Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi strategi pemasaran ramah lingkungan dan pengaruhnya terhadap perilaku konsumen di Grand Toserba Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran seperti penyediaan zona khusus produk ramah lingkungan, edukasi konsumen, penggunaan kemasan daur ulang, serta promosi tematik berpengaruh positif terhadap loyalitas dan persepsi konsumen. Konsumen merespons positif strategi ini dan mengaitkannya dengan citra merek yang bertanggung jawab terhadap lingkungan. Meskipun terdapat tantangan seperti persepsi harga yang lebih tinggi dan kurangnya informasi yang merata, sebagian besar konsumen menunjukkan kecenderungan untuk loyal dan memilih produk ramah lingkungan.

Keywords

Strategi Pemasaran Ramah Lingkungan Perilaku Konsumen Loyalitas Konsumen Grand Toserba Makassar

Article Details

How to Cite
Luhur, M. F. A. ., Ruliaty, R., & Indrayani, S. . (2025). Analisis Strategi Pemasaran Ramah Lingkungan Terhadap Perilaku Konsumen Grand Toserba Makassar. Economics and Digital Business Review, 6(2), 1237–1246. Retrieved from https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/view/2409

References

  1. Adisaputro, G. (2019). Manajemen Pemasaran "Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran". Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
  2. Ahidin, U. (2016). Implementasi Pemasaran Berkelanjutan Dalam Rangka mendukung Ekonomi Berkelanjutan dan Pembangunan Berkelanjutan (Sebuah Tinjauan). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 3(1), 243-255.
  3. Ajzen, I., dan Fishbein, M, (1975) Belief, Attitude,
  4. Basu, S., & Handoko, H. (2015). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.
  5. Davis, (1989) mengembangkan model penerimaan teknologi (TAM) berdasarkan TRA.
  6. Firmansyah, M. F. (2020). Model Ekonomi Pengalaman: Memahami Perilaku Konsumen dan Layanan Konten Berbayar. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 7(2), 152-168.
  7. Gordon, R., Carrigan, M., & Hastings, G. (2011). A Framework for Sustainable Marketing. Marketing theory, 11(2), 143-163
  8. Gurning, L. R., & Rahmanita, M. (2018). Potensi Gamifikasi Berbasis Platform Digital dalam Penelitian Pariwisata: Kajian Literatur. Tourism Scientific Journal, 9(1), 14-27.
  9. Hendrayani, E., & Siwiyanti, L. (2021). Manajemen Pemasaran. Samudra Biru.
  10. Homans, G. C. 1961. Elementary forms of social behavior. New York: HarcourtIntention, and Behaviour: An Introduction to
  11. Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama Cetakan Kesebelas. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  12. Kluckhohn, F. R. dan F. L. Strodtbeck 1961 Variations in Value Orientation: A Theory Tested in Five Cultures. Evanston, Illinois: Row, Peterson and Co.
  13. Kotler Philip., 2018 Principles of Marketing : Global Edition, 17th. United Kingdom : Pearson.
  14. Kotler, P., & Keller, K. L. (1992). Perilaku Konsumen. PT Midas Surya Grafindo, Jakarta. Mass.
  15. Mowen, J. C., & Minor, M. (2012). Perilaku Konsumen dialih bahasakan oleh Dwi Kartika Yahya. Jakarta: Erlangga, 604.
  16. Nugraha, J. P., Alfiah, D., Sinulingga, G., Rojiati, U., Saloom, G., Johannes, R., ... & Beribe, M. F. B. (2021). Teori perilaku konsumen. Penerbit NEM.
  17. Nugroho. 2019. Perilaku Konsumen. Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Cetakan VII. Jakarta: PrenadaMedia Group.
  18. Ottman, Jacquelyn A. 2011. The New Rules of Green Marketing. Greenleaf Publishing, Sheffield, England.
  19. Peattie, K. (2012). Sustainable Marketing: Marketing Re-Thought, Re-Mixed and Re-Tooled. Saren, M.; Maclaran, P.; Goulding, C, 193-207.
  20. Purboyo, P., Hastutik, S., Kusuma, G. P. E., Sudirman, A., Sangadji, S. S., Wardhana, A., ... & Syamsuri, S. (2021). Perilaku Konsumen (Tinjauan Konseptual & Praktis) (No. rwy65). Center for Open Science.
  21. Rajeev, Kumar. 2016. Green Marketing: The Next Big Thing. Advance in Management. Vol. 9 (2)
  22. Romadhoni, B. (2024). Perilaku Konsumen: Mengenal Konteks dan Sikap Konsumen. Penerbit NEM.
  23. Ross, S. A., Westerfield, R. W., & Jaffe, J. (2015). Corporate Finance. Tenth Edition. New York, USA: McGraw-Hill Education.
  24. Soekanto, S. (1977). Kesadaran hukum dan kepatuhan hukum. Jurnal Hukum & Pembangunan, 7(6), 462-471.
  25. Stevanie, C. 2016. Pengaruh Green Marketing Terhadap Nilai Yang Dipersepsikan Dalam Keputusan Pembelian Pada Ades (Studi Kasus Pada Mahasiswa/i Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University. Jurnal Telkom University.
  26. Sumawan, D. (2010). Analisis pengaruh promosi, harga, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan (studi kasus pada soto kudus kauman, Pondok Cabe Kota Tangerang Selatan).
  27. Sundjaja, Ridwan S. dan Inge Barlian. (2015) Manajemen Keuangan I, Edisi 5, Jakarta : Literata Lintas Media.Theory and Research. Addison-Wesley, Reading,
  28. Thibaut, John W. & Harold H. Kelley. 1959. The Social Psychology of Groups. New York. John Wiley & Sons, Inc. London. Chapman & Hall, Ltd
  29. Tjiptono, Fandy. 2017. Pemasaran : Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta
  30. Widodo, T., & Qurniawati, R. S. (2016). Pengaruh kolektivisme, perceived consumer effectiveness, dan kepedulian lingkungan terhadap perilaku pembelian ramah lingkungan. Among Makarti, 8(2).
  31. Wignjosoebroto, S. (1999). Hak-hak Asasi Manusia: Perkembangan Pengertiannya yang Merefleksikan Dinamika Sosial-Politik. Masyarakat, Kebudayaan dan Politik, Th XII, (4).
  32. Wood, J.V. (1996). What is social comparison and how should we study it?.Personality and Social Psychology Bulletin, 22 (5), 520-537.