Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh pengetahuan terhadap minat pengguna financial technology peer to peer lending pada pemilik UMKM fashion di Kabupaten Karanganyar, (2) Pengaruh kepercayaan terhadap minat pengguna financial technology peer to peer lending pada pemilik UMKM fashion di Kabupaten Karanganyar, dan (3) Pengaruh risiko terhadap minat pengguna financial technology peer to peer lending pada pemilik UMKM fashion di Kabupaten Karanganyar. Objek penelitian ini adalah UMKM di bidang fashion di Kabupaten Karanganyar dengan sampel sebanyak 100 pelaku usaha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengetahuan berpengaruh positif signifikan terhadap minat pengguna financial technology peer to peer lending pada pemilik UMKM fashion di Kabupaten Karanganyar, (2) Kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap minat pengguna financial technology peer to peer lending pada pemilik UMKM fashion di Kabupaten Karanganyar, dan (3) Risiko berpengaruh negatif signifikan terhadap minat pengguna financial technology peer to peer lending pada pemilik UMKM fashion di Kabupaten Karanganyar.

Keywords

Pengetahuan Kepercayaan Risiko Pengguna FintechP2p Lending

Article Details

How to Cite
Fauzan, H. R., & Sriyanto. (2025). Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan, Dan Risiko Terhadap Minat Pengguna Financial Technology Peer To Peer Lending Pada Pemilik UMKM Fashion Di Kabupaten Karanganyar. Economics and Digital Business Review, 6(2), 1142–1158. https://doi.org/10.37531/ecotal.v6i2.2432

