Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen Hady Bakery Di Merauke

Main Article Content

Sopia Betaubun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kepuasan konsumen pada Hady Bakery di Merauke. Populasi dalam penelitian ini adalah orang yang pernah atau sedang membeli pada Hady Bakeryyang berjumlah 7.850 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 99 responden yang diambil menggunakan rumus Slovin dengan penentuan menggunakan metode Purposive Sampling. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan alat bantu SPSS versi 25.Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Hady Bakery, terlihat dari nilai t_hitung 2,081 > t_tabel 1,661 dengan nilai signifikansi < 0,05. Secara parsial inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Hady Bakery, dilihat dari nilai t_hitung 3,248 > t_tabel 1,661 dengan nilai signifikansi < 0,05. Orientasi pasar dan inovasi produk secara bersama-sama atau simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Hady Bakery, dilihat dari nilai F_hitung 31,412 > F_tabel 3,091 dengan nilai signifikansi < 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Betaubun, S. . (2022). Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen Hady Bakery Di Merauke. Economics and Digital Business Review, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i1.239

References

Apriyono, T. (2013). Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kepuasan Pelanggan PTHadji Kalla di Kota Palu. Tesis Program Studi Magister Manajemen. Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia Makassar.

Ashari, A. P., Hardiyono, H., & Aswar, N. F. (2020). ANALISIS PENGARUH CITRA MERK, KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG DI MAKASSAR. 3, 18–32.

Aswar, N. F., Burhanuddin, M. K., & Latiep, I. F. (2020). Product Quality and Price on the Purchase Decision of Hawai Bakery Agents Merauke Products. Economics and Digital Business Review, 1(2), 75–81. https://doi.org/10.37531/ecotal.v1i2.12

Fatma, N., Fajri, N., Ifah, I., & Latiep, F. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Produk menggunakan Persepsi Harga dan Kualitas Produk. SEIKO : Journal of Management & Business, 4(2), 533–540.

Fillayata, V. E., & Kunci, K. (2020). Pengaruh Inovasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi pada Road Café Steak & Pasta Bandung ). 26–27.

Hutagalung, L. W. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Oriflame Cabang Medan. Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis.

Kotler, P. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Indeks.

Supriadi, B., Astuti, W., & Firdiansyah, A. (2017). Green Product And Its Impact on Cutomer Satisfaction. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), 19(8), 35–42.