Main Article Content

Abstract

Di era digital saat ini, penyebaran informasi semakin cepat dan luas dengan hadirnya berbagai platform media, baik media konvensional seperti televisi maupun media digital seperti portal berita daring dan media sosial. Adanya penerjemah bahasa isyarat ini tentu memudahkan para penyandang tunarungu untuk memperoleh informasi secara cepat, tanggap dan jelas. Pada akhirnya para penyandang tunarungu tidak kesulitan lagi dalam memperoleh informasi karna sudah tersedianya fitur yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan hubungan penyampaian sign language interpreter di siaran berita televisi terhadap penerimaan informasi siswa penyandang tunarungu SLB B Karya Ibu Kota Palembang.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan Populasi pada penelitian ini yaitu 45 responden siswa penyandang tunarungu SLB B Karya Ibu Kota Palembang dengan teknik purposive sampling dan sampel, adapun data yang didapatkan dari penyebaran angket, observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan Teori Uses And Gratifications. Hasilnya bahwa efektivitas penyampaian sign language interpreter koefisien determinasi (Rsquare senilai 0,304 yang mengandung pengertian bahwasanya pengaruh variable bebas (penyampaian sign language interpreter) terhadap variable terikat (penerimaan informasi) ialah senilai 30,4%. Hasil ini memperlihatkan bahwasanya data memiliki hubungan yang linear, yang bearti ada hubungan yang positif antara penyampaian sign language interpreter dengan penerimaan informasi siswa penyandang tunarungu SLB B.

Keywords

Berita, Interpreter, Isyarat.

Article Details

How to Cite
Riani , A. D. . (2025). Efektivitas Penyampaian Sign Language Interpreter Terhadap Penerimaan Informasi (Studi Pada Siswa Penyandang Tunarungu Sekolah Luar Biasa B Karya Ibu Kota Palembang). Economics and Digital Business Review, 6(2), 1231–1241. Retrieved from https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/view/2406

