Main Article Content

Abstract

Dalam kerangka ekonomi digital, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki cara-cara di mana kebahagiaan pelanggan, inovasi produk, dan inovasi layanan memengaruhi daya saing Toko Serba 35. Seratus pelanggan toko diberi kuesioner sebagai bagian dari metodologi penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan survei untuk mengumpulkan data. SmartPLS digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya saing Toko Serba 35 dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh inovasi layanan, inovasi produk, dan kebahagiaan pelanggan. Faktor utama dalam meningkatkan daya saing telah terbukti adalah kebahagiaan pelanggan, diikuti oleh kemajuan dalam layanan dan pengembangan produk. Penelitian ini menekankan nilai inovasi berkelanjutan dalam meningkatkan penawaran produk dan kualitas layanan sambil membangun hubungan klien yang langgeng. Toko Serba 35 disarankan untuk melanjutkan upaya inovasinya dan memanfaatkan teknologi untuk memperkuat keunggulan kompetitifnya dalam menghadapi ekonomi digital.

Keywords

Inovasi Pelayanan, Inovasi Produk, Kepuasan Pelanggan, Daya Saing

Article Details

How to Cite
Lani, S., Efendi Siregar, Z. M. ., & Hutagaol, A. S. R. . (2025). Pengaruh Inovasi Pelayanan, Inovasi Produk, Kepuasan Pelanggan Terhadap Daya Saing Toko Serba 35 Di Era Ekonomi Digital. Economics and Digital Business Review, 6(2), 1089–1120. Retrieved from https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/view/2420

