Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan publik dan kinerja pegawai kelurahan terhadap kepercayaan masyarakat di Kelurahan Kota Pinang, Kecamatan Kota Pinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang tinggal di Kelurahan Kota Pinang, sementara sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang terdiri dari pernyataan mengenai kualitas pelayanan publik, kinerja pegawai, dan kepercayaan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kepercayaan masyarakat, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.458. Selain itu, kinerja pegawai kelurahan juga berpengaruh positif terhadap kepercayaan masyarakat, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.376. Penelitian ini menekankan bahwa peningkatan kualitas pelayanan publik dan kinerja pegawai kelurahan dapat meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar pemerintah Kelurahan Kota Pinang memperbaiki kualitas pelayanan dan kinerja pegawai untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan masyarakat.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Alwi, M. (2025). Penerapan Standar Pelayanan Publik Pada Kelurahan Pekkabata Kabupaten Polewali Mandar. Macoa: Jurnal Pkm, 2(1), 41-47.
- Ansori, M. (2025). Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Ngronggo Kota Kediri. Public Service And Governance Journal, 6(1), 213-238.
- Apani, T., & Suryani, L. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak. Japb, 8(1), 778-793.
- Ardiansyah, M. R., Natalisa, D., Rosa, A., & Maulana, A. (2025). The Influence Of Service Quality, Satisfaction, And Loyalty On Word Of Mouth Intention Among Bpjs Ketenagakerjaan Participants At Banyuasin Pangkalan Balai. American Journal Of Economic And Management Business (Ajemb), 4(1), 14-23.
- As’ad, A., Brasit, N., Muis, M., & Umar, F. (2023, May). How Leadership Style, Commitment, Work Climate, and Work Motivation Affect on Satisfaction and Performance. In 7th International Conference on Accounting, Management and Economics (ICAME-7 2022) (pp. 546-563). Atlantis Press.
- As’ad, A., Brasit, N., Muis, M., & Umar, F. (2024). uNVEILING THE ANTECEDENTS OF SuSTAINABLE PERFORMANCE: INSIGHTS FROM HOSPITALITY INDuSTRY MANAGERS.
- As' ad, A., Tiong, P., & Sani, A. (2022). Analisis Implementasi Budaya Organisasi dalam meningkatkan Kinerja Karyawan melalui Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja: Study Empirik Beberapa Café di kota Makassar. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 51-62.
- Aslamiah, S., Fahmi, Y., & Arlan, A. S. B. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Badan Pertanahan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Jurnal Pelayanan Publik, 2(2), 688-699.
- Buchori, I., Afifuddin, A., & Sekarsari, R. W. (2025). Peran Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Malang. Respon Publik, 19(2), 60-72.
- Hesti, H., Hafid, R., Toralawe, Y., Bahsoan, A., Panigoro, M., & Polamolo, C. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan Aparat Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Desa Pulau Enam Kecamatan Togean Kabupaten Tojo Una–Una. Journal Of Economic And Business Education, 3(1), 235-243.
- Iqbal, S., Taib, C. A. B., & Razalli, M. R. (2025). Unveiling Regulatory Effectiveness As A Mediator Between Service Quality And Consumer Satisfaction. International Journal Of Energy Sector Management.
- Kibtiah, M., & Suryani, L. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kelurahan Belimbing Raya Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong. Japb, 7(2), 1789-1799.
- Muchran, M., & Rizaldi, A. R. (2025). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Optimal Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(1), 32-61.
- Pramuditha, R., Muhafidin, D., Sumaryana, A., & Susanti, E. (2025). E-Government Implementation And Public Service Quality: Challenges And Opportunities In Indonesian Local Administration. Tec Empresarial, 20(1), 61-70.
- Putra, D. F. A., Herlina, E., & Fitralisma, G. (2025). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kelurahan Limusnungal Sukabumi. Mamen: Jurnal Manajemen, 4(1), 80-94.
- Putra, D. F. A., Herlina, E., & Fitralisma, G. (2025). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kelurahan Limusnungal Sukabumi. Mamen: Jurnal Manajemen, 4(1), 80-94.
- Siregar, A. R., Panjaitan, S. D., Bintang, N. R., Purba, S. H., Giawa, A., & Supraja, G. (2025). The Influence Of E Government On Public Service Quality. International Journal Of Economic Research And Financial Accounting, 3(2).