References

  1. Aditia, P., Kreatif, F. I., & Isyarat, B. (2017). Buku Ilustrasi Bahasa Isyarat Indonesia ( BISINDO ) Bagi Anak Tunarungu Illustrated Book Of Indonesian Sign Language biasa
  2. digunakan sebagai rujukan pembelajaran di SLB , buku psikologi tumbuh kembang anak. E-Proceeding of Art & Design, 4(3), 799–803.
  3. Azmir, M. dkk. (2019). Efektivitas BISINDO (Bahasa Isyarat Indonesia) Program Siaran Redaksi Sore Trans7 Pada Bali Deaf Community. Jurnal Medium, 1(2), 1–8.
  4. Fani, F. (2019). Penggunaan Bahasa Isyarat Indonesia Dan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia Pada Kelompok Tuna Rungu Dalam Berkomunikasi.
  5. Fikri, Y. S. (2019). Efektivitas Penggunaan Bahasa Isyarat Pada Tayangan Program TV Debat CAPRES Dan CAWAPRES 2019 Bagi Komunitas Gerakan Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia Kota Bogor. ix, 90 hlm,; 26 cm.
  6. Fina, A., & Fadhilah, R. (2024). Efektivitas Penggunaan Penerjemah Bahasa Isyarat Pada Penayangan Televisi Bagi Penyandang Tunarungu di SLB Negeri1Ngawi.
  7. Githa, S. M., & Binastuti, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Sign Language Interpreter (Penerjemah Bahasa Isyarat) Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Program Berita Buletin Inews Siang GTV Pada Siswa SMPLB & SMALB Kota Depok. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi.
  8. Hakim, L. (2019). Tingkat kepuasan orang tuli dalam menonton program berita di televisi nasional. Repository UIN Jakarta, Juli, 1–157.
  9. Isma, S. T. P. (2018). Meneliti Bahasa Isyarat Dalam Persepektif
  10. Variasi Bahasa Silva Tenrisara Isma Abstrak.1–14.
  11. Kissya, V. (2022). Penggunaan Bahasa Isyarat Dalam Komunikasi Antara
  12. Penyandang Tunga Rungu, Guru, Serta Keluarga di (Sekolah Luar Biasa Pelitah Kasih) Rumah Tiga Ambon. Hipotesa, 16(1), 20–34.
  13. Mendoza, S. D., Nieweglowska, E. S., Govindarajan, S., Leon, L. M., Berry, J. D., Tiwari, A., Chaikeeratisak, V., Pogliano, J., Agard, D. A., Bondy-Denomy, J., Chatterjee, P., Jakimo, N., Lee, J., Amrani, N., Rodríguez, T., Koseki, S.
  14. R. T., Tysinger, E., Qing, R., Hao, S., … Wang, H. (2020). No
  15. Mursita. (2015). Respon Tunarungu Terhadap Penggunaan Sistem Bahasa Isyarat Indonesia (SIBI) Dan Bahasa Isyarat Indonesia(BISINDO)Dalam Komunikasi.
  16. Novi. (2018). Memahami Komunikasi Nonverbal: Pengertian Hingga Tips. https://www.gramedia.com/literasi/komunikasi- nonverbal/#google_vignette
  17. Soekirno. (2018). Komunitas yang Mengajarkan Bahasa Isyarat untuk Semua Orang. https://www.kompas.id/baca/muda/2018/10/09/gerkatin-solo- komunitas-yang-mengajarkan-bahasa-isyarat-untuk-semua-orang/
  18. Sugiyono. (2016). Metode PEnelitian KUantitatif. Alfabeta.
  19. Syahriman, A., & Mulyana, A. (2021). Multikulturalisme: Analisis Wacana Buku Teks Pelajaran Sejarah. Jazirah: Jurnal Peradaban Dan Kebudayaan, 2(1), 17–31. https://doi.org/10.51190/jazirah.v2i1.22
  20. Thabroni. (2022a). Komunikasi Non-Verbal: Pengertian, Klasifikasi, Fungsi, Tujuan, dsb. https://serupa.id/komunikasi-non-verbal-pengertian- klasifikasi-fungsi-tujuan-dsb/
  21. Thabroni, G. (2022b). Komunikasi Non-Verbal: Pengertian, Klasifikasi, Fungsi
  22. Tujuan,dsb.Serupa.Id.
  23. Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Universitas Diponegoro
  24. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  25. Santoso. (2018). Statistik Parametrik: Konsep dan Aplikasinya dengan SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo.
  26. Utami. (2016). Bahasa isyarat dalam program berita televisi di TVOne dan TVRI . Journal Komunikasi Nonverbal.
  27. Artha. (2016). Efektivitas Komunikasi Menggunakan Teori Usess And Gratifications. BMC Public Health, 5(1), 1–8.
  28. Rubin. (2018). Aspek Kegunaan dan Kepuasan Teori Usess And Gratifications: Interaksi Pola Menonton dan Motivasi. Jurnal Penyiaran, 27(1), 37-51.
  29. Regioro, (2018). Teori Penggunaan dan Gratifikasi . Komunikasi Massa & Masyarakat, 3(1), 3-37.
  30. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/298%0Ahttp://repo sitorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2 015.10.005%0Ahttp://www.biomedcentral.com/1471- 2458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P
  31. https://serupa.id/komunikasi-non-verbal-pengertian-klasifikasi-fungsi-tujuan-dsb/#google_vignette
  32. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng- 8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regs ciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/30532 0484_Sistem_Pembentungan_Terpusat_Strategi_Melestari
  33. http://kbi.kemdikbud.go.id/kbi_back/file/dokumen_makalah/dokumen_ma kalah_1540468871.pdf
  34. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28803%0Ahttp://etheses.iainpon orogo.ac.id/28803/1/efektivitas skripsi al fina rizky fadhilah.pdf
  35. https://www.researchgate.net/publication/319649293_Respon_Tunar ungu_Terhadap_Penggunaan_Sistem_Bahasa_Isyarat
  36. _Indonesa_Sibi_Dan_Bahasa_Isyarat_Indonesia_Bisindo_Dalam_Komunikasi