Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui user friendly (kemudahan penggunaan), benefit (manfaat) dan risiko penggunaan QRIS Mobile Banking terhadap kepuasan nasabah bank nagari cabang siteba. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi variabel terikat, yaitu kepuasan nasabah (Y), dan variabel bebas yaitu user friendly (X1), benefit (X2), dan risiko penggunaan (X3). Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden dengan menggunakan teknik non-probability sampling. Dengan menggunakan pengujian uji instrument ( uji validitas dan uji realibilitas), uji asumsi kelasik (uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas) kemudian regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa user friendly tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Benefit berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan QRIS Mobile Banking. Sedangkan resiko penggunaan tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan QRIS Mobile Banking.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Akyuwen, R. (2020). Lebih Mengenal Digital Banking. In Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.
- Ariyanto, A. (2023). Manajemen Pemasaran. In U. Saripudin (Ed.), Widina Bhakti Persada Bandung.
- Ashoer, M., Murdifin, I., Basalamah, J., As’ad, A., & Pramukti, A. (2021, February). Integrating social commerce constructs into mobile application service; a structural equation model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1783, No. 1, p. 012043). IOP Publishing.
- Atieq, M. Q., & Nurpiani, E. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Manfaat Dan Risiko Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 401–423. https://doi.org/10.46306/vls.v2i1.109
- Azizah, N., & Abaharis, H. (2024). 1 st KBP Conference Business THE INFLUENCE OF SERVICE QUALITY AND PRICE ON CUSTOMER SATISFACTION AT THE RANGKAYO BASA. March, 134–151.
- Basalamah, S. A. (2021). The role of work motivation and work environment in improving job satisfaction. Golden Ratio of Human Resource Management, 1(2), 94-103.
- Basalamah, S. A. (2020). Strategi pemasaran jasa dalam meningkatkan jumlah nasabah PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar. Jurnal Ekonomika, 4(1), 73-81.
- Davis, F. D. (2011). Delle vicende dell’agricoltura in Italia; studio e note di C. Bertagnolli. Delle Vicende Dell’agricoltura in Italia; Studio e Note Di C. Bertagnolli., 13(3), 319–340. https://doi.org/10.5962/bhl.title.33621
- EKAYANTI, Y., & Syafdaningsih, S. (2023). Identifikasi Perilaku Bidang Pengembangan Moral Anak Kelompok B Di Tk It Al-Dhaifullah Desa Betung Kecamatan Abab Kabupaten …. Alfabeta,Bandung, 27–44.
- Febriana, N. I. (2016). MUAMALAT INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU TULUNGAGUNG.
- Kamarudin, J., Nursiah, N., & ... (2022). Pengaruh Faktor Kemudahan, Keamanan, dan Resiko Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus Pada Nasabah BRI Kabupaten Mamuju). FORECASTING: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(2), 11–18.
- Laloan, W., Wenas, R., & Loindong, S. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, dan Risiko Terhadap Minat apengguna E-Payment QRIS pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(02), 375–386. https://doi.org/10.35794/emba.v11i02.48312
- Nursyahida, F. I., & Hasanuddin, M. (2021). … Risiko Pada Aplikasi Investree Terhadap Keputusan Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (Fintech) Peer To Peer …. Al-Muamalat …, 2(1), 82–96.
- Peraturan Bank Indonesia. (2009). Peraturan Bank Indonesia. Peraturan Bank Indonesia Nomor: 11/ 25 /Pbi/2009, 28.
- Rifa’i, K. (2023). Kepuasan Konsumen. In M. A. M Hamdi HS, S.IP. & Layout (Eds.), Pengaruh Pengalaman, Pengetahuan Dan Keterampilan Auditor Terhadap Kualitas Audit.
- Romadon, A. S., & Nurhapsari, R. (2020). Pengaruh Kemudahan Terhadap Keputusan Menggunakan E-Banking Pada Bni 46 Kc Karangayu Semarang Dengan Minat Nasabah Dan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi. Solusi, 18(4). https://doi.org/10.26623/slsi.v18i4.2847
- Saputri, S. Y. (2024). Pengaruh Kemudahan , Manfaat dan Risiko Penggunaan Qris Aplikasi BSI Mobile Terhadap Keputusan Konsumen Melakukan Pembayaran di UMKM ( Studi Kasus Pada Filosofi Kue Pancong Kartasura Sukoharjo ). 3(01), 362–370.
- Sari, D. M., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2021). MANFAAT DAN RISIKO PENGGUNAAN LAYANAN PERBANKAN MELALUI APLIKASI MOBILE BANKING. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 12(2), 170.
- Sari, N. K., & As' ad, A. (2022). Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Masker Pokana Saat Pandemi di Makassasar. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 63-70.
- Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi sistem pembayaran quick response indonesia standard universitas sumatera utara. Manajemen Bisnis, 17(2), 287–297.
- Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. (ke 1 ). Alfabeta,cv.
- Sugiyono. (2017). metode penelitian bisnis.
- Sugiyono. (2020a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); Kedua). Alfabeta.
- Sugiyono. (2020b). metode penelitian kuantitatif, kualitatif R&D.
- Taryanda, M. A., Ferawati, R., & Andriani, B. F. (2024). Pengaruh persepsi manfaat, kemudahan penggunaan, dan risiko terhadap minat menggunakan qris pada masyarakat di kota jambi. 1(3), 87–101.
- Ummah, M. S. (2019). pemasaran dan kepuasan pelanggan. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1).
- Wibowo, A. (2022). Resiko Manajemen. Manajemen Resiko, 1, 1–407.