References

  1. Afriani, E. (2022). Strategy Management Analysis UMKM at Pekanbaru in the Pandemic Covid-19. Universitas Muhammadiyah Riau. 2(2), 219–224.
  2. Akbar Islamic, F. (2023). Penggunaan Fintech Pelaku UMKM di Kuliner Pasar Lama Tangerang. Dynamic Management Journal, 7(3). http://dx.doi.org/10.31000/dmj.v7i3
  3. As' ad, A., & Mulang, H. (2024). Analysis of Gowa Regency's Leading Economic Sectors. Economos: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 7(1), 73-83.
  4. As’ad, A., Junaidin, J., Syarifuddin, S., Herison, R., & Syukur, A. (2024). The Impact of Cross-Cultural Management on Global Collaboration and Performance. Bata Ilyas Educational Management Review, 4(2), 30-42.
  5. Ashoer, M., Murdifin, I., Basalamah, J., As’ad, A., & Pramukti, A. (2021, February). Integrating social commerce constructs into mobile application service; a structural equation model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1783, No. 1, p. 012043). IOP Publishing.
  6. Bella, S., Saprida, & Setiawan, B. (2023). Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (Fintech) di Desa Karang Baru Kabupaten Banyuasin. 3(1), 15–26.
  7. Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3), 319–339. https://doi.org/10.2307/249008
  8. Darmawan, H. (2022). Pengaruh Persepsi Resiko dan Persepsi Kegunaan terhadap Niat Menggunakan Fintech. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 6(2), 178. https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i2.17845
  9. Fadzar, A. N., Asep, R. H., & Intan, M. W. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Risiko terhadap Minat Pengguna Fintech Lending Syariah. Hukum Ekonomi Syariah, 6(2), 1–4.
  10. https://ctrl.law.ugm.ac.id/2021/07/28/fintech-p2p-lending-ilegal-marak-beredar-di-indonesia-bagaimana-penegakan-hukumnya/
  11. Kartikasari, R., Sudrajat, A., & Murwani, J. (2023). Simba Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi 5 Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (Simba) 5 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Madiun. Sikap Sebagai Variabel Moderasi pada UMKM Kota Madiun. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi 5, September.
  12. Kusuma, D. W., A. Primastiwi, & A. Sulistio (2021). Pengaruh Pengetahuan Etika & Religiusitas Islam Terhadap Minat Pengguna Peer to Peer Lending Berbasis Syariah. Jurnal Ilmiah Keuangan dan Perbankan, 3(2), November.
  13. Mahendra, I. (2016). Penggunaan Technology Acceptance Model (TAM) dalam Mengevaluasi Penerimaan Pengguna Terhadap Sistem Informasi pada PT. Ari Jakarta. 5(2), 183–195.
  14. Mulang, H., As’ad, A., & Razak, R. (2023). Efektivitas Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Pengrajin Eceng Gondok. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 403-413.
  15. Nurdin, Azizah, W., & Rusli. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Kemudahan dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Finansial Technology (Fintech) Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, 2(2), 199–222. https://doi.org/10.24239/jipsya.v2i2.32.198-221
  16. Noviyanti, A. & Erawati, T. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan dan Efektivitas Terhadap Minat Menggunakan Financial Technology (Fintech) (Studi Kasus: UMKM di Kabupaten Bantul). Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia, 4(2), 65–74. https://doi.org/10.31629/jiafi.v4i2.3253
  17. Pramella, Indah, J., Soleha, E., Kunci, & Bertransaksi, M. (2023). SEIKO: Journal of Management & Business Pengaruh Efektivitas, Kepercayaan dan Resiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan FINTECH (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Pengguna M-Banking). SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 799–811. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4040
  18. Priyono, A. (2017). Analisis Pengaruh Trust dan Risk dalam Penerimaan Teknologi Dompet Elektronik Go-Pay. Jurnal Siasat Bisnis, 21(1), 88–106. https://doi.org/10.20885/jsb.vol21.iss1.art6
  19. Putri, A. R., Waluyo, B., & Farhani, H. N. (2022). Pengaruh Pengetahuan dan Kepercayaan Pelaku UMKM Wilayah Bogor Terhadap Minat Pembiayaan Melalui Fintech Lending Syariah. Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, 8(1), 131–139. https://doi.org/10.30997/jsei.v8i1.4879
  20. Rahmayani, H., Ekaning, S., & Gisijanto, A. H. (n.d.). View of Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Peer To Lending. Jukim Admi Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 01–09.
  21. Rossa, A., & Ashfath, F. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Risiko dan Keamanan terhadap Impulse Buying Pengguna SPaylater (Shopee Paylater) di Jadetabek. Seminar Nasional Akuntansi Dan Manajemen, 1–15. http://prosidingold.pnj.ac.id/index.php/snampnj/article/view/5518
  22. Rohim, I., Erlinda, Sholihah, & Firmansyah, F. A. (2022). 5(2).
  23. Sholehah, M. A., Mubyarto, N., & Habriyanto. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Efektivitas dan Risiko Terhadap Minat Pengguna Financial Technology Pada Masyarakat Kota Jambi. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 2(1), 337–348. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i1.551
  24. Sari, S. R. P., & Yatun, R. F. (2022). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, dan Persepsi Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Gopaylater Pada Aplikasi Gojek. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(06), 114–122. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i06.501
  25. Susanto, H., W. Hubbulah, & Fadhilah. (2021). View of Pengaruh Efektivitas dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Pada Fintech. Konferensi Nasional Sosial Dan Engineering Politeknik Negeri Medan.
  26. Suseno, P. (2014). Konsep Dasar Manajemen Risiko. In Manajemen Risiko dan Asuransi Syariah.
  27. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
  28. Swandani, N. K., & Diatmika. (2022). Pengaruh Kemudahan Pengguna, Kepercayaan dan Risiko Terhadap Minat Pengguna Fintech (Studi Kasus Pada Usaha Kecil dan Menengah di Kecamatan Klungkung). Bisma: Jurnal Manajemen, 8(2), 393–402.
  29. Vitasari, V. D., Lestari, R. B., Manajemen, P. S., Multi, U., & Palembang, D. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat. Vcc, 495–500.
  30. Wijaya, E., & Susilawati, R. (2022). Pengaruh Persepsi Risiko dan Kepercayaan (Trust) pada Adopsi Layanan Fintech (Studi Kasus pada Layanan Pembayaran Digital Gopay). Indonesian Accounting Literacy Journal, 2(1), 202–209. https://doi.org/10.35313/ialj.v2i1.3355
  31. Wardani, D. K., Primastiwi, A., & Sulistio, A. (2020). Pengaruh Pengetahuan Etika & Religiusitas Islam Terhadap Pengguna Peer to Peer Lending Berbasis Syariah. Fidusia: Jurnal Keuangan dan Perbankan, 3(2), 100–111. http://fe.ummetro.ac.id/ejournal/index.php/JPK/article/view/529%0Ahttps://fe.ummetro.ac.id/ejournal/index.php/JPK/article/download/529/374
  32. Wardani, G. O. P., & Sari, R. C. (2017). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kebermanfaatan, dan Persepsi Risiko terhadap Minat Penggunaan Financial Technology Sistem Pembayaran. 3.
  33. Yuarti, V. (2016). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Penggunaan Financial Technology Peer to Peer Lending. Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, 01, 1–23.
  34. Yudhi, W. Arthana R., & N. R. (2015). Pengaruh Minat Individu Terhadap Penggunaan Mobile Banking (M-Banking): Model Kombinasi Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB). Jurnal Informasi, 7(1), 25–44.