Main Article Content
Abstract
E-commerce adalah segala kegiatan jual beli atau transaksi yang dilakukan menggunakan sarana media elektronik (Internet). Website E-commerce merupakan platform perbelanjaan online untuk melakukan transaksi jual-beli produk atau jasa secara online yang pembeliannya dilakukan melalui layanan internet. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh website e-commerce, kualitas produk dan promosi terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan konsumen pada Mahasiswa Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan stambuk 2020 yang berjumlah 251 orang dengan jumlah sampel/responden sebanyak 49 orang. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan uji t atau parsial menyatakan tidak terdapat pengaruh e-commerce terhadap kepuasan konsumen pada Mahasiswa UPMI Medan (1). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Kualitas Produk terhadap variabel Kepuaan Konsumen pada mahasiswa UPMI Medan (2). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Promosi terhadap variabel Kepuasan Konsumen pada mahasiswa UPMI Medan (3). Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Website E-commerce terhadap variabel Loyalitas Pelanggan pada mahasiswa UPMI Medan (4). Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Kualitas Produk terhadap variabel Loyalitas Pelanggan pada mahasiswa UPMI Medan (5). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Promosi terhadap variabel Loyalitas Pelanggan pada mahasiswa UPMI Medan (6). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Kepuasan Konsumen terhadap variabel Loyalitas Pelanggan pada mahasiswa UPMI Medan (7). Tidak terdapat pengaruh mediasi antara variabel Website E-commerce (X1) terhadap Variabel Loyalitas Pelanggan melalui variabel Kepuasan Konsumen pada mahasiswa UPMI Medan (8). Terdapat hubungan pengaruh positif dan signifikan antara variabel Kualitas Produk terhaap variabel Loyalitas pelanggan melalui variabel penghubung Kepuasan Konsumen pada mahasiswa UPMI Medan (9). Terdapat hubungan pengaruh positif dan signifikan antara variabel Promosi terhadap variabel Loyalitas Pelanggan tanpa adanya variabel perantara Kepuasan Konsumen sebagai variabel penghubung pada mahasiswa UPMI Medan (10).
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Ariani, D.W. 2003. Manajemen Kualitas Pendekatan Sisi Kualitatif. Bogor: Ghalia Indonesia
- Arikunto, 2013 prosedur penelitian suatu pendekatan praktik, bandung. Cv gegerkalong.hilir bandung.
- Kotler, P., dan Armstrong, G. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
- Laudon dan Traver 2017 promosi yang efektif dapat meningkatkan kesadaran konsumen terhadap merek dan produk, serta mendorong mereka untuk melakukan pembelian
- Manihuruk, B. K. (2023). Analisis Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pt Shopee Indonesia. Journal Business and Management, 1(1), 11-23.
- Nurdiati, P. D. Pengaruh E-Service Quality, Harga Produk, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi kasus pada pelanggan Tokopedia di Tangerang Selatan) (Bachelor's thesis, Fakulta feb. uin jakarta).
- Puji Lestari, F. A. (2018). Pengaruh Web E-Commerce, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen. Sosio E-Kons, 10 (1), 87.
- Rahman, D. (2021). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan informasi. Maktabatun : Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 9-14
- Rosianasfar 2013 Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam blog. Pengertian kualitas Produk yang baik
- Sari, N. K., & As' ad, A. (2022). Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Masker Pokana Saat Pandemi di Makassasar. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 63-70.
- Tjiptono (Lilik Trianah, Diah Pranitasari, dan Siti Zahrani Marichs, 2017) indikator dalam mengukur loyalitas konsumen
- Yuliyanto, W. (2020). Pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan di Toko Aleea Shopid Kebumen. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(2), 168-172.
References
Ariani, D.W. 2003. Manajemen Kualitas Pendekatan Sisi Kualitatif. Bogor: Ghalia Indonesia
Arikunto, 2013 prosedur penelitian suatu pendekatan praktik, bandung. Cv gegerkalong.hilir bandung.
Kotler, P., dan Armstrong, G. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Laudon dan Traver 2017 promosi yang efektif dapat meningkatkan kesadaran konsumen terhadap merek dan produk, serta mendorong mereka untuk melakukan pembelian
Manihuruk, B. K. (2023). Analisis Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pt Shopee Indonesia. Journal Business and Management, 1(1), 11-23.
Nurdiati, P. D. Pengaruh E-Service Quality, Harga Produk, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi kasus pada pelanggan Tokopedia di Tangerang Selatan) (Bachelor's thesis, Fakulta feb. uin jakarta).
Puji Lestari, F. A. (2018). Pengaruh Web E-Commerce, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen. Sosio E-Kons, 10 (1), 87.
Rahman, D. (2021). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan informasi. Maktabatun : Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 9-14
Rosianasfar 2013 Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam blog. Pengertian kualitas Produk yang baik
Sari, N. K., & As' ad, A. (2022). Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Masker Pokana Saat Pandemi di Makassasar. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 63-70.
Tjiptono (Lilik Trianah, Diah Pranitasari, dan Siti Zahrani Marichs, 2017) indikator dalam mengukur loyalitas konsumen
Yuliyanto, W. (2020). Pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan di Toko Aleea Shopid Kebumen. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(2), 168-172.