Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh digital marketing, word of mouth, dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik hair. Sampel penelitian adalah konsumen yang berbelanja di toko perhiasan Ineffable handmade jewelry di kota Padang. Dimana setelah dihitung dengan Teknik Hair, hasil sampel dalam penelitian ini sebanyak 95 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik dan Uji Hipotesis dengan menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, (2) Word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. (3) Store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.

Keywords

Digital Marketing Word of Mouth Store Atmosphere Keputusan Pembelian Konsumen

Article Details

How to Cite
Sophian, S., & Leni, T. D. (2025). Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth (Wom) Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Ineffable Handmade Jewelry Di Kota Padang. Economics and Digital Business Review, 6(2), 1116–1128. https://doi.org/10.37531/ecotal.v6i2.2429

References

  1. Adjie Opa, S., & Astuti, M. (2024). Pengaruh Social Media Marketing, Word Of Mouth Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Nwansa Coffee. Ikraith-Ekonomika, 7(2), 134–146. Https://Doi.Org/10.37817/Ikraith-Ekonomika.V7i2.3342
  2. Aguspriyani, Y., Polindi, M., Fitriani, P., Darmansyah, T., & Setiadi, R. (2023). Pengaruh Strategi Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Asuransi Pada Generasi Milenial. Jurnal Ekonomi Islam, Viii(I), 35–48.
  3. Aspita, R. D., & Sophian, S. (2023). Dampak Daya Tarik Dan Fasilitas Terhadapkeputusan Berkunjung Wisata Halalkota Padang. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 2(2), 178–191. Https://Doi.Org/10.58192/Ebismen.V2i2.832
  4. Azizah, F., & Aransyah, M. F. (2023). Pengaruh Social Media Marketing, Store Atmosphere Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Customer Loyalty Starbucks Kota Samarinda. J-Mas (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(1), 907. Https://Doi.Org/10.33087/Jmas.V8i1.1196
  5. Budiono, A., & Siregar, O. M. (2023). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Kafe Minum Kopi Medan Johor. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(4), 376–386.
  6. Chandra, M., Sampe, F., & Tahendrika, A. (2022). Pengaruh Store Atmosphere Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Labuana Resto & Cafe Makassar. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Terapan (Jesit), 3(2), 229–246. Https://Doi.Org/10.47178/Tqy43t58
  7. Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program Ibm Spss 23 (8th Ed.).
  8. Hair, J. E., Jr, & Al, E. (2021). A Primer On Partial Least Squares Structural Equation Modeeling (Pls-Sem). Sage Publications, Inc.
  9. Herawati, H. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Word Of Mouth ( Wom ) Terhadap Keputusan Pembelian. Kinerja, 3(1), 47–65. Https://Doi.Org/10.34005/Kinerja.V3i1.1178
  10. Joesyiana, K. (2020). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey Pada Mahasiswa Semester Vii Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, Vol. 4(1), 71–85.
  11. Khoirul Farikhan, M., & Soliha, E. (2024). The Influence Of Digital Marketing, Word Of Mouth, And Store Atmosphere On Purchase Decisions. Management Studies And Entrepreneurship Journal, 5(1), 2760–2769. Http://Journal.Yrpipku.Com/Index.Php/Msej
  12. Khoziyah, S., & Lubis, E. E. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Followers Online Shop Instagram. International Journal Of Academic Research In Accounting, Finance And Management Sciences 10(2): 87–99., 10(1), 39–50.
  13. Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Philip_Kotler_Manajemen_Pemasaran_Edisi.Pdf (P. 19).
  14. Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Intisari Manajemen Pemasaran (Andi (Ed.); 6e Ed.). Andi.
  15. Mudiar, W., & Yanti, S. A. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth ( E-Wom ) Melalui Instagram Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Generasi Milenial Pada Konsumen Fat Bubble. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3, 9–16.
  16. Novrianto, A. (2019). Pengaruh Kepribadian, Orientasi Kerja Dan Penempatan Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai Bank Nagari Cabang Utama Kota Padang. Jurnal Ekobistek, 8(2), 49–55.
  17. Onsardi, O., Ekowati, S., Yulinda, A. T., & Megawati, M. (2022). Dampak Digital Marketing, Brand Image Dan Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lina Ms Glow Kota Bengkulu. Creative Research Management Journal, 5(2), 10. Https://Doi.Org/10.32663/Crmj.V5i2.3096
  18. Pilipus, R. R., Aransyah, M. F., & Bharata, W. (2021). Pengaruh Wom (Word Of Mouth), Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Thai Tea Pada Dum Dum Thai Drinks Samarinda. Jambura: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 61–72. Http://Ejurnal.Ung.Ac.Id/Index.Php/Jimb/Article/View/10463%0ahttps://Ejurnal.Ung.Ac.Id/Index.Php/Jimb/Article/Download/10463/2900
  19. Putri, P. M., & Marlien, R. . (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Online. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 25–36. Https://Doi.Org/10.36778/Jesya.V5i1.510
  20. Sari, N. K., & As' ad, A. (2022). Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Masker Pokana Saat Pandemi di Makassasar. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 63-70.
  21. Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Sutopo (Ed.); 2nd Ed.). Alfabeta.
  22. Yohansyah, F., & Rodhiah, R. (2022). Pengaruh E-Wom Dan Persepsi Nilai Terhadap Keputusan Pembelian Shopeefood Dengan Mediasi Kepercayaan. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(1), 89. Https://Doi.Org/10.24912/Jmk.V4i1.17170