- Susilowati, C. W., & Trigono, A. (2025). Analysis Of The Impact Of System Governance On User Satisfaction Regarding The Quality Of Emr Services In The Emergency Department (Ed) Of Bhayangkara Tk I Pusdokkes Polri Hospital In 2024. Saudi J Bus Manag Stud, 10(1), 33-40.
- Zahrani, I., Jumaidi, J., & Urahmah, N. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan Air Bersih Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Instalasi Pengelolaan Air (Ipa) Telaga Silaba Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Jurnal Pelayanan Publik, 2(1), 110-121.
References
Alwi, M. (2025). Penerapan Standar Pelayanan Publik Pada Kelurahan Pekkabata Kabupaten Polewali Mandar. Macoa: Jurnal Pkm, 2(1), 41-47.
Ansori, M. (2025). Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Ngronggo Kota Kediri. Public Service And Governance Journal, 6(1), 213-238.
Apani, T., & Suryani, L. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak. Japb, 8(1), 778-793.
Ardiansyah, M. R., Natalisa, D., Rosa, A., & Maulana, A. (2025). The Influence Of Service Quality, Satisfaction, And Loyalty On Word Of Mouth Intention Among Bpjs Ketenagakerjaan Participants At Banyuasin Pangkalan Balai. American Journal Of Economic And Management Business (Ajemb), 4(1), 14-23.
As’ad, A., Brasit, N., Muis, M., & Umar, F. (2023, May). How Leadership Style, Commitment, Work Climate, and Work Motivation Affect on Satisfaction and Performance. In 7th International Conference on Accounting, Management and Economics (ICAME-7 2022) (pp. 546-563). Atlantis Press.
As’ad, A., Brasit, N., Muis, M., & Umar, F. (2024). uNVEILING THE ANTECEDENTS OF SuSTAINABLE PERFORMANCE: INSIGHTS FROM HOSPITALITY INDuSTRY MANAGERS.
As' ad, A., Tiong, P., & Sani, A. (2022). Analisis Implementasi Budaya Organisasi dalam meningkatkan Kinerja Karyawan melalui Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja: Study Empirik Beberapa Café di kota Makassar. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 51-62.
Aslamiah, S., Fahmi, Y., & Arlan, A. S. B. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Badan Pertanahan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Jurnal Pelayanan Publik, 2(2), 688-699.
Buchori, I., Afifuddin, A., & Sekarsari, R. W. (2025). Peran Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Malang. Respon Publik, 19(2), 60-72.
Hesti, H., Hafid, R., Toralawe, Y., Bahsoan, A., Panigoro, M., & Polamolo, C. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan Aparat Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Desa Pulau Enam Kecamatan Togean Kabupaten Tojo Una–Una. Journal Of Economic And Business Education, 3(1), 235-243.
Iqbal, S., Taib, C. A. B., & Razalli, M. R. (2025). Unveiling Regulatory Effectiveness As A Mediator Between Service Quality And Consumer Satisfaction. International Journal Of Energy Sector Management.
Kibtiah, M., & Suryani, L. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kelurahan Belimbing Raya Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong. Japb, 7(2), 1789-1799.
Muchran, M., & Rizaldi, A. R. (2025). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Optimal Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(1), 32-61.
Pramuditha, R., Muhafidin, D., Sumaryana, A., & Susanti, E. (2025). E-Government Implementation And Public Service Quality: Challenges And Opportunities In Indonesian Local Administration. Tec Empresarial, 20(1), 61-70.
Putra, D. F. A., Herlina, E., & Fitralisma, G. (2025). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kelurahan Limusnungal Sukabumi. Mamen: Jurnal Manajemen, 4(1), 80-94.
Putra, D. F. A., Herlina, E., & Fitralisma, G. (2025). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kelurahan Limusnungal Sukabumi. Mamen: Jurnal Manajemen, 4(1), 80-94.
Siregar, A. R., Panjaitan, S. D., Bintang, N. R., Purba, S. H., Giawa, A., & Supraja, G. (2025). The Influence Of E Government On Public Service Quality. International Journal Of Economic Research And Financial Accounting, 3(2).
Susilowati, C. W., & Trigono, A. (2025). Analysis Of The Impact Of System Governance On User Satisfaction Regarding The Quality Of Emr Services In The Emergency Department (Ed) Of Bhayangkara Tk I Pusdokkes Polri Hospital In 2024. Saudi J Bus Manag Stud, 10(1), 33-40.
Zahrani, I., Jumaidi, J., & Urahmah, N. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan Air Bersih Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Instalasi Pengelolaan Air (Ipa) Telaga Silaba Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Jurnal Pelayanan Publik, 2(1), 110-121.