- Yanti, A. I., & Adhiyani, O. R. (2021). Analisa Pengaruh Iklan, Cashback Dan User Friendly Terhadap Impulse Buying Konsumen Dompet Elektronik Ovo Di Surakarta. Jurnal MEBIS (Manajemen Dan Bisnis), 5(2), 97–109. https://doi.org/10.33005/mebis.v5i2.109.
References
Akyuwen, R. (2020). Lebih Mengenal Digital Banking. In Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.
Ariyanto, A. (2023). Manajemen Pemasaran. In U. Saripudin (Ed.), Widina Bhakti Persada Bandung.
Ashoer, M., Murdifin, I., Basalamah, J., As’ad, A., & Pramukti, A. (2021, February). Integrating social commerce constructs into mobile application service; a structural equation model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1783, No. 1, p. 012043). IOP Publishing.
Atieq, M. Q., & Nurpiani, E. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Manfaat Dan Risiko Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 401–423. https://doi.org/10.46306/vls.v2i1.109
Azizah, N., & Abaharis, H. (2024). 1 st KBP Conference Business THE INFLUENCE OF SERVICE QUALITY AND PRICE ON CUSTOMER SATISFACTION AT THE RANGKAYO BASA. March, 134–151.
Basalamah, S. A. (2021). The role of work motivation and work environment in improving job satisfaction. Golden Ratio of Human Resource Management, 1(2), 94-103.
Basalamah, S. A. (2020). Strategi pemasaran jasa dalam meningkatkan jumlah nasabah PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar. Jurnal Ekonomika, 4(1), 73-81.
Davis, F. D. (2011). Delle vicende dell’agricoltura in Italia; studio e note di C. Bertagnolli. Delle Vicende Dell’agricoltura in Italia; Studio e Note Di C. Bertagnolli., 13(3), 319–340. https://doi.org/10.5962/bhl.title.33621
EKAYANTI, Y., & Syafdaningsih, S. (2023). Identifikasi Perilaku Bidang Pengembangan Moral Anak Kelompok B Di Tk It Al-Dhaifullah Desa Betung Kecamatan Abab Kabupaten …. Alfabeta,Bandung, 27–44.
Febriana, N. I. (2016). MUAMALAT INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU TULUNGAGUNG.
Kamarudin, J., Nursiah, N., & ... (2022). Pengaruh Faktor Kemudahan, Keamanan, dan Resiko Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus Pada Nasabah BRI Kabupaten Mamuju). FORECASTING: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(2), 11–18.
Laloan, W., Wenas, R., & Loindong, S. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, dan Risiko Terhadap Minat apengguna E-Payment QRIS pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(02), 375–386. https://doi.org/10.35794/emba.v11i02.48312
Nursyahida, F. I., & Hasanuddin, M. (2021). … Risiko Pada Aplikasi Investree Terhadap Keputusan Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (Fintech) Peer To Peer …. Al-Muamalat …, 2(1), 82–96.
Peraturan Bank Indonesia. (2009). Peraturan Bank Indonesia. Peraturan Bank Indonesia Nomor: 11/ 25 /Pbi/2009, 28.
Rifa’i, K. (2023). Kepuasan Konsumen. In M. A. M Hamdi HS, S.IP. & Layout (Eds.), Pengaruh Pengalaman, Pengetahuan Dan Keterampilan Auditor Terhadap Kualitas Audit.
Romadon, A. S., & Nurhapsari, R. (2020). Pengaruh Kemudahan Terhadap Keputusan Menggunakan E-Banking Pada Bni 46 Kc Karangayu Semarang Dengan Minat Nasabah Dan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi. Solusi, 18(4). https://doi.org/10.26623/slsi.v18i4.2847
Saputri, S. Y. (2024). Pengaruh Kemudahan , Manfaat dan Risiko Penggunaan Qris Aplikasi BSI Mobile Terhadap Keputusan Konsumen Melakukan Pembayaran di UMKM ( Studi Kasus Pada Filosofi Kue Pancong Kartasura Sukoharjo ). 3(01), 362–370.
Sari, D. M., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2021). MANFAAT DAN RISIKO PENGGUNAAN LAYANAN PERBANKAN MELALUI APLIKASI MOBILE BANKING. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 12(2), 170.
Sari, N. K., & As' ad, A. (2022). Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Masker Pokana Saat Pandemi di Makassasar. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 63-70.
Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi sistem pembayaran quick response indonesia standard universitas sumatera utara. Manajemen Bisnis, 17(2), 287–297.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. (ke 1 ). Alfabeta,cv.
Sugiyono. (2017). metode penelitian bisnis.
Sugiyono. (2020a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); Kedua). Alfabeta.
Sugiyono. (2020b). metode penelitian kuantitatif, kualitatif R&D.
Taryanda, M. A., Ferawati, R., & Andriani, B. F. (2024). Pengaruh persepsi manfaat, kemudahan penggunaan, dan risiko terhadap minat menggunakan qris pada masyarakat di kota jambi. 1(3), 87–101.
Ummah, M. S. (2019). pemasaran dan kepuasan pelanggan. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1).
Wibowo, A. (2022). Resiko Manajemen. Manajemen Resiko, 1, 1–407.
Yanti, A. I., & Adhiyani, O. R. (2021). Analisa Pengaruh Iklan, Cashback Dan User Friendly Terhadap Impulse Buying Konsumen Dompet Elektronik Ovo Di Surakarta. Jurnal MEBIS (Manajemen Dan Bisnis), 5(2), 97–109. https://doi.org/10.33005/mebis.v5i2.109.