Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana iklan media sosial, kualitas pelayanan, harga serta brand image memengaruhi keputusan konsumen di Toko MR. D.I.Y. Rantauprapat. Pendekatan kuantitatif yang dikombinasikan dengan teknik survei merupakan metodologi penelitian yang digunakan. Sampel penelitian berjumlah 96 responden yang ditentukan menggunakan rumus Cochran, sehingga dapat mewakili populasi dengan tingkat kepercayaan yang tinggi. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan Dampak dari setiap variabel terhadap keputusan pembelian diteliti menggunakan pendekatan regresi berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa iklan di media sosial secara signifikan dan positif memengaruhi keputusan konsumen untuk membeli. Kualitas pelayanan juga terbukti meningkatkan keputusan pembelian melalui pengalaman belanja yang nyaman dan memuaskan. Selain itu, faktor harga berkontribusi besar dalam mendorong konsumen untuk membeli, terutama ketika harga produk dinilai sebanding dengan kualitas yang diterima. Brand image yang kuat turut memperkuat keyakinan konsumen untuk memilih produk dari Toko MR. D.I.Y Rantauprapat. Secara simultan, keempat variabel ini berpengaruh bersama-sama dalam membentuk keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan kepada Toko MR. D.I.Y Rantauprapat untuk terus mengoptimalkan strategi promosi di media sosial, menjaga dan meningkatkan loyalitas pelanggan dan keputusan pembelian di masa mendatang dengan memperkuat citra merek, menetapkan harga yang kompetitif, dan meningkatkan kualitas layanan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Alma, B. (2020). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.
- Angelica, A., & Tj, H. W. (2025). The Influence of Social Media Marketing on Purchase Decisions Mediated by Brand Equity and Brand Trust. Journal of International Conference Proceedings, 7(5), 1100-1113. https://doi.org/10.32535/jicp.v7i5.3671ResearchGate
- Anwar, M., & Andrean, D. (2021). The Effect of Perceived Quality, Brand Image, and Price Perception on Purchase Decision. Proceedings of the 4th International Conference on Sustainable Innovation 2020-Accounting and Management (ICoSIAMS 2020), 78-82. https://doi.org/10.2991/aer.k.210121.012
- Ardiansah, I., & Maharani, M. (2021). Pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran. Jurnal Pemasaran Indonesia, 12(1), 45-56.
- Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (9th ed.). Rineka Cipta.
- Efendioglu, I. H., & Durmaz, Y. (2022). The Impact of Perceptions of Social Media Advertisements on Advertising Value, Brand Awareness and Brand Associations: Research on Generation Y Instagram Users. arXiv preprint arXiv:2209.13596.
- Ghozali, I. (2019). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
- Hermawan, S. (2018). Kualitas Layanan: Teori dan Implementasi (1st ed.). Erlangga.
- Ismael, A. S., Amin, M. B., Ali, M. J., Hajdú, Z., & Péter, B. (2025). Relationship between social media marketing and young customers’ purchase intention towards online shopping. Cogent Social Sciences, 11(1), 2459881.
- Kim, J., & Ko, E. (2012). The Impact of Social Media Marketing on Consumer Behavior. Journal of Fashion Marketing and Management, 16(3), 360-379.
- Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Principles of Marketing (16th ed.). Pearson Education.
- Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
- Marpaung, R., & Mekaniwati, I. (2020). Penetapan harga dan pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Manajemen dan Pemasaran, 8(2), 55-67.
- Misi, T., & Yendra, Y. (2024). Consumer Trust in Mediating the Impact of Service Quality on Purchase Decisions. Advances: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 2(6), 337-350.
- Mujahid, M. (2017). Proses pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(3), 100-110.
- Nunik, A., Lestari, M., & Sari, F. (2019). Pemasaran melalui media sosial: Analisis perilaku konsumen. Jurnal Komunikasi Pemasaran, 14(1), 45-60.
- Parry, M., Singh, S., & Sharma, R. (2021). Strategi Penetapan Harga dalam Bauran Pemasaran. Pustaka Alam.
- Purnama, D. (2021). The Effect of Brand Image On The Purchasing Decision of Xiaomi Smartphone: Case Study On IBI Kesatuan Students. International Conference on Global Optimization and Its Applications 2021
- Rangkuti, F. (2016). Strategi Pemasaran yang Berbasis pada Citra Merek. Gramedia.
- Santika, P., & Aquina, M. (2024). Peran iklan media sosial dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Jurnal Pemasaran Digital, 4(1), 25-36.
- Santoso, A., & Khuzaini, Z. (2021). Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(3), 130-140.
- Shien, W., Wang, T., & Chang, L. (2023). The Influence of Service Quality and Brand Image on Purchase Intention: Empirical Evidence from Online Shopping Platforms. Journal of Retailing and Consumer Services, 74, 103391. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2023.103391
- Sitanggang, D., Simatupang, H., & Syafruddin, I. (2023). Faktor-faktor penetapan harga dalam meningkatkan daya saing produk. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 21(2), 145-156.
- Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (12th ed.). Alfabeta.
- Sumardi, P. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen. Elex Media Komputindo.
- Tjiptono, F. (2017). Manajemen Pemasaran Jasa. Andi Offset.
- Tjiptono, F. (2020). Strategi Pemasaran dan Citra Merek. Andi Offset.
- Wijaya, V., F. (2018). Pengaruh citra merek terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Pemasaran dan Bisnis, 9(1), 120-130.
- Zhang, H., Zhao, H., & Sun, Q. (2022). Research on the Impact of Price Sensitivity on Consumers' Purchase Decision Behavior. arXiv preprint arXiv:2205.04181. https://doi.org/10.48550/arXiv.2205.04181
References
Alma, B. (2020). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.
Angelica, A., & Tj, H. W. (2025). The Influence of Social Media Marketing on Purchase Decisions Mediated by Brand Equity and Brand Trust. Journal of International Conference Proceedings, 7(5), 1100-1113. https://doi.org/10.32535/jicp.v7i5.3671ResearchGate
Anwar, M., & Andrean, D. (2021). The Effect of Perceived Quality, Brand Image, and Price Perception on Purchase Decision. Proceedings of the 4th International Conference on Sustainable Innovation 2020-Accounting and Management (ICoSIAMS 2020), 78-82. https://doi.org/10.2991/aer.k.210121.012
Ardiansah, I., & Maharani, M. (2021). Pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran. Jurnal Pemasaran Indonesia, 12(1), 45-56.
Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (9th ed.). Rineka Cipta.
Efendioglu, I. H., & Durmaz, Y. (2022). The Impact of Perceptions of Social Media Advertisements on Advertising Value, Brand Awareness and Brand Associations: Research on Generation Y Instagram Users. arXiv preprint arXiv:2209.13596.
Ghozali, I. (2019). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hermawan, S. (2018). Kualitas Layanan: Teori dan Implementasi (1st ed.). Erlangga.
Ismael, A. S., Amin, M. B., Ali, M. J., Hajdú, Z., & Péter, B. (2025). Relationship between social media marketing and young customers’ purchase intention towards online shopping. Cogent Social Sciences, 11(1), 2459881.
Kim, J., & Ko, E. (2012). The Impact of Social Media Marketing on Consumer Behavior. Journal of Fashion Marketing and Management, 16(3), 360-379.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Principles of Marketing (16th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Marpaung, R., & Mekaniwati, I. (2020). Penetapan harga dan pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Manajemen dan Pemasaran, 8(2), 55-67.
Misi, T., & Yendra, Y. (2024). Consumer Trust in Mediating the Impact of Service Quality on Purchase Decisions. Advances: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 2(6), 337-350.
Mujahid, M. (2017). Proses pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(3), 100-110.
Nunik, A., Lestari, M., & Sari, F. (2019). Pemasaran melalui media sosial: Analisis perilaku konsumen. Jurnal Komunikasi Pemasaran, 14(1), 45-60.
Parry, M., Singh, S., & Sharma, R. (2021). Strategi Penetapan Harga dalam Bauran Pemasaran. Pustaka Alam.
Purnama, D. (2021). The Effect of Brand Image On The Purchasing Decision of Xiaomi Smartphone: Case Study On IBI Kesatuan Students. International Conference on Global Optimization and Its Applications 2021
Rangkuti, F. (2016). Strategi Pemasaran yang Berbasis pada Citra Merek. Gramedia.
Santika, P., & Aquina, M. (2024). Peran iklan media sosial dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Jurnal Pemasaran Digital, 4(1), 25-36.
Santoso, A., & Khuzaini, Z. (2021). Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(3), 130-140.
Shien, W., Wang, T., & Chang, L. (2023). The Influence of Service Quality and Brand Image on Purchase Intention: Empirical Evidence from Online Shopping Platforms. Journal of Retailing and Consumer Services, 74, 103391. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2023.103391
Sitanggang, D., Simatupang, H., & Syafruddin, I. (2023). Faktor-faktor penetapan harga dalam meningkatkan daya saing produk. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 21(2), 145-156.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (12th ed.). Alfabeta.
Sumardi, P. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen. Elex Media Komputindo.
Tjiptono, F. (2017). Manajemen Pemasaran Jasa. Andi Offset.
Tjiptono, F. (2020). Strategi Pemasaran dan Citra Merek. Andi Offset.
Wijaya, V., F. (2018). Pengaruh citra merek terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Pemasaran dan Bisnis, 9(1), 120-130.
Zhang, H., Zhao, H., & Sun, Q. (2022). Research on the Impact of Price Sensitivity on Consumers' Purchase Decision Behavior. arXiv preprint arXiv:2205.04181. https://doi.org/10.48550/arXiv.2205.04181