.org/10.4236/jss.2020.86013
Sulthan, N. (2024). Pengaruh Burnout Dan Workload Terhadap Quiet Quitting Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Karyawan Bank Muamalat Cabang Surabaya.
Tarigan, I. B., & Panggabean, I. R. (2022). PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU-GURU DI SMK NEGERI 7 MEDAN. 20(1), 105–123.
Yikilmaz, İ. (2022). Quiet quitting: a conceptual investigation. Anadolu 10th International Conference on Social Science, October, 978–605. www.anadolukongre.org