Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, tarif, dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan pengguna Bus Trans Padang Koridor 1. Faktor-faktor yang diteliti mencakup dimensi kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy), serta pengaruh tarif dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan survei melalui kuesioner kepada 50 responden yang merupakan pengguna Bus Trans Padang Koridor 1 dengan teknik purposive sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap setiap variabel. Teknik analisis data meliputi, uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis yang meliputi uji T. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan penelitian diperoleh persamaan regresi Y = -3,248 + 0,335 X1 + 0,120 X2 + 0,666 X3+ 0,238 X4 + 0,027 X5 + -0,083 X6+ 0,356 X7+e, yaitu tangible (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), assurance (X4), Empaty (X5) dan Fasilitas (X7) berpengaruh posistif dan signifikan terhadap kepuasan pelangan sedangkan tarif (X6) berpengaruh negatif terhadap kepuasan pelanggan pengguna bus trans padang koridor 1.

Keywords

Kualitas Pelayanan Tarif Fasilitas Kepuasan Pelanggan

Article Details

How to Cite
Susanti, F., & Gusman, A. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tarif Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Bus Trans Padang Koridor 1. Economics and Digital Business Review, 6(2), 1072–1083. https://doi.org/10.37531/ecotal.v6i2.2382

References

  1. Adiyanto, Y. (2020). Pengaruh Harga Trayek dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Bus Damri Trayek Serang-Sumut DiKantor Cabang Perum Damri Serang. 3(2), 40–52.
  2. Agus Dharmanto1),Novita Wahyu Setyawati2), D. S. W. P. (2022). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Fasilitas Pelayanan Publik Pada Pengguna Trans Jakarta. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.2No.11(3), 1–12. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/1396
  3. Agustina, R., & Handayani, S. (2023). HHC RSPP Patient Satisfaction and the Impact of Reliability, Assurance,Tangible, Empathy, and Responsiveness. East Asian Journal of Multidisciplinary Research, 2(2), 799–810. https://doi.org/10.55927/eajmr.v2i2.3032
  4. Ajib, A. F., Priadi, A., Sufri, M., & As' ad, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian ada Produk Pisang Goreng Nugget Cabang Pettarani Makassar. Paradoks: Jurnal Ilmu Ekonomi, 5(2), 111-119.
  5. Alfajar, F., Mustainah, Tawil, M., & Polii, J. J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Makasar Jeans House Kota Palu. 1(1996).
  6. Apriliani, N. L. P., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap kepuasan Pelanggan Pada Water Garden Hotel Candidasa Bali. Jurnal Emas, 3(3), 217–230.
  7. Basalamah, S. A. (2020). Strategi pemasaran jasa dalam meningkatkan jumlah nasabah PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar. Jurnal Ekonomika, 4(1), 73-81.
  8. Chaerudin, S. M., & Syafarudin, A. (2021). The Effect Of Product Quality, Service Quality, Price On Product Purchasing Decisions On Consumer Satisfaction. Ilomata International Journal of Tax and Accounting, 2(1), 61–70. https://doi.org/10.52728/ijtc.v2i1.202
  9. Deni, M., Trianto, A., Bangsawan, A., Welly Angga Permana, K., & Sjakhyakirti, U. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pengguna Jasa Transportasi Teman Bus Pt. Trans Musi Palembang Jaya di Kota Palembang. Jurnal EK&BI, 5(2), 364–372. https://doi.org/10.37600/ekbi.v5i2.599
  10. Fatullah, A. I., & Saryanti, E. (2022). Aktual : Jurnal Akuntansi Dan Keuangan ISSN : The Effect Of Service Quality On Customer Satisfaction Po . BUS " SAND PAPER " Karanganyar Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Po . BUS “ SAND PAPER ” Aktual : Jurnal Akuntansi Dan Keuangan. 7(1), 30–46.
  11. Geebren, A., & Jabbar, A. (2021). Factors that influence customer trust and satisfaction in mobile banking: A problematization approach. International Journal of E-Business Research, 17(3), 66–82. https://doi.org/10.4018/IJEBR.2021070105
  12. Hamid, A., & Susanti, F. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada mahasiswa pengguna layanan GO-jek di STIE KBP Padang). Jurnal Economina, 2(3), 836–847. https://doi.org/10.55681/economina.v2i3.405
  13. Hermansyah, H., Amsuardiman, A., & Nawawi, M. (2022). Evaluasi Penggunaan Moda Transportasi Bus Trans Metro Deli Rute Lapangan Merdeka – Pinang Baris Di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Dan Arsitektur (JITAS), 1(2), 77–89. https://doi.org/10.31289/jitas.v1i2.1452
  14. Hernikasari, I., Ali, H., & Hadita, H. (2022). Model Citra Merek Melalui Kepuasan Pelanggan Bear Brand: Harga Dan Kualitas Produk. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(3), 329–346. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i3.837
  15. Husna, N. L., & Asri, Z. (2022). Perkembangan Trans Padang Sebagai Transportasi Umum diKota Padang (2014-2020). Jurnal Kronologi, 4(3), 136–146.
  16. Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip pemasaran (12th ed.). Erlangga.
  17. Muafatun, Muhammad Syaifulloh, & Hendri Sucipto. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(3), 387–399. https://doi.org/10.55606/jimak.v1i3.520
  18. Muhammad Takdir. (2020). Implementasi Pelayanan Kartu E-Money (Brizzi) Pada Bus Trans Padang. Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 1(1), 73–84. https://doi.org/10.38035/jihhp.v1i1.422
  19. Nuh, M. A., H, S. M., & Syarkawi, M. T. (2022). Analisis Pemilihan Moda Transportasi Online dan Angkutan Kota bagi Pegawai Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional. Jurnal Konstruksi : TeKNik, InfraSTRUKtur, Dan SaIns, 1(2), 21–28. http://pasca-umi.ac.id/index.php/kons/article/view/1015
  20. Prianto, R. S., Ekonomi, F., & Semarang, U. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Bus PO. ROSLIANA INDAH.
  21. Putra, A. H. P. K., Ridha, A., & As' ad, A. (2018). Celebrity Endorser Pada Jejaring Sosialinstagram Untuk Menarik Minat Pembelian Calon Konsumen. Jurnal Economic Resource, 1(1), 86-89.
  22. Rifai, A. D., & Tuti, M. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Human Capital Development, 9(3), 1–13.
  23. Sani, S. A., Batubara, M., Silalahi, P. R., Syahputri, R. R., & Liana, V. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Scarlett Whitening. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(5), 1327–1342. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i5.931
  24. Sari, N. K., & As' ad, A. (2022). Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Masker Pokana Saat Pandemi di Makassasar. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 63-70.
  25. Suhardi, Y., Zulkarnaini, Z., Burda, A., Darmawan, A., & Klarisah, A. N. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal STEI Ekonomi, 31(02), 31–41. https://doi.org/10.36406/jemi.v31i02.718
  26. Tjiptono, F. (2018). Strategi Pemasaran (Edisi ke-4). Andi.
  27. Wariki, G., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 1073–1085. https://doi.org/10.35794/emba.v3i2.9286
  28. Wuryano, G., Ruspitasari, W., & Handoko, Y. (2024). Pengaruh Tangible, Emphaty, Reliability, Responsiveness Dan Assurance Terhadap Kepuasan Konsumen Di Swalayan Luwes Pati. Jurnal Ilmiah Riset Aplikasi Manajemen, 2(1), 613–618. https://doi.org/10.32815/jiram.v2i1.47