Main Article Content

Abstract

Adanya penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi niat kunjungan ulang wisatawan ke objek wisata Watu Adeg Sky View. Variabel yang diteliti meliputi daya tarik, fasilitas, dan kepuasan wisatawan. Pendekatan yang digunakan yakni kuantitatif melalui penyebaran kuesioner terhadap 97 responden yang memenuhi kriteria berkunjung minimal dua kali. Metode pengambilan sampel yang diterapkan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Software SPSS versi 25 digunakan untuk membantu menganalisis data. Adapun hasil menunjukkan baik secara parsial maupun simultan, variabel daya tarik wisata, fasilitas, dan kepuasan wisatawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berkunjung kembali. Daya tarik seperti pemandangan alam dan spot foto unik, fasilitas pendukung yang memadai, serta kepuasan pengunjung terhadap pengalaman wisata yang diterima, terbukti menjadi faktor kunci dalam membentuk niat berkunjung kembali. Temuan ini mengindikasikan bahwa pengelolaan destinasi wisata secara berkelanjutan harus menitikberatkan pada peningkatan kualitas daya tarik, fasilitas, dan pelayanan untuk meningkatkan jumlah kunjungan ulang wisatawan dan mendukung pengembangan ekonomi lokal.

Article Details

How to Cite
Sari, N. Y., Farida , U. ., & W, D. W. . (2025). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Berkunjung Kembali pada Objek Wisata Watu Adeg Sky View . Economics and Digital Business Review, 6(2), 1107–1117. Retrieved from https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/view/2488

References

  1. Andhi, Supriyadi, & Trenggono. (2024). Study Minat Berkunjung Ulang di Kota Lama Semarang dengan Daya Tarik , Fasilitas dan Kepuasan Wisatawan sebagai Prediktornya Study of Interest in Revisiting the Old City of Semarang with Attraction , Facilities , and Tourist Satisfaction as Predictors. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 7(1), 105–116. https://doi.org/10.34007/jehss.v7i1.2316
  2. Daya, P., Wisata, T., Niat, T., Kembali, K., Kepuasan, D., & Sebagai, W. (n.d.). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Niat Kunjung Kembali Dengan Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel Intervening Pada Objek Wisata Pantai Menganti Kebumen (Amelia Putri).
  3. Faramedina, N., Lina Devika Arintawati, M., & Hariani, M. (2024). Pengaruh Aksesibilitas Dan Fasilitas Terhadap Niat Berkunjung Kembali Pada Alun-Alun Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.36490/jmdb.v3i1.1217
  4. Hasanah, R. I., Meutia, & Lutfi. (2024). Destination Image dan Memorable Tourism Experience dalam Revisit Intention Generasi Millenial dan Gen Z (Studi pada Wisata Banten Lama). YUME : Journal of Management, 7(2), 421–436. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/view/6693
  5. Kawatu, V. s., Mandey, silvya l., & Lintong, debry ch. a. (2020). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Niat Kunjungan Ulang Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Tempat Wisata Bukit Kasih Kanonang. Jurnal EMBA, 8(3), 400–410.
  6. Kusumawardani, N. (2020). Pengaruh Citra Destinasi Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Kunjung Ulang Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Pendaki Gunung Prau Via Patak Banteng ). Jurnal Ekonomi, 1–13.
  7. Lestyaningsih, D., & Pramudyo, A. (2023). Pengaruh Fasilitas Dan Promosi Terhadap Minat Berkunjung Masyarakat Pada Objek Wisata Laguna Depok Bantul Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 10(2), 167–177. https://doi.org/10.54131/jbma.v10i2.171
  8. Muliawati, N. K. D., Susianti, H. W., & ... (2023). Pengaruh Harga dan Fasilitas Terhadap Niat Berkunjung Kembali Ke Kawasan Luar Pura Uluwatu. Journal of Applied …, 1(2), 82–93. https://doi.org/10.52352/jastd.v1i2.1290
  9. Munawar, S., Setiawan, R., & Silviyanti, R. (2023). Pengaruh Customer Satisfaction terhadap Revisit Intention dan Dampaknya pada Electronic Word Of Mouth (E-Wom) di Wisata Situ Bagendit. Jurnal Wacana Ekonomi, 22(2), 82–94.
  10. Novia Febriani, & Hijriyantomi Suyuthie. (2024). Pengaruh Atraksi dan Fasilitas Wisata Terhadap Niat Berkunjung Kembali Wisatawan Ke Pantai Air Bangis Kabupaten Pasaman Barat. NAWASENA : Jurnal Ilmiah Pariwisata, 3(1), 134–146. https://doi.org/10.56910/nawasena.v3i1.1410
  11. Nurmala, N., Sullaida, S., & Damanhur, D. (2022). Pengaruh Fasilitas Wisata, Daya Tarik Wisata Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Pantai Ujong Blang Lhokseumawe. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 23(2), 73–78. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v23i2.861
  12. Rizqi Annisha, Hotimah, O., & Munandar, A. (2022). The Influence of Attractions and Amenities on Revisit Intention at the Natural Tourism Object of the Hulu Dayeuh Trijaya Campground, Mandirancan District, Kuningan Regency. Jurnal Spatial Wahana Komunikasi Dan Informasi Geografi, 22(2), 154–160. https://doi.org/10.21009/spatial.222.09
  13. Septianing, A. D., & Farida, N. (2021). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Berkunjung Kembali Melalui Kepuasan Pengunjung (Studi Obyek Wisata Goa Kreo Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 781–792. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29796
  14. Sulistyono, D., Sanaji, S., & Artanti, Y. (2024). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas Pariwisata, Aksesbilitas, Pengalaman Wisata Terhadap Niat Berkunjung Ulang Wisatawan (Studi Pada Pengunjung Kawasan Wisata Telaga Sarangan Magetan). Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(5), 2717–2736. https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.11462
  15. Triyanti Ariestiana Dewi, L. P., & Musmini, L. S. (2023). Literature Review: Pengalaman dan Kepuasan Wisatawan Terhadap Niat Berkunjung Kembali ke Desa Wisata. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(2), 700–703. https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.67540
  16. Utara, L. (2021). Masa Pandemi Ke Gili Trawangan. 8(2020), 174–184.