Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Short Ratio, Profitabilitas, Debt To Equity Ratio (DER) dan Panjang Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sub sektor makanan & minuman yang terindeks di Bursa Efek Indonesia periode 2020-2023. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor makanan & minuman yang terindeks di BEI periode 2019-2023. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak sebelas perusahaan sub sektor makanan & minuman. Short Ratio tidak memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap nilai perusahaan, dengan nilai t sebesar 1,449 < 1,676 dengan signifikansi 0,153 > 0,05. Profitabilitas tidak memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap nilai perusahaan, dengan nilai t sebesar -0,360 < 1,676 dengan signifikansi 0,720 > 0,05. Variabel Debt to equity Ratio mempunyai pengaruh parsial yang cukup besar terhadap nilai perusahaan, dengan t-hitung sebesar 4,062 > 1,676 dengan signifikansi sebesar 0,000 > 0,05. Ukuran perusahaan tidak mempunyai pengaruh parsial yang cukup besar terhadap nilai perusahaan, dengan nilai t hitung sebesar -1,494 < 1,676 dengan signifikansi sebesar 0,141 > 0,05. Quick Ratio, Profitabilitas, Debt to equity Ratio dan Ukuran perusahaan mempunyai pengaruh simultan yang cukup besar pada variabel nilai perusahaan dengan F hitung dan F tabel menunjukkan bahwa 5,51 > 2,557 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05.

Article Details

How to Cite
Fransiska, H., Rambe, B. H. ., & Siregar, M. R. . (2025). Pengaruh Quick Ratio, Profitabilitas, Der Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food &amp; Beverage Yang Terdaftar Di Bei Periode 2019-2023. Economics and Digital Business Review, 6(2), 1121–1133. Retrieved from https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/view/2421

References

  1. Brigham, E.F & Ehrhardt, M. . (2020). Financial Management: Theory & practice (16th ed.). Cengage Learning.
  2. Damodaran, A. (2021). Investment Valuation: Tools and Techique for Determining the Value of Any Asset. Wiley.
  3. Darmayanti, I. G. A. D. N. Y. N. P. A. (2019). Non Partisipan. E-Jurnal Manajemen Unud, 8(4), 2297–2324.
  4. Devi, N., & Rimawan, M. (2022). PENGARUH RASIO PROFITABILITAS, RASIO LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PT. LIPPO KARAWACI Tbk. Jae (Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi), 7(2), 100–107. https://doi.org/10.29407/jae.v7i2.17898
  5. Dewi, L. G. N. (2021). Pengaruh keputusan investasi, struktur modal, profitabilitas, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), Analisa 2011, 1–11. https://doi.org/10.37631/e-bisma.v2i1.354
  6. Dwiastuti, D. S., & Dillak, V. J. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kebijakan Hutang, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal ASET (Akuntansi Riset), 11(1), 137–146. https://doi.org/10.17509/jaset.v11i1.16841
  7. Dzulhijar, W., Pratiwi, L. N., & Laksana, B. (2021). Pengaruh CR, DER, dan ROA terhadap Nilai Perusahaan pada PT Jasa Marga Tbk Tahun 2010-2019. Indonesian Journal of Economics and Management, 1(2), 401–409. https://doi.org/10.35313/ijem.v1i2.2507
  8. Ghozali, l . & Chariri, A. (2019). Teori Akuntansi (5th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  9. Gitman, L.J & Zutter, C. . (2019). Principles of Managerial Finance. Pearson Education.
  10. Hidayat, I., & Khotimah, K. (2022). Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan sub sektor kimia. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.37641/jiakes.v10i1.1175
  11. Higgins, J. . (2019). Analysis for Financial Management. McGraw-Hill Education.
  12. Jhon, A. S., & Arita, E. (2024). Pengaruh Struktur Modal, Likuiditas dan Profitabilitas Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Kasus Pada Perusahaan Food and Beverage Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2022). Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 01(04), 754–772.
  13. Kayobi, I. G. M. A., & Anggraeni, D. (2015). PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO (DER), DEBT TO TOTAL ASSET (DTA), DIVIDEN TUNAI, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014). 151(1), 10–17.
  14. Mahayati, F., Fatonah, S., & Meilisa, R. (2021). Pengaruh Return on Equity (Roe) Dan Debt To Equity Ratio (Der) Terhadap Nilai Perusahaan (Pbv) Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Logam Dan Sejenisnya Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 258–267. https://doi.org/10.46306/vls.v1i1.26
  15. Mochamad Febri Sayidil Umam. (2020). PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP INTELLECTUAL CAPITAL DISCLOSURE (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015 - 2018). J-Aksi : Jurnal Akuntansi Dan Sistem Informasi, 1(1), 47–58. https://doi.org/10.31949/j-aksi.v1i1.174
  16. Nugraha, R. A. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014 – 2018). Jurnal Mirai Management, Volume 5(2), 370–377.
  17. Nurfaizah, N., & Pamungkas, L. D. (2022). ANALISIS PENGARUH QUICK RATIO, LEVERAGE DAN RASIO AKTIVITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Dalam Kurun Waktu 2018-2020). Journal Competency of Business, 6(01), 116–129. https://doi.org/10.47200/jcob.v6i01.1308
  18. Pioh, H. T., Tommy, P., & Sepang, J. L. (2018). Pengaruh Debt To Equity Ratio, Earning Per Share Dan Return on Asset Terhadap Nilai Perusahaan Sub Sector Food and Beverages Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA, 6(4), 3018–3027.
  19. Ristiani, L., & Sudarsi, S. (2022). Analisis pengaruh profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan, dan struktur modal terhadap nilai perusahaan. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 837–848. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i2.2336
  20. Subramanyam, K.R & Wild, J. . (2022). Financial Statement Analysis. McGraw-Hill Education.
  21. Widianita, D. R. (2023). PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. VIII(I), 1–19.
  22. Wijaya, I. G. N. S. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening: Studi Empiris Di Bei. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 15(1), 13. https://doi.org/10.21460/jrmb.2020.151.344