References

  1. Ajeng, N., Wiguna, S., Ramdan, A. M., & Sukabumi, U. M. (2022). Analisis Inovasi Layanan Drive Thru Dan Perceived Value Terhadap Kepuasan Konsumen Makanan Cepat Saji Di Masa Pandemi Covid-19. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(3), 1505–1509. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
  2. Alexander, T., Amzul, A., Purnomo, S. Y., Gunawan, L., Putera, H., Daeli, D., & Karno, U. B. (2024). Strategi Manajemen Inovasi Dalam Mempertahankan Daya Saing Di Pasar Global. Jurnal Tadbir Peradaban, 4(September), 475–482.
  3. Alfiansyah, E., Ilham, M., Priscilla, Restina, & Yeni. (2024). Analisis Total Quality Control dalam Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing Pada UMKM Say Cup. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 3(6), 462–467. https://doi.org/10.58344/locus.v3i6.2690
  4. Andriani, Karuehni, I., & Mahrita, A. (2022). Pengaruh E-Commerce dan Inovasi Terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi Pada Produk Wardah (Studi Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya). Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi, 3(3), 211–220. https://doi.org/10.52300/jmso.v3i3.8233
  5. Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94
  6. Apriliani, D., Baqiyyatus S, N., Febila, R., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh kepuasan pelanggan, brand image, dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada membercard. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1(1), 20–30. https://doi.org/10.37631/e-bisma.v1i1.214
  7. Arifin, Magito, Perkasa, D. H., & Febrian, W. D. (2023). Pengaruh Kompensasi, Kompetensi dan Konflik Kerja terhadap Kinerja Karyawan. GLOBAL: Jurnal Lentera BITEP, 1(01), 24–33. https://doi.org/10.59422/global.v1i01.130
  8. Aripradono, H. W. (2021). Analisis Technology Readiness and Acceptance Model (TRAM) Pada Penggunaan Sport Wearable Technology. Teknika, 10(1), 68–77. https://doi.org/10.34148/teknika.v10i1.330
  9. Arista, C., Sholikhah, A., Saharani, A. E., Rotama, B. A., Brillianta, A., Falach, M. Z., & Oktavia, I. (2024). Strategi Inovasi dan Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Nasi Menthok Bu Roni. Nusantara Community Empowerment Review, 2(2), 112–118. https://doi.org/10.55732/ncer.v2i2.1229
  10. Damanik, D., & Purba, E. (2020). Analisis Daya Saing Sektor Pariwisata Di Kabupaten Simalungun. Jurnal Ekuilnomi, 2(2), 116–125. https://doi.org/10.36985/27eygr92
  11. Dr. Rosnaini Daga,.SE, M. M. . C., Dr. Hendra Gunawan,.S.E, M. S., & Gamal Ramli, S. T. (2023). Strategi Meningkatkan Daya Saing UMKM. CV. Adanu Abimata. https://ipusnas2.perpusnas.go.id/read-book
  12. Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i1.37122
  13. Gelvi, & Putri, A. (2024). Pengaruh Kinerja Pengelola Inovasi dan Budaya Organisasi terhadap Inovasi Daerah dengan Kepemimpinan Transformasional sebagai Variabel Moderasi di Pemerintah Daerah Kota Payakumbuh. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(4), 13767–13783.
  14. Gultom, D. K., Arif, M., & Muhammad Fahmi. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 273–282.
  15. Hs, I., & Utami, C. K. (2023). Inovasi Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Minat Beli Konsumen Restoran Cepat Saji Setelah Pendemic Covid-19. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(3), 2060–2070. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.5147/http
  16. Husniar, F., Sari, T. R., Safira, A. M., & Kamila, E. R. (2023). Strategi Pengembangan Produk Baru Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 3(2), 22–34. https://doi.org/10.55606/jurima.v3i2.2156
  17. Ian Darmawan. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Krupuk Bocah Tua Di Hokky Graha Family Surabaya. Skripsi, July, 1–134.
  18. Kasmi, M., Wayan, J., & Metris, D. (2023). Prinsip - Prinsip Pemasaran. Madza Media.
  19. Khairunnisa, S., Wijaya, G. Q., Sinaga, E. A., Arubusman, D. A., & Setiawan, E. B. (2022). Improving Purchase Intention Through Service Innovation, Price Fairness and Customer Satisfaction At Pt. Kai During the Covid-19 Pandemic Situation At Gambir Station. Jurnal Gorontalo Management Research, 5(1), 141–151.
  20. Lupiyoadi, R. (2023). Manajemen Pemasaran Jasa (Ketiga). Salemba Empat. https://ipusnas2.perpusnas.go.id/read-book
  21. Martines, S. P., Kurniawan, B., & Puspitasari, R. H. U. (2024). Pengaruh Harga Dan Inovasi Layanan Terhadap Volume Penjualan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Di Triizz Hotel Semarang. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahan, 2(1), 118–131. https://doi.org/10.58192/wawasan.v2i1.1512
  22. Mashuri, M., & Nurjannah, D. (2020). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 97–112. https://doi.org/10.46367/jps.v1i1.205
  23. Nikita, S. V. (2023). Analisis Pengaruh Inovasi Pelayanan dan Inovasi Produk Terhadap Keberhasilan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 13(1), 101–108.
  24. Pahutar, I., Pristiyono, P., & Simanjuntak, D. (2023). Analisis Tingkat Pengetahuan Konsumen dan Label Halal terhadap Kepuasan Konsumen melalui Keputusan Pembelian. Remik: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(2), 1108–1118. https://doi.org/10.33395/remik.v7i2.12285
  25. Prof. Dr. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
  26. Putri, A., & Arif, M. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Inovasi Produk Terhadap Pendapatan. Jesya, 6(1), 194–208. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.915
  27. Ribut Muji Wahono, & Ely Masykuroh. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Daya Saing Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Nganjuk Yos Sudarso. Falahiya: Journal of Islamic Banking and Finance, 1(2), 156–172. https://doi.org/10.21154/falahiya.v1i2.952
  28. Rukmana, P. H. (2019). Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Pt. Bni Syariah Kota Medan). Skripsi, 1–148.
  29. Sari, S. E. (2024). Peran Inovasi dan Diferensiasi Layanan dalam Meningkatkan Daya Saing Bisnis Jasa Digital di Pasar Global The Role of Innovation and Service Differentiation in Increasing the Competitiveness of Digital Service Businesses in the Global Market. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(11), 4244–4256. https://doi.org/10.56338/jks.v7i11.6382
  30. Soeratin, B. S. (2024). Penerapan Strategi Manajemen Inovasi Untuk Daya Saing Perusahaan Dalam Industri E-Commerce. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7, 1186–1193.
  31. Triwijayati, A., Luciany, Y. P., Novita, Y., Sintesa, N., & Zahruddin, A. (2023). Strategi Inovasi Bisnis untuk Meningkatkan Daya Saing dan Pertumbuhan Organisasi di Era Digital. Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 2(03), 306–314. https://doi.org/10.58812/jbmws.v2i03.564
  32. Wahono, R. M., & Masykuroh, E. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Daya Saing Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Nganjuk Yos Sudarso. Falahiya: Research Journal of Islamic Banking and Finance, 1(2), 156–172. https://doi.org/10.21154/falahiya.v1i2.952
  33. Zai, C. E. D., & Harto, B. (2024). Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, Volume 7 Nomor 3, 2024. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 7899–7906.