Main Article Content

Abstract

Kopi merupakan salah satu komoditas global yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Industri kopi terus berkembang seiring dengan meningkatnya minat konsumen terhadap berbagai jenis kopi dan pengalaman yang ditawarkan oleh kafe maupun kedai kopi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen dalam mengonsumsi kopi, termasuk variasi menu, suasana kafe, kualitas layanan, serta strategi pemasaran yang diterapkan oleh pelaku usaha kopi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui survei, wawancara, dan observasi langsung di berbagai kedai kopi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama yang mempengaruhi keputusan konsumen adalah cita rasa kopi, suasana tempat, serta interaksi sosial yang terjadi di dalam kafe. Selain itu, tren kopi spesialti dan keberlanjutan dalam produksi kopi juga menjadi perhatian utama bagi konsumen yang semakin sadar akan aspek lingkungan dan etika dalam industri ini. Dengan memahami preferensi konsumen, pelaku usaha dapat mengembangkan strategi yang lebih efektif dalam meningkatkan daya tarik produk serta loyalitas pelanggan.

Keywords

Kopi Industri Kopi Preferensi Konsumen Suasana Kafe Strategi Pemasaran

Article Details

How to Cite
Harahap, N. P., Sukmal, J., & Ayla, S. (2025). Pengaruh Variasi Menu Dan Suasana Cafe Terhadap Minat Kunjungan Konsumen Di HG Coffe Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu. Economics and Digital Business Review, 6(2), 1248–1259. https://doi.org/10.37531/ecotal.v6i2.2454

References

  1. Ashoer, M., Murdifin, I., Basalamah, J., As’ad, A., & Pramukti, A. (2021, February). Integrating social commerce constructs into mobile application service; a structural equation model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1783, No. 1, p. 012043). IOP Publishing.
  2. Atmodjo, N. E. H., & Dewi, I. C. (2025). Pengaruh Café Atmosphere, Product Quality Dan Customer Experience Terhadap Consumer Repurchase Intention Café 4x4 Coffee Samarinda Kota, Kabupaten Kutai. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (Mea), 9(1), 3205-3229.
  3. Dwiantari, S., Setiawan, I. N., & Heriawan, B. (2025). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Variasi Menu Terhadap Kepuasan Konsumen Dimoderasi Oleh Atmosfer Cafe Niwa Canting. Jurnal Ilmiah Edunomika, 9(1).
  4. Dwiantari, S., Setiawan, I. N., & Heriawan, B. (2025). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Variasi Menu Terhadap Kepuasan Konsumen Dimoderasi Oleh Atmosfer Cafe Niwa Canting. Jurnal Ilmiah Edunomika, 9(1).
  5. Fajrin, D., Prasetya, Y. D., & Thaib, M. (2023, August). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjungan Gen Z Ke Suba Coffee. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, Pp. 167-174).
  6. Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang
  7. Holil Pujiyati dan I Putu Gde Sukaatmadja. (2020) Anteseden Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Spiritual Di Bali (The Antecedent Of Spiritual Tourist Revisit Intention In Bali). E-Jurnal Manajemen, Vol. 9, No. 1, : 21-39 ISSN : 2302-8912 DOI:
  8. Iwan Carialy Irawan dkk (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Kartika. Cipta Anugrah Bandung Vol. 6 No.2
  9. Lilis Cucu Sumartini dan Dini Fajriany Ardining Tias .(2019) .Analisis Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Kedai Kopi Kala Senja. Akademi Teknologi Bogor Vol 3 No 2
  10. Loba, S. K., & Situmorang, T. (2023). Peran Suasana Café, Media Sosial Dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Berkunjung Kembali. Jurnal Dinamika Ekonomi Rakyat, 2(1), 35-47.
  11. Muhajir, H. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT. Finansia Multi Finance Kredit Plus. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 1-12.
  12. Mulyadi, B., Setyawati, N. W., & Sumantyo, F. D. S. (2024). Pengaruh Gaya Hidup, Suasana Cafe Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian “Dalam Rasa Kopi” Di Setu Bekasi. Orbit: Jurnal Ilmu Multidisiplin Nusantara, 1(2), 124-134.
  13. Ni Nyom an Ayu Wiratini M, dkk. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Kunjung Kembali Wisatawan Pada Daya tarik Wisata Di Kabupaten Bandung. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia.
  14. Novitasari, D., & Gunawan, A. A. (2024). Analisis Brand Image, Atmosphere Kafe, Dan Variasi Menu Terhadap Minat Kunjung Pelanggan Kafe Sunmofee Tropical. Arus Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(3), 1994-2002.
  15. Rafli, A. (2022). Pengaruh Variasi Menu Cita Rasa Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Usaha Cafe Rumah 21 Coffee Kota Jambi (Doctoral Dissertation, Universitas Jambi).
  16. Ramdani, M. R., Kamidin, M., & Ajmal, A. A. (2018). Implementasi SAK-ETAP pada UMKM warkop di Kota Makassar. Jurnal RAK (Riset Akuntansi Keuangan), 3(2), 109-117.
  17. Sari, N. K., & As' ad, A. (2022). Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Masker Pokana Saat Pandemi di Makassasar. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 63-70.
  18. Setiawan, A., Yuliasti, S., & Putri, M. A. (2024). Pengaruh Digital Marketing Instagram Dan Suasana Cafe Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Teaster Makassar. Jurnal Interdisipliner, 1(3), 143-160.
  19. Sihombing, M. M., Arifin, M. H., & Maryono, M. (2022). Pengaruh Varian Menu, Harga, Dan Suasana Cafe, Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Miltie Garden Mulawarman Banjarmasin. Smart Business Journal, 1(1), 26-33.
  20. Tondang, G. A., Nasution, M. L. I., & Dharma, B. (2023). Pengaruh Suasana Cafe, Harga, Variasi Menu Terhadap Minat Kunjungan Konsumen (Studi Kasus: Dbest Cafe Tuamang). Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 6(1), 15